Spotify K-Pop ON! (Sumber gambar: Spotify)

Spotify K-Pop ON! Singles Tembus 39 Juta Streaming di Dunia

26 July 2024   |   20:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

K-Pop telah menjadi fenomena global yang menghubungkan penggemar di berbagai belahan dunia. Platform audio Spotify pun memiliki playlist khusus untuk menyemarakkan penggemar K-Pop. Salah satunya adalah K-Pop ON! yang ditujukan untuk menyebarluaskan genre musik pop ala Korea Selatan kepada dunia.

Di K-Pop ON!, Spotify juga baru saja meluncurkan cover lagu-lagu ikonik dari bintang K-Pop seperti ENHYPEN, SHOWNU X HYUNGWON (dari MONSTA X), dan STAYC dengan tema “My First K-Pop Crush”. Kampanye ini bertujuan untuk merayakan perjalanan penggemar dalam dunia K-Pop. 

ENHYPEN membawakan versi cover dari lagu BTS - I NEED U, SHOWNU X HYUNGWON menginterpretasikan lagu bertajuk "I Hate You" dari 2PM, dan STAYC menghadirkan versi baru dari lagu "Fancy" oleh TWICE. Tidak hanya sekedar menghibur, cover lagu ini telah meraup total lebih dari 39 juta streaming di Spotify. 

Baca juga: Profil Anggota Debut IZNA, Grup K-Pop Jebolan I-Land 2

Spotify memaparkan lonjakan jumlah streaming ini terjadi seluruh dunia. Misalnya, di Indonesia, ENHYPEN mencatat peningkatan streaming sebesar 27 persen, sementara STAYC mengalami peningkatan streaming sebanyak 45 persen seminggu setelah peluncuran.

Menariknya, SHOWNU X HYUNGWON mengalami lonjakan fantastis dengan angka  1,151 persen jumlah streaming di Indonesia hanya dalam satu minggu setelah merilis cover mereka.

Program ini tidak hanya membangkitkan antusiasme di kalangan penggemar, tetapi juga menghidupkan kembali apresiasi terhadap lagu-lagu K-Pop dari generasi sebelumnya. Sebut saja, versi SHOWNU X HYUNGWON dari lagu "I Hate You" membawa peningkatan streaming global sebesar 35 persen untuk lagu tersebut. 

Padahal, lagu ini terbilang lagu lama yang awalnya dirilis pada tahun 2009. Demikian pula, lagu BTS - I NEED U mengalami kenaikan streaming sebesar 135% setelah dirilis ulang oleh ENHYPEN.

Spotify (Sumber gambar: Spotify)

K-Pop ON! (Sumber gambar: Spotify)

Kekuatan  K-Pop juga mulai merambah negara-negara Barat. Berupaya melintasi batas bahasa dan budaya, data Spotify menunjukkan bahwa penggemar dari luar Amerika Serikat turut berkontribusi dalam peningkatan streaming lagu-lagu yang dinyanyikan kembali oleh artis K-Pop.

Misalnya, di Brasil dan Turki  terdapat peningkatan signifikan dalam streaming lagu "I NEED U" setelah dirilis oleh ENHYPEN. Sedangkan di Meksiko, Kanada, dan Brasil mencatatkan posisi teratas dalam mendengarkan kembali lagu ini setelah versi SHOWNU X HYUNGWON dirilis. STAYC juga berhasil menarik perhatian di negara-negara seperti Mesir, Selandia Baru, dan Hungaria setelah merilis cover lagu Fancy.

Head of Music Korea di Spotify Park Jung-joo mengungkapkan, program Spotify K-Pop ON! Singles merupakan inisiatif Spotify untuk membantu musik menjangkau seluruh dunia.

“Tidak hanya dengan memperkenalkan bakat artis, tetapi juga dengan membangun hubungan yang lebih mendalam antara artis dan penggemar sambil meningkatkan apresiasi terhadap genre ini,” katanya. 

Dengan inisiatif ini, dia mengatakan Spotify memiliki misi untuk  memajukan K-Pop dan memperluas jangkauan musik global lebih dari sekedar tren, tetapi juga kekuatan musik tanpa batas bahasa dan budaya yang bisa menghubungkan penggemar musik di seluruh dunia.

Baca juga: 10 Film & Serial yang Dibintangi Idol K-Pop, Ada V BTS sampai Jennie BLACKPINK

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Musisi Padi & Dikta Bakal Tampil di Ajang GIIAS 2024 Akhir Pekan Ini

BERIKUTNYA

Seluk Beluk Golden Visa, Layanan Khusus untuk WNA Berkualitas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: