Sigra Cardboard di ajang GIIAS 2024 (Sumber gambar: Hypeabis.id/ Yudi Supriyanto)

Sigra Cardboard, Karya Seni Kolaborasi Daihatsu dan Dus Duk Duk Mejeng di GIIAS 2024

25 July 2024   |   20:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Di antara berbagai deretan mobil dengan mesin berbahan bakar internal dan listrik, terdapat satu kendaraan yang berbeda dari lainnya lantaran terbuat dari cardboard atau kardus. Kendaraan ini merupakan karya seni hasil kolaborasi Daihatsu dengan Dus Duk Duk.

Karya bernama Sigra Cardboard itu memiliki dimensi 4.110 x 1.655 x 1600 milimeter (Mm) dengan material 4 mm & 10 mm cardboard. Karya tersebut terbuat dari sekitar 70 lembar kardus besar yang ramah lingkungan dengan total 270 parts. “Seluruh material yang digunakan terbuat dari 100 persen kardus alami melalui proses daur ulang industri,” demikian tertulis dalam deskripsinya.

Baca juga: 8 APM Pamer Kendaraan Komersial di GIIAS 2024

Karya tersebut terinsiprasi dari kendaraan Daihatsu Sigra, yakni kendaraan yang diklaim memiliki harga terjangkau dan hemat bahan bakar. Tidak hanya itu, karya yang terpajang di booth Daihatsu itu juga merupakan wujud komitmen perusahaan dan Dus Duk Duku untuk terus berkontribusi terhadap pelestarian alam dan keberlanjutan lingkungan.

Karya Sigra Cardboard itu merupakan salah satu display sepesial dari perusahaan di ajang GIIAS 2024 yang berlangsung sampai 28 Juli 2024.

Dalam siaran pers Daihatsu, Sigra merupakan pemberi kontribusi penjualan ritel terbesar Daihatsu sepanjang semester pertama 2024. Dari total 89.378 unit, penjualan ritel Sigra dari Januari sampai Juni 2024 sebanayk 30.013 unit atau sekitar 33,6 persen.

Tidak hanya itu, manajemen juga mengeklaim bahwa kontribusi Sigra terhadap pasar LCGC di dalam negeri mencapai 61 persen pada semester pertama 2024.

Selain Sigra, kendaraan yang menjadi penyumbang terbesar terhadap penjualan Daihatsu adalah Gran Max PU (Pick Up) sebanayk 20.996 unit (23,5 persen) dan Terios dengan raihan 11.093 unit (12,4 persen).

Sementara itu, di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, perusahaan menampilkan total 14 unit. Selain Sigra Cardboard, manajemen juga membawa mobil konsep Daihatsu me:MO sebanyak 1 unit.

Kemudian, manajemen juga menampilkan 1 unit Japan Domestic Market Rocky e-Smart Hybrid, 2 unit model modifikasi Rocky Crossfield dan Terios Graphite, 1 unit Xenia varian baru ADS X, dan 8 unit model lain seperti Xenia, Ayla, Sigra, Terios, Rocky, dan Sirion.

Dus Duk Duk

Untuk diketahui, karya ini merupakan kerja sama antara Daihatsu dengan Dus Duk Duk, yakni perusahaan yang bergerak di industri kreatif dalam negeri. 

Dus Duk Duk adalah bagian dari industri kreatif yang mengubah kardus menjadi furnitur, perabotan rumah tangga, dekorasi rumah tangga, dekorasi acara, kemasan dan lain-lain. "Seluruh material yang kami gunakan terbuat dari 100 persen kardus alami melalui proses daur ulang industri," demikian tertulis. 

Berdiri pada 2013 di Surabaya, Dus Duk Duk sudah merambah sejumlah daerah di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Yogyakarta, Makassar, dan Palembang. Tidak hanya itu, mereka juga telah merambah ke sejumlah negara, seperti Italia, Amerika Serikat, Korea Selatan, dan sebagainya. 

Baca juga: Daftar Lokasi & Merek Kendaraan Test Drive di GIIAS 2024

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Begini Persiapan Melakukan Prosedur LAMS untuk Menurunkan Berat Badan

BERIKUTNYA

5 Bahaya Kesehatan dari Makanan Berpengawet

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: