Shannen Doherty. (Sumber gambar: Shannen Doherty/Instagram)

Perjalanan Karier Shannen Doherty, Bintang Ikonik Serial Beverly Hills

15 July 2024   |   07:41 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Beverly Hills, 90210, sebuah serial teve Amerika Serikat yang populer pada 1990-an telah melahirkan banyak nama besar seperti Jason Priestley, Tori Spelling, termasuk Shannen Doherty. Selama perjalanan kariernya, Doherty telah malang melintang di banyak acara televisi dan film, tapi namanya tak bisa dipisahkan dari serial tersebut. 

Lahir di Memphis, Tenn, pada 12 April 1971, Shannen Doherty memulai karier aktingnya sejak usia muda, dengan menjadi bintang tamu di serial televisi seperti Voyagers! dan Father Murphy.

Dia mendapatkan peran utama pertamanya di usia 11 tahun, dengan memerankan karakter Jenny Wilder pada musim terakhir Little House on the Prairie pada 1983. Meskipun hanya muncul dalam beberapa episode, peran tersebut membantunya dikenal sebagai seorang aktris. 

Baca juga: Aktris The Shining, Shelley Duvall Bintang Meninggal Dunia pada Usia 75 Tahun

Pada 1985, Doherty mulai merambah dunia layar lebar dengan membintangi film komedi remaja Girls Just Want to Have Fun bersama Helen Hunt dan Sarah Jessica Parker. Setahun kemudian, dia terpilih sebagai salah satu pemeran utama dalam drama keluarga Our House. Serial televisi tersebut berlangsung dari tahun 1986 hingga 1988 dan membuat Doherty memperoleh dua nominasi Young Artist Awards. 

Kariernya terus berkembang dengan menjadi peran utama dalam film komedi gelap pada 1988, Heathers. Di film itu, dia memerankan karakter Heather Duke bersama Winona Ryder dan Christian Slater. 

Pada 1990, Doherty berperan sebagai Brenda Walsh dalam serial TV Beverly Hills, 90210. Seiring dengan berkembangnya fenomena budaya pop global, peran Doherty membantunya meraih pujian dari kritikus dan beberapa nominasi penghargaan. Dia memerankan karakter tersebut selama empat musim sebelum meninggalkan acara tersebut pada 1994.
 

Shannen Doherty. (Sumber gambar: Shannen Doherty/Instagram)

Shannen Doherty. (Sumber gambar: Shannen Doherty/Instagram)

Setelah bekerja sama dengan Aaron Spelling di Beverly Hills, 90210, Doherty bertemu kembali dengan produser acara tersebut saat dia terpilih untuk membintangi serial Charmed milik jaringan televisi The WB, tentang tiga saudara perempuan yang merupakan penyihir. Doherty meninggalkan serial tersebut di akhir musim ke-3, yang mengakibatkan kematian karakternya di serial tersebut.

Namun, pada 2008, Doherty membintangi The CW, 90210, serial spin off Beverly Hills, 90210. Dia mengulangi perannya sebagai Brenda Walsh untuk beberapa episode di musim 1 dan 2 bersama sejumlah pemeran lama lainnya seperti Jennie Garth dan Tori Spelling, serta tambahan pemain baru Shenae Grimes dan Tristan Wilds.

Pada 2006, Doherty memproduksi acara realitas berjudul Breaking Up With Shannen Doherty, di mana dia membantu orang-orang yang sedang dilanda masalah hubungan yang ingin keluar dari hubungan tersebut tetapi tidak dapat melakukannya sendiri. Selain itu, dia kemudian muncul dalam acara realitas lainnya yakni Off the Map With Shannen and Holly.

Doherty sempat menikah dengan putra George Hamilton, Ashley Hamilton, dan pemain poker Rick Salomon. Lalu pada 2011, dia menikah dengan fotografer Kurt Iswarienko. Namun, keduanya mengajukan gugatan cerai pada 2023.
 

d

Shannen Doherty dan beberapa pemain serial Beverly Hills. (Sumber gambar: Shannen Doherty/Instagram)

Karier seni peran Doherty tampaknya tidak bisa jauh-jauh dari Beverly Hills. Pada 2019, dia membintangi serial BH90210 milik Fox. Tidak seperti spin-off sebelumnya, acara ini berfokus pada pemeran asli Beverly Hills, 90210 yakni Jason Priestley, Garth, Ian Ziering, Gabrielle Carteris, Brian Austin Green, Tori Spelling, dan Doherty, di mana para pemainnya menghadirkan versi diri mereka yang lebih hebat. 

Di tengah kariernya yang terus berkembang, Doherty didiagnosis menderita kanker payudara pada 2015. Di tengah perjuangannya melawan kanker, dia terus berakting, termasuk tampil dalam beberapa film televisi dan peran kecil di Riverdale musim ke-4 untuk episode penghormatan khusus kepada lawan mainnya di Beverly Hills, 90210, Luke Perry, setelah kematiannya pada 2019. 

Dia juga terlibat dalam proyek Dying to Belong dan List of a Lifetime, serta menjadi pembawa acara podcast populer, Let's Be Clear With Shannen Doherty, tempat dia membahas kariernya dan berbicara terus terang tentang bagaimana kanker payudara telah memengaruhi hidupnya. Pada 2021, Doherty masih membintangi film aksi Fortress bersama Bruce Willis dan Chad Michael Murray.

Meski begitu, penyakit ganas yang diderita terus menggerogoti tubuhnya. Pada Juni 2023, sang aktris menyampaikan bahwa kankernya telah menyebar ke bagian otak, dan dia telah menjalani operasi. Beberapa bulan berselang, tepatnya pada November tahun yang sama, kanker payudaranya mencapai stadium 4 dan menjangkit tulang-tulang di tubuhnya. 

Setelah perjuangan panjang melawan kanker, hampir satu dekade sejak pertama kali didiagnosis pada 2015, Doherty menghembuskan napas terakhirnya pada Sabtu (13/7/2024) waktu Amerika Serikat, di usia 53 tahun. Kabar duka tersebut telah dikonfirmasi oleh Leslie Sloane, humas Shannen Doherty lewat keterangan resmi. 

"Dengan berat hati, saya mengonfirmasi meninggalnya aktris Shannen Doherty... Putri, saudara perempuan, bibi, dan sahabat yang berbakti itu dikelilingi orang-orang yang dicintainya, serta anjingnya Bowie. Keluarga meminta privasi mereka saat ini agar dapat berduka dengan tenang," kata Sloane, dikutip dari People

Baca juga: Jon Landau, Produser Film Titanic dan Avatar Meninggal Dunia Usia 63 Tahun

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Hypereport: Cerita Pasangan Berawal dari Dating Apps & Agency, Bermuara ke Pernikahan

BERIKUTNYA

Resep Ayam Saus Gochujang ala Korea yang Pedas & Nikmat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: