Shannen Doherty. (Sumber gambar: Wikimedia Commons)

5 Film & Serial Populer Dibintangi Shannen Doherty: Beverly Hills 90210 hingga Charmed

15 July 2024   |   13:16 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Kabar kepergian Shannen Doherty menjadi duka bagi industri film Hollywood. Kariernya cemerlang berkat sejumlah serial televisi yang populer pada dekade 1990-2000-an. Bintang ikonik serial Beverly Hills itu meninggal dunia pada 13 Juli 2024 di usia 53 tahun.

Doherty berjuang melawan kanker payudara yang diidapnya selama 9 tahun terakhir. Kariernya di dunia seni peran telah berlangsung selama hampir empat dekade sejak 1980-an. Perempuan kelahiran Memphis, Tenn itu memulai karier aktingnya sejak usia muda, dengan menjadi bintang tamu di serial televisi seperti Voyagers! dan Father Murphy

Baca juga: 5 Film Populer yang Dibintangi John Cena, The Suicide Squad dan Peacemaker

Dia mendapatkan peran utama pertamanya pada usia 11 tahun, dengan memerankan karakter Jenny Wilder pada musim terakhir Little House on the Prairie pada 1983. Meskipun hanya muncul dalam beberapa episode, peran tersebut membantunya dikenal sebagai seorang aktris. 

Sejak saat itu, telah banyak judul film dan serial yang dibintangi Doherty hingga tahun 2021. Tak jarang karakter-karakter yang diperankannya dalam film maupun serial menjadi tokoh ikonik hingga melambungkan namanya sebagai salah satu aktris Hollywood berbakat dan berdedikasi tinggi terhadap profesinya.

Dihimpun dari berbagai sumber, beriku adalah 5 film dan serial populer yang dibintangi oleh Shannen Doherty.


1. Heathers

Heathers adalah film komedi gelap remaja Amerika Serikat tahun 1988 yang ditulis oleh Daniel Waters dan disutradarai oleh Michael Lehmann. Kisahnya mengikuti empat gadis remaja di SMA di Ohio. Tiga dari mereka tergabung dalam kelompok bernama Heather. Salah satu dari mereka berniat membunuh siswa-siswa populer dan memalsukan kematian mereka sebagai bunuh diri.

Dalam film ini, Doherty berperan sebagai Heather Duke, dan beradu akting dengan sejumlah aktor dan aktris kenamaan lainnya seperti Winona Ryder, Christian Slater, dan Lisanne Falk. 


2. Beverly Hills, 90210

Beverly Hills, 90210 adalah serial televisi drama remaja Amerika yang dibuat oleh Darren Star dan diproduksi oleh Aaron Spelling di bawah perusahaan produksinya Spelling Television. Serial ini berlangsung selama 10 musim di Fox dari 4 Oktober 1990 hingga 17 Mei 2000, dan merupakan bagian pertama dari 6 serial televisi dalam waralaba Beverly Hills, 90210.

Serial ini mengikuti kehidupan sekelompok teman yang tinggal di Beverly Hills, California, saat mereka bertransisi dari sekolah menengah ke perguruan tinggi dan ke dunia orang dewasa. Adapun, 90210 merujuk pada salah satu dari lima kode pos kota tersebut. Di serial ini, Doherty berperan sebagai karakter utama Brenda Walsh, dan sejumlah aktor dan aktris lainnya seperti Jason Priestley, Jamers Eckhouse, dan Carol Potter.

Seiring dengan berkembangnya fenomena budaya pop global, peran Doherty membantunya meraih pujian dari kritikus dan beberapa nominasi penghargaan. Dia memerankan karakter tersebut selama empat musim sebelum meninggalkan acara tersebut pada 1994. Karakter ikonik Walsh membuat nama Doherty kian dikenal oleh publik luas, dan begitu melekat pada perjalanan kariernya.


3. Charmed

Setelah bekerja sama dengan Aaron Spelling di Beverly Hills, 90210, Doherty bertemu kembali dengan produser acara tersebut saat dia terpilih untuk membintangi serial Charmed milik jaringan televisi The WB. Doherty meninggalkan serial tersebut di akhir musim ke-3, yang mengakibatkan kematian karakternya di serial tersebut.

Serial yang tayang pada 1998-2006 ini mengikuti kisah tiga saudara perempuan penyihir. Mereka dikenal sebagai The Charmed Ones, penyihir baik paling kuat sepanjang masa. Setiap dari mereka memiliki kekuatan magis yang unik untuk melindungi orang-orang tak berdosa, sekaligus berusaha menyeimbangkannya dengan kehidupan normal mereka.

Baca juga: Pilihan Serial Populer di Dunia, Dari Game of Thrones Hingga Money Heist

Di serial ini, Doherty berperan sebagai salah satu penyihir bernama Prue, dengan Holly Marie Combs sebagai Piper dan Alyssa Milano sebagai Phoebe. Serial ini pun populer pada era akhir 1990-an dengan mengumumpulkan 7,7 juta permisa, memecahkan rekor untuk episode perdana dengan rating tertinggi di jaringan The WB.
 
1
2


SEBELUMNYA

Daftar Mobil Baru yang Akan Meramaikan GIIAS 2024, Neta X hingga Ioniq 5 N

BERIKUTNYA

Hypereport: Mak Comblang Profesional Mempertemukan Pasangan lewat Blind Date dan Ta'aruf

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: