Michael Jordan The Dynasty Collection. (Sumber foto: Sotheby's)

5 Koleksi Sneakers Termahal di Dunia, Tembus Rp129 Miliar

15 July 2024   |   15:35 WIB
Image
Alya Hafilah Salsabila Mahasiswi Universitas Padjadjaran

Pada mulanya, sepatu sneakers hanya dianggap sebagai jenis sepatu olahraga. Namun, seiring perkembangannya, sneaker memiliki fungsi lebih dari itu. Bentuknya yang mampu melindungi kaki dan beratnya yang tergolong ringan kini dapat digunakan ke mana saja. 

Selain itu, meski desainnya unik, tetapi sneakers ini bisa menjadi pelengkap dalam gaya berpakaian. Sneaker juga dapat terjangkau oleh golongan ekonomi menengah ke bawah, meskipun beberapa sneakers diperuntukkan untuk golongan ekonomi menengah hingga menengah ke atas.

Baca juga: 5 Sneakers dengan Harga Fantastis, Melangkah dalam Gaya Hidup Menengah

Tetapi, jika biasanya harga sneaker termahal yang pernah kalian lihat masih di bawah Rp5 juta. Ternyata, terdapat juga beberapa sneakers dengan harga yang dapat membuat kalian menggelengkan kepala. Berikut adalah deretan sneaker tersebut.


1. The Dynasty Collection

Dilansir dari GQ News, delapan sepatu dengan nama Dynamic Collection ini dibandrol dengan harga US$8 juta atau setara dengan Rp129 miliar. Faktor terbesar yang membuat harga sepatu ini melejit karena sepatu-sepatu ini dikenakan oleh Michael Jordan pada babak playoff NBA di delapan musim yang berbeda. Uniknya, sepatu ini tidak dijual sepasang. Seorang pembeli pernah mengunggah foto ketika dia menggunakan sepatu ini hanya di satu kakinya. 


2. The Last Dance (Air Jordan)

Sepatu ini berhasil dilelang dengan harga US$2,2 juta atau Rp35 miliar setelah film dokumenter Jordan dengan judul The Last Dance yang dirilis pada 2020. Film tersebut membuat harga sepatu Air Jordan yang dikenakan Michael Jordan dalam musim terakhirnya bersama Chicago Bulls melonjak. 


3. Nike Air Yeezy Samples

Dilansir dari Sotheby, prototipe Nike Air Yeezy ini berhasil dilelang dengan harga US$1,8 juta atau setara dengan Rp29 miliar setelah dikenakan oleh Kanye West di panggung Grammy pada 2008. Awalnya, sepatu ini akan dijual dengan nama Grammy Worn untuk kepentingan amal yang disponsori Nike. Oleh karena itu, Nike hanya memberikan Kanye West prototipe sepatu tersebut, bukan sepatu aslinya.


4. Nike Air Ship

Menurut Sotheby, sepatu ini berhasil dilelang dengan harga US$1,5 juta atau setara dengan Rp24 miliar pada 2021. Dikutip dari GQ News, sepatu ini sempat menjadi sepatu olahraga termahal yang pernah terjual. Faktor tingginya harga sepatu ini karena Air Ship terkenal sebagai model sepatu pertama yang dipakai Michael Jordan di liga NBA kelimanya pada 1984. 


5. Flu Game (Air Jordan)

Dilansir dari GQ News, sepatu ini berhasil dilelang. Seharga $1,38 juta atau Rp22 miliar pada 2023. Awalnya, sepatu ini dijual ke Grey Flannel Auctions dengan harga US$200.000 atau Rp3 miliar sebelum tiga tahun kemudian dilelang. Sepatu ini adalah salah sepatu favorit Michael Jordan, di mana hanya sedikit sepatu yang dipakai dalam pertandingan yang memiliki sejarah terkenal. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Hypereport: Mak Comblang Profesional Mempertemukan Pasangan lewat Blind Date dan Ta'aruf

BERIKUTNYA

Cara Mudah Membuat Usus Ayam & Paru Krispi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: