Longlegs. (Sumber foto: NEON)

Longlegs Pecahkan Rekor Film Horor Indie Terlaris dalam Satu Dekade

26 July 2024   |   14:30 WIB
Image
Alya Hafilah Salsabila Mahasiswi Universitas Padjadjaran

Dominasi penjualan tiket film Hollywood pada tahun ini tidak terbatas pada film animasi seperti Despicable Me 4 dan Inside Out 2 atau film-film laga seperti Dune: Part Two dan Twister. Berbagai genre film turut meramaikan box office dan berlomba-lomba memecahkan rekor, termasuk genre horor.

Salah satu film horor yang turut meramaikan box office pada 2024 adalah Longlegs. Dilansir dari Radio Times, sejak perilisannya di Amerika pada 12 Juli, film ini berhasil meraup US$22,6 juta dalam minggu pertama pembukaannya atau setara dengan Rp368 miliar. Angka ini memecahkan rekor sebagai perilisan film terlaris untuk film horor independen dalam satu dekade.

Baca juga: Sutradara Oz Perkins Beberkan Makna Ending Film Longlegs

Meskipun biaya produksi untuk film ini tergolong sedikit, hanya US$10 juta atau sekitar Rp163 miliar, tapi Longlegs mampu mengalahkan penjualan film-film yang rilis di periode yang sama, contohnya film Fly Me to the Moon, film romantis yang menghabiskan anggaran hingga US$100 juta atau Rp1,6 triliun.

Film ini mengalahkan rekor penjualan film horor indie sebelumnya, Immaculate, karya Sydney Sweeney yang hanya berhasil meraup US$5,3 juta atau Rp86 miliar. Hingga saat ini, menurut Box Office Mojo, keuntungan global Longlegs mencapai US$58 juta atau Rp945 miliar. Sedangkan, keuntungan domestiknya mencapai US$50 juta atau Rp814 miliar.

Dilansir dari Variety, para kritikus film memuji promosi yang dilakukan Neon, rumah produksi Longlegs. Untuk melakukan promosi, Neon mengeluarkan banyak trailer Longlegs. Mereka juga menyebarkan film ini dari mulut ke mulut. 
 

Nicolas Cage sebagai pembunuh berantai, Longlegs. (Sumber foto: NEON)

Nicolas Cage sebagai pembunuh berantai, Longlegs. (Sumber foto: NEON)

Kendati biaya produksinya yang sedikit, namun Neon mengeluarkan biaya promosi yang setara dengan biaya produksinya atau US$10 juta. Neon juga merilis banyak video dibalik layar. Salah satu videonya yang cukup banyak ditonton adalah saat mereka mengukur detak jantung Monroe ketika dia berhadapan dengan Cage di ruang interogasi.

Longlegs menjadi film yang cukup dibanggakan dalam industri film horor mengingat film horor kurang diminati sepanjang 2024. Beberapa film horor yang baru-baru ini rilis seperti The First Omen, Night Swim, Abigail, dan Imaginary juga tidak berhasil menjual tiket dengan pendapatan di atas US$55 juta.

Film ini disutradarai oleh Osgood Perkins dengan melibatkan Maika Monroe sebagai pemeran utamanya. Monroe berperan sebagai agen FBI yang mendapatkan misi untuk melacak pembunuh berantai yang disebut Longlegs. Adapun Nicolas Cage dipilih sebagai pemeran dari Longlegs atau pembunuh berantai.

Beberapa tokoh terkenal lainnya seperti Alicia Witt, Kieman Shipka, Blair Underwood, Dakota Daulby, Erin Boyes, Lisa Chandler, Peter Bryant, dan masih banyak lagi turut mengambil peran dalam film ini. Longlegs masih dapat ditonton hingga saat ini di bioskop Indonesia.

Baca juga: Sinopsis dan Daftar Pemeran Film Horor Longlegs, Dibintangi Nicolas Cage

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Cek Jadwal Penukaran Tiket, Rundown, hingga Aturan Fan Meeting Kim Seon-ho di Jakarta

BERIKUTNYA

Olimpiade 2024 Paris Dibuka Hari ini, Cek Jadwal Tanding Atlet Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: