Shelley Duvall. (Sumber foto: Warner Bros.)

Aktris The Shining, Shelley Duvall Bintang Meninggal Dunia pada Usia 75 Tahun

12 July 2024   |   14:06 WIB
Image
Yohanis Paiman Londong Mahasiswa Universitas Budi Luhur

Aktris Shelley Duvall, yang dikenal dengan film seperti The Shining, Annie Hall dan Nashville, meninggal dunia Kamis (11/7/2024), pada usia 75 tahun. Pasangannya Dan Gilroy mengonfirmasi kabar tersebut kepada The Hollywood Reporter. Dia mengungkapkan bahwa Duvall meninggal dalam tidurnya karena komplikasi diabetes di Texas.

"Pasangan hidup dan sahabatku tersayang, yang manis, dan luar biasa telah meninggalkan kami. Terlalu banyak penderitaan akhir-akhir ini, sekarang dia bebas. Terbanglah, Shelley yang cantik," kata Gilroy, seperti dikutip melalui The Hollywood Reporter.

Baca juga: 5 Film Adaptasi Terbaik dari Novel Stephen King

Shelley Alexis Duvall merupakan seorang aktris Amerika yang terkenal karena perannya dalam beberapa film klasik termasuk film garapan sutradara Robert Altman seperti Brewster McCloud (1970), McCabe & Mrs. Miller (1971), dan Thieves Like Us (1974). Kariernya semakin bersinar dengan perannya dalam film Nashville (1975).

Dia juga membintangi drama 3 Women (1977) di mana ia memenangkan penghargaan aktris terbaik Festival Film Cannes dan dinominasikan untuk Bafta.

Tiga tahun kemudian, Duvall berperan sebagai Olive Oyl bersama Robin Williams dalam Popeye versi musikal yang juga diarahkan oleh Altman. Namun, cahaya Duvall di Hollywood mulai redup dan wajahnya menghilang dari layar kaca selama dua dekade, sebelum kembali tampil di The Forest Hills pada 2023.
 

Duvall yang lahir pada 7 Juli 1949 juga mencuri perhatian Woody Allen. Dia tampil di film Annie Hall pada 1977, di mana ia memerankan seorang jurnalis dari Rolling Stone, menunjukkan perannya dan memberikan usahanya yang besar terhadap kesuksesan film tersebut.

Bicara tentang Duvall, kariernya melewati perubahan drastis pascamembintangi The Shining pada 1980. Dia mendapatkan pujian yang meriah dari para kritikus, menandai kepiawaiannya dalam menghadapi peran yang sangat terampil dalam film legendaris arahan Stanley Kubrick.

Sebagai salah satu karya ikonik Kubrick yang masih menjadi bahan pembicaraan hingga saat ini, The Shining mempertahankan reputasinya sebagai salah satu film paling berpengaruh dalam genre horor dan psikologis.

Terlepas dari ketenarannya, dia memilih untuk mundur secara perlahan dan tampaknya mengakhiri kariernya pada 2002. Selama dua dekade terakhir, dia memilih untuk tinggal di kota Texas yang tenang, jauh dari sorotan.

People melaporkan pada 2023 dia mengakhiri hidup gemerlap di Los Angeles ketika salah satu saudara laki-lakinya didiagnosis menderita kanker tulang belakang. Aktris tersebut sebelumnya juga mengaku kesulitan keuangan saat dia pindah, yang memotivasinya untuk pergi ke Houston untuk meminta bantuan dari ibunya.

Wartawan yang berbicara dengan Duvall di Bianco, kota tempat dia tinggal, mencatat bahwa kehidupannya terasa jauh berbeda dari kehidupan yang dia jalani di Los Angeles. Duvall sering kali hanya duduk di kursi pengemudi SUV putihnya karena masalah mobilitas.

Dari tempatnya, pensiunan aktor ini menghabiskan hari-harinya berbicara dengan penduduk kota lainnya, mengunjungi drive-through, dan mengunjungi tempat-tempat alam setempat. Sosoknya tidak lagi seperti anak terlantar, rambutnya menipis dan memutih, dan suaranya yang dapat dikenali telah berubah menjadi serak karena Duvall adalah perokok berat.

Meskipun meninggalkan karier aktingnya, Duvall dilaporkan tampak bangga dengan pekerjaannya dan kerap berbagi cerita tentang waktunya di Hollywood semasa hidupnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Kenali Perbedaan Flu, Pilek, Alergi, dan Urtikaria dari Cuaca Dingin

BERIKUTNYA

6 Agenda Konser & Festival Musik Akhir Pekan 12-14 Juli 2024 di Jakarta, Ada yang Gratis!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: