Olivier Giroud pertandingan di Euro 2024 (Sumber foto: Instagram/oliviergiroud)

Profil Oliver Giroud, Putuskan Gantung Sepatu dari Timnas Prancis Usai EURO 2024

16 July 2024   |   15:52 WIB
Image
Yohanis Paiman Londong Mahasiswa Universitas Budi Luhur

Bukan hanya tim nasional (timnas) Jerman yang kehilangan sosok Thomas Muller karena mengumumkan pensiun, setelah kalah dari Spanyol pada semifinal Piala Euro 2024. Timnas Prancis harus melepas penyerang terbaiknya, Olivier Giroud yang juga memutuskan untuk 'gantung sepatu'.

Dengan pencapaian lebih dari 50 gol selama karier internasionalnya di dunia sepak bola, Giroud dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk tim nasional Prancis. Dia telah berkontribusi besar dalam membela negaranya, termasuk meraih gelar Piala Dunia FIFA 2018. 

Kini, setelah perjalanan panjangnya malang melintas di rumput hijau, pria berusia 37 tahun itu memutuskan untuk gantung sepatu. Keputusan tersebut datang setelah lebih dari satu dekade berkontribusi luar biasa untuk Les Bleus.

“Masa panjang yang mendebarkan telah tiba Saat untuk mengucapkan selamat tinggal kepada tim nasional Prancis,” katanya dalam pernyataan resmi, yang diunggah di Instagram pribadinya. 

Baca juga: Bintang Bayern Munich, Thomas Müller Pensiun dari Timnas Jerman
 

Olivier Giroud memulai karier internasionalnya dengan tim nasional Prancis pada 2011. Sejak saat itu, dia telah menjadi salah satu pemain andalan Timnas Prancis, dan berpartisipasi dalam banyak turnamen besar seperti Piala Dunia dan Kejuaraan Eropa. 

Salah satu yang pencapaian puncak karier internasionalnya adalah saat dia membantu Prancis memenangkan Piala Dunia FIFA 2018 di Rusia. Meskipun Giroud tidak mencetak gol dalam turnamen tersebut, perannya sebagai penyerang bertahan sangat penting dalam strategi tim.

Atas kepergian dari penyerang Timnas Prancis yaitu Olivier Giroud, Timnas Prancis akan meninggalkan kekosongan besar yang harus diisi oleh generasi selanjutnya.

Namun, keputusan ini juga memberi kesempatan bagi pemain-pemain muda untuk berkembang, dan mengambil alih peran yang ditinggalkan Giroud. Pemain seperti Kylian Mbappe dan Antoine Griezmann diharapkan melanjutkan warisan sukses tim nasional Prancis.

Sama seperti Thomas Muller, meskipun sudah pensiun dari timnas negaranya, Giroud akan masih aktif bermain di level klub. Saat ini, dia masih memiliki kontrak dengan AC Milan, tempat dia terus menunjukkan kemampuan mencetak gol dan membawa pengalaman berharga bagi klub asal Italia itu.

Karier klub Giroud juga sangat mengesankan, termasuk saat di Arsenal dan Chelsea di Liga Inggris, ketika dia memenangkan banyak trofi seperti Piala FA dan Liga Champions UEFA.

Olivier Giroud sudah lama memberikan bocoran untuk pensiun dari Timnas Prancis, tepatnya pada pada Mei tahun lalu. Piala Eropa 2024 akan menjadi panggung terakhirnya untuk bersaing di tingkat internasional.

Sebagai bagian dari Timnas Prancis yang diunggulkan, Giroud hanya tampil dalam empat pertandingan sebagai pemain pengganti kunci, dan memberikan kontribusi penting saat Les Bleus mencapai babak semifinal. Di pertandingan tersebut, Prancis menghadapi tantangan berat dari tim kuat Spanyol yang akhirnya menjadi juara turnamen Piala Euro 2024.

Baca juga: Pensiun, Zlatan Ibrahimovic Ucap Selamat Tinggal Sepak Bola

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Melirik Potensi Cuan Bisnis Olahan Kue Rumahan ala Anak Muda

BERIKUTNYA

Daftar 23 Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2024 Pilihan Indra Sjafri

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: