Ayam Pandan Thailand (Sumber foto: YouTube/Willgoz Kitchen)

Resep Ayam Pandan Thailand Ala Chef Willgoz, Wangi dan Gurih

15 July 2024   |   13:39 WIB
Image
Yohanis Paiman Londong Mahasiswa Universitas Budi Luhur

Thailand dikenal sebagai salah satu destinasi kuliner cukup ternama di dunia, dengan kekayaan rasa dan variasi masakan yang beragam. Sajian populer seperti Tom Yum Goong (Sup Udang Pedas), Pad Thai (Mie Goreng Thailand), dan banyak lagi masakan yang menjadi favorit para penggemar kuliner.

Kekayaan kuliner Thailand juga dikenal lewat budaya street food yang ramai dengan banyak penjual makanan jalanan yang menawarkan aneka hidangan dengan harga terjangkau dan menggoda selera.

Baca juga: Resep Ayam Saus Gochujang ala Korea yang Pedas & Nikmat

Makanan yang tidak kalah uniknya adalah Ayam Pandan Thailand, sajian yang menggabungkan rasa ayam yang gurih dengan aroma harum daun pandan. Hidangan ini dikenal dengan penyajiannya yang unik, di mana potongan ayam dibungkus dengan daun pandan sebelum digoreng. 

Melansir dari kanal YouTube milik Chef William Gozali, yakni Willgoz Kitchen berjudul Wangi Gurih Resep Ayam Pandan Thailand, berikut resep dan cara membuat Ayam Pandan Thailand:


Bahan-bahan Ayam Pandan Thailand:

500 Gram  paha ayam boneless/dada ayam fillet (pakai kulit)
20 Lembar daun pandan (ukuran besar)
4 Siung bawang putih
2 Lengkuas muda (Ukuran jempol)
1 Ruas jari jahe
4 Batang Sereh muda
1 Sdm Santan
1 Sdm Saus tiram
1 Sdm Kecap ikan
1/2 Sdm Minyak wijen (optional)
1 Sdm Gula palem
2 Sdt Merica
3 Sdt Kaldu jamur
3 Sdm Tepung beras


Bahan Thai Dipping Sauce

2 Siung  Bawang putih
2 Batang  Daun ketumbar
8 Buah  Cabe rawit
2 Sdm  Kecap ikan
2 Buah Jeruk nipis
2 Sdm Gula palem
2 Sdm Air


Cara Membuat Ayam Pandan Thailand:

1. Cuci bersih paha ayam boneless, lalu potong menjadi beberapa bagian sesuai selera. Setelah itu cuci bersih daun pandan, lalu keringkan, dan sisihkan.

2. Haluskan bawang putih, lengkuas, jahe, dan sereh muda hingga menjadi pasta. Lalu campurkan pasta bumbu halus dengan santan, saus tiram, kecap ikan, minyak wijen (optional), gula palem, merica, kaldu jamur, dan tepung beras. Aduk hingga rata dan tercampur sempurna.

3. Lumuri potongan ayam dengan bumbu marinasi yang sudah jadi, pastikan semua bagian ayam sudah tercampur dengan bumbu. Diamkan selama minimal 1 jam di dalam kulkas agar bumbu meresap.

4. Setelah itu bungkus ayam dengan daun pandan, ambil satu potongan ayam, bungkus dengan selembar daun pandan, lalu gulung daun pandan dan tusuk dengan tusuk gigi atau lidi agar bungkus daun pandan tidak terbuka. Lakukan langkah ini hingga semua potongan ayam terbungkus daun pandan.

5. Langkah selanjutnya untuk menggoreng ayam, panaskan terlebih dahulu minyak dalam wajan dengan api sedang. Lalu goreng ayam yang telah dibungkus daun pandan hingga matang hingga berwarna kecoklatan. Setelah matang angkat dan tiriskan. 

Baca juga: Resep Pempek Dos Spesial Tanpa Ikan ala Chef Devina

6. Lalu untuk membuat Thai Dipping Sauce, haluskan bawang putih, daun ketumbar, dan cabe rawit. Lalu campurkan bumbu halus dengan kecap ikan, perasan jeruk nipis, gula palem, dan air. Aduk hingga benar-benar gula larut dan semua bahan tercampur rata.

7. Sajikan ayam pandan yang sudah digoreng bersama dengan Thai dipping sauce.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Menang Dramatis, Argentina Sukses Pertahankan Gelar Juara Copa America 2024

BERIKUTNYA

Daftar Mobil Baru yang Akan Meramaikan GIIAS 2024, Neta X hingga Ioniq 5 N

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: