Ilustrasi peraih beasiswa LPDP (Sumber gambar : Unsplash/Pang Yuhao)

Tutup 5 Agustus, Simak Kiat Sukses Lolos Beasiswa LPDP

31 July 2022   |   14:31 WIB

Like
Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahap 2 masih dibuka hingga 5 Agustus 2022, lho Genhype. Buat kamu yang ingin melanjutkan program Magister (S2) atau doktor (S3) baik di dalam maupun luar negeri, segera daftarkan diri kamu ya sebelum pendaftaran ditutup.

Namun tidak asal daftar, kamu perlu mempersiapkan mental, fisik, dan tentunya dokumen pendaftaran yang meyakinkan. Ingat, yang mendaftar beasiswa ini cukup banyak dan dari seluruh Indonesia. Jadi, kamu harus dengan persiapan yang matang.

Nah, agar diterima mengikuti program beasiswa yang memang sesuai dengan impian, berikut kiat-kiat yang bisa kamu ikuti.

Baca jugaHai Para Maba, Ada Beasiswa dari Tanoto Foundation Nih, Begini Cara Daftarnya


1. Gali informasi sebanyak-banyaknya

Awardee LPDP Ahalla Tsauro menerangkan langkah pertama yang perlu dilakukan ketika kamu ingin ikut dalam beasiswa LPDP adalah menyusun daftar kampus tujuan di modul LPDP. 

Kumpulkan informasi secara detail mengenai studi yang akan diambil. Jangan lupa juga cari informasi seputar prospek pekerjaan setelah lulus dari studi lanjutan tersebut. Perhatikan apakah kampus yang di-apply memberikan kapabilitas dalam bidang keilmuan yang diinginkan. 

Ada baiknya kamu bertanya terlebih dahulu kepada tutor, senior, atau rekan sebelum memutuskan melanjutkan studi ke tingkat magister maupun doktor agar pilihan kamu tepat. 


2. Baca teliti dan penuhi persyaratan

Setelah menggali informasi mengenai studi yang ingin kamu ambil, baca dengan teliti persyaratan dari LPDP. Tidak jarang calon pendaftar yang malas membaca informasi secara terperinci di website LPDP. 

Penuhi persyaratan yang tercantum dengan jelas. Apabila belum lengkap, susun jadwal dan estimasi waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan tersebut. Apabila ingin mengambil tes bahasa Inggris, saat ini banyak platform edutech yang menawarkannya dan bisa kamu ambil. 


3. Siapkan esai semenarik mungkin

Nah, dalam menyiapkan esai, pahami kemauan pemberi beasiswa. Dalam konteks ini, pelamar perlu memahami latar belakang LPDP menyelenggarakan beasiswa yakni sebagai investasi negara untuk membangun Indonesia.

Baca jugaIngin Ikut Bea Siswa LPDP? Ini Kiat Bikin Esai yang Menarik

“Pastikan potensi diri, gagasan, dan komitmen pelamar untuk membangun negeri ditulis dengan kerangka penulisan yang baik dan dijabarkan menggunakan bahasa yang mudah dipahami," ungkap CEO Schoters Radyum Ikono, beberapa watu lalu. 

Seperti yang dikatakan Menteri Keuangan Sri Mulyani bahwa negara mengharapkan agar para calon pendaftar terus mencurahkan pengabdian untuk masyarakat Indonesia dengan masing-masing keahliannya.  

Para calon pendaftar  juga diharapkan dapat memberikan sumbangsih terbaiknya setelah menyelesaikan pendidikan sebagai buah dari investasi pendidikan Indonesia untuk membangun Indonesia. Oleh karena itu, lampirkan dalam esai kamu, keseriusan untuk membangun Indonesia setelah menyelesaikan pendidikan. 

Jelaskan rencana pasca-studi sesuai bidang ilmu yang telah didapat. Begitu pula dengan rencana kontribusi di Indonesia, berupa pengembangan ide visioner untuk menemukan solusi atas permasalahan di Indonesia. 

Deskripsikan semuanya menjadi 1.500-2.000 kata secara terstruktur, sistematis, dan tanpa mengulang poin yang sama. Terakhir, coba minta review kepada dosen atau rekan yang memiliki pengalmaan sukses menembus beasiswa LPDP terhadap esai yang kamu bikin. 


Editor: Gita Carla
SEBELUMNYA

Sukses Dibuka di Bandung, The Panturas akan Lanjutkan Tur Wahana Ombak Banyu di Yogyakarta

BERIKUTNYA

Uncle Roger Tiba di Indonesia, Siap Gelar Tur Komedi di Jakarta & Bali

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: