Ilustrasi bisnis franchise (Sumber foto: Freepik/gratispik)

5 Bisnis Franchise Makanan dan Minuman di Bawah Rp5 Juta, Es Teh Sulthan sampai Tahu jos jos

19 July 2024   |   11:07 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Bisnis franchise mulai banyak dilirik oleh para pemula yang ingin memulai usaha tanpa harus membangun merek dagang dari nol. Model bisnis ini menawarkan banyak keuntungan, serta minim risiko untuk rugi dan gagal. Terlebih jika merek dagangnya sudah dikenal luas oleh konsumen.

Franchisor atau pemilik merek dagang akan memberikan hak kepada pelaku usaha untuk menjalankan bisnisnya dengan menggunakan merek, produk, dan sistem operasional mereka. Biasanya pelaku usaha akan membayar sejumlah biaya awal dan royalti berkelanjutan kepada franchisor.

Pada 2024 ini, ada sejumlah merek dagang yang menawarkan paket franchise dengan harga terjangkau. Nah Genhype, yuk simak beberapa franchise di bawah Rp5 Juta yang layak dicoba. 

Baca juga: 7 Franchise Makanan Korea dengan Modal Kecil, Ada Holdak Indonesia dan Kimbap Ina
 

1. Es Teh Sulthan

Minuman es teh khas Solo ini telah berdiri sejak 2021 dan memiliki 160 mitra yang tersebar di 84 kota Indonesia. Produknya telah terjual lebih dari 3 juta cup dan lebih dari 100.000 orang repeat order. Es Teh Sulthan memiliki 28 varian menu ice dan 15 varian menu hot.

Hanya dengan biaya Rp3,8 juta untuk paket ekonomis, kalian sudah bisa memulai bisnis ini. Namun, tersedia juga paket lainnya yang lebih lengkap, yaitu Paket Sulthan Indoor Rp9,9 juta, Paket Sulthan Outdoor Rp10,9-Rp14,9 juta, Paket Sulthan Container Lite Rp17,9 juta, serta paket Point Premium Rp25 juta dan paket Point Platinum Rp30 juta. 
 

2. Chicken Gunting 

Chicken Gunting menyajikan ayam crispy potong dengan konsep ala Taiwan. Jajanan ini memiliki beragam varian rasa, mulai dari original, pedas, BBQ, balado, keju, mayo, Padang, dan masih banyak lagi. Kemitraan dengan Chicken Gunting ini cukup mudah dijalankan, terutama bagi para pemula. Terlebih modal awalnya juga terjangkau. 

Hanya dengan Rp3,5 juta untuk Paket Tanpa Booth dan Rp4,7 juta dengan Paket Mini Booth, kamu bisa mulai berjualan dengan peralatan lengkap yang sudah tersedia. Peralatan yang didapat mulai dari banner, alat masak kompor gas, wajan, selang dan regulator, pisau, toples, serbet, kanebo, kemasan ukuran besar dan kecil, seragam, dan bahan bakunya. 
 

3. Cilok Pop

Jajanan tradisional khas Jawa Barat kini tersedia dengan kemasan kekinian. Cilok Pop ini menawarkan cilok dengan varian yang beragam. Ada cilok ayam dan kornet, serta tiga saus yang bisa dipilih mulai dari sos kacang, blackpaper, dan bolognese.

Cilok Pop menawarkan kemitraan dengan modal sebesar Rp4 juta untuk paket Bronze. Kamu sudah bisa mendapat gerobak, peralatan penunjang, kemasan 50 pcs, bahan baku awal, sarana promosi dan seragam karyawan 1 pcs. Ada juga paket Silver Rp6 juta sudah mendapat kemasan 75 pcs dan paket Premium sudah mendapat kemasan 100 pcs.
 

4. Chicken Lemon

Chicken Lemon menawarkan ayam potong yang dibalut tepung, digoreng sampai garing dan renyah lalu disiram saus dan bumbu. Varian saus yang tersedia mulai dari cabe pedas, balado, barbekyu, ayam bawang, dan keju. Ada juga varian bumbu yang dapat dipilih seperti original, pedas, padang, madu, dan keju.

Waralaba ini juga menawarkan minuman, yakni Lemon Milk Bar yang terdiri dari menu Choco Melted, Taro Lava, dan Freshly Matcha. Chicken Lemon menawarkan kemitraan lewat Paket Tanpa Booth dengan harga Rp3,2 juta, Paket Mini Booth Rp4 juta, dan Paket Big Booth Rp7,8 juta.
 

5. Tahu Josjos

Tahu Jos Jos menjajakan tahu goreng crispy dengan varian bumbu pedas, balado, barbekyu, ayam bawang, dan keju. Ada juga varian saus original, pedas, dan marinara. Harga jual per porsinya mulai dari Rp7.000 sampai Rp10.000. 

Untuk menjalankan bisnis ini tersedia paket franchise dengan harga terjangkau. Mulai dari Paket Ekonomis Rp2,5 juta, Paket Standart Rp4 juta, Paket Medium Rp7,5 juta, dan Paket Tenda Rp9 juta. Mitra akan mendapatkan booth, stand banner, seragam,  kompor gas, serta perlengkapan lainnya. 

Baca juga: 5 Kelebihan Franchise untuk Pebisnis Pemula, Salah Satunya Dapat Pelatihan Usaha

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Stray Kids ‘Gabung’ Marvel Cinematic Universe, Jadi Pengisi Soundtrack Deadpool 3

BERIKUTNYA

Sinopsis Drama Korea Sweet Home 3, Pertarungan Terakhir Era Monsterisasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: