All-new Kona Electric (Sumber gambar: Hypeabis.id/ Yudi Supriyanto)

Mobil Anyar Hyundai All-new Kona Electric Mejeng di GIIAS 2024

17 July 2024   |   18:59 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

PT Hyundai Motors Indonesia meluncurkan kendaraan listrik All-new Kona Electric di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Mobil listrik ini menampilkan eksterior dengan desain futuristis, interior lapang, dan memiliki jarak tempuh hingga 600 kilometer. 

Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia, mengatakan bahwa kendaraan listrik ini dirancang dengan inovasi teknologi terdepan untuk menghadirkan pengalaman mobilitas terbarukan seutuhnya di segmen SUV yang terus berkembang di pasar otomotif Indonesia. 

“Hadir dengan desain futuristis, All-new Kona Electric memiliki varian dengan driving range terpanjang hingga mencapai lebih dari 600 km,” katanya di Tangerang, Rabu (17/7/2024). 

Baca juga: VW Rilis The All-Electric ID. Buzz di GIIAS 2024, Segini Harganya

Dia mengungkapkan, kendaraan ini juga memiliki fitur konektivitas Hyundai Bluelink yang telah dilengkapi teknologi Over-The-Air (OTA) serta View Around My Vehicle. Tidak hanya itu, mobil ini menawarkan pengalaman pengisian daya yang diklaim mudah dan fleksibel, sebab telah memakai port charger standar global (CCS2) yang kompatibel dengan berbagai stasiun pengisian daya di Indonesia. 

Selain itu, kendaraan ini juga memiliki beragam fitur seperti Vehicle-to-Load (V2L) yang memungkinkan mobil berfungsi sebagai pengisi daya listrik dalam perjalanan. Dengan Outdoor V2L, pengguna bisa dengan mudah mengisi daya macam-macam perangkat listrik, seperti sepeda listrik, skuter listrik, dan peralatan berkemah, langsung dari mobil saat berkegiatan di luar ruangan. 

“Lalu, dengan Indoor V2L, yang hanya dimiliki oleh lini kendaraan listrik Hyundai, pengguna bisa memanfaatkan power outlet di dalam kendaraan untuk mengecas laptop untuk bekerja selama perjalanan,” ujarnya. 

Selain itu, manajemen juga menyematkan fitur Utility Mode dalam All-new Kona Electric. Fitur ini memungkinkan pemakaian perangkat elektronik di kendaraan seperti audio, lampu, dan sebagainya menggunakan listrik yang tersimpan di high voltage battery untuk tujuan selain berkendara. Fitur itu membuat listrik yang tersimpan di dalam aki 12V tidak akan terganggu. 
 

(Sumber gambar: Hyundai)

All-new Kona Electric (Sumber gambar: Hyundai)

Dari sisi desain eksterior, tim Hyundai mengusung desain futuristis dan stylish yang mengutamakan profil bersih dan aerodinamis. Pixelated seamless horizon lamp yang membentang di bagian depan dan belakang membuat tampilan yang ikonik dari All-new Kona Electric. 

Tidak hanya itu, twin headlamp dengan lampu projector full LED yang terintegrasi di bumper depan juga menciptakan sorotan cahaya yang eye-catching.

Dari sisi interior, kendaraan ini memiliki ruang kabin dengan dimensi yang besar, tetapi tetap compact. Kendaraan ini memiliki ukuran panjang 4.355 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.580 mm, dan wheelbase 2.660 mm.

Ukuran kendaraan itu memungkinkan All-new Kona Electric mengusung interior yang begitu fungsional. Fransiscus mengeklaim bahwa mobil ini jadi salah satu kendaraan dengan ruang bagasi paling besar di kelasnya, yakni berkapasitas 466 liter.

Pada saat ini, manajemen menghadirkan All-new Kona Electric dalam 5 varian, yakni Signature Long Range, Signature Standard Range, Prime Long Range, dan Prime Standard Range, dan Style.

Varian Signature Standard Range, Prime Standard Range, dan Style memiliki kapasitas baterai 48,9 kWh dengan jarak tempuh lebih dari 400 km dalam sekali pengisian daya. Di versi tersebut, motor di kedua trim ini mampu menghasilkan daya 114,6 kW. 

Sementara itu, varian Signature Long Range dan Prime Long Range hadir dengan baterai berkapasitas 66 kWh, sehingga mampu menempuh jarak masing-masing lebih dari 500 km dan 600 km. Disebutkan bahwa motor penggerak dari kedua trim ini sama-sama mampu menghasilkan daya 160 kW.

Dia menambahkan, seluruh varian All-new Kona Electric mampu menghasilkan torsi sebesar 255 Nm meskipun memiliki versi motor penggerak dengan output daya yang berbeda. Adapun, All-new Kona Electric mampu mencapai kecepatan maksimum pada 167 km/jam (long range) dan 155 km/jam (standard range).

Adapun, harga All-new Kona Electric berdasarkan On The Road (OTR) Jakarta setelah dikurangi PPN 1 persen adalah sebagai berikut: 
  1. Varian Signature Long Range: Rp590 juta 
  2. Varian Signature Standard Range: Rp575 juta 
  3. Varian Prime Long Range: Rp560 juta 
  4. Varian Prime Standard Range: Rp515 juta 
  5. Varian Style: Rp499 juta 
Baca juga: Suzuki Pamer Mobil Listrik Konsep eVX di GIIAS 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Kecepatan Internet Fixed Broadband di Pulau Jawa, Siapa Paling Ngebut? 

BERIKUTNYA

Menikmati Ekspresi Kegelisahan Tiga Seniman Muda dalam Pameran Ad Maiora

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: