Timnas Argentina (Sumber gambar: Instagram/copa america)

Menang Dramatis, Argentina Sukses Pertahankan Gelar Juara Copa America 2024

15 July 2024   |   12:18 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Tim nasional (timnas) Argentina memastikan diri sebagai juara usai mengalahkan Kolombia pada partai final Copa America 2024. Dalam laga yang digelar di Stadion Hard Rock, Floria, Senin (15/7/2024), Argentina menang dengan skor 1-0 atas Kolombia. 

Laga final Copa America 2024 berjalan dramatis sekaligus penuh tensi. Pertandingan ini sempat mengalami penundaan selama hampir satu jam lebih setelah kerusuhan terjadi di pintu masuk stadion. 

Sebelum laga, ada banyak penonton yang memaksa masuk meski mereka tak memiliki tiket pertandingan. Pada akhirnya, pihak keamanan perlu mensterilkan area stadion terlebih dahulu sebelum pertandingan digelar. 

Baca juga: Deretan Rekor Baru Spanyol Setelah Berhasil Juara EURO 2024

Saat laga akhirnya dimulai, pertandingan Argentina vs Kolombia berjalan alot. Ada banyak peluang yang diciptakan kedua tim, tetapi tak ada yang bisa berbuah gol. 

Pada menit pertama, Argentina langsung mengancam gawang Kolombia. Tembakan Julian Alvarez mampu membuat stadion bergemuruh. Sayang, tembakan tersebut masih melenceng di sisi kanan gawang lawan.

Kolombia pun tak berdiam diri. Mereka sempat meneror gawang Argentina lewat tembakan Luis Diaz. Namun, kiper Argentina, Emiliano Martinez, tampil sangat baik pada laga ini.

Jual beli serangan terus terjadi sepanjang laga. Pada menit ke-35, Lionel Messi sempat mendapat perawatan usai kaki kanannya terkena tekel bek Kolombia. Messi sempat mengerang kesakitan, tetapi masih bisa melanjutkan permainan.
 

Laga terus berjalan, tetapi satu gol belum tercipta juga. Pada momen kritis ini, Argentina justru mendapatkan satu kerugian besar. Sebab, pada menit ke-64, Messi tergeletak di lapangan dan meminta bantuan medis. Messi akhirnya ditarik keluar pada menit ke-66 karena tak mampu melanjutkan pertandingan. 

Messi sempat menitikkan air mata di bangku pemain ketika ditarik keluar. Sebab, dengan umurnya yang sekarang, ini bisa jadi adalah final Copa America terakhir baginya.

Laga Argentina vs Kolombia berakhir dengan skor 0-0. Laga pun dilanjutkan dengan extra time. Di babak inilah, mental sebuah tim akan lebih banyak berbicara. Pada menit ke-112, Lautaro Martinez akhirnya memecah kebuntuan. Gol semata wayang ini kemudian mampu membawa Argentina mempertahankan gelar juara Copa America.

Kesuksesan Argentina menjuarai Copa America 2024 membuat negara ini berhasil mengangkat 3 piala di turnamen mayor secara beruntun dalam 4 tahun terakhir. Sebelumnya, Argentina terlebih dahulu sukses menjuarai Piala Dunia 2022 dan Copa America 2021. 
 

Daftar Juara Copa America dalam 20 Tahun Terakhir

  • 2004: Brasil
  • 2007: Brasil
  • 2011: Uruguay
  • 2015: Chile
  • 2016: Chile
  • 2019: Brasil
  • 2021: Argentina
  • 2024: Argentina
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Hanya 10 Persen Musisi Indonesia yang Pede Bikin Konser Tunggal, Kok Bisa?

BERIKUTNYA

Resep Ayam Pandan Thailand Ala Chef Willgoz, Wangi dan Gurih

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: