Final EURO 2024 mempertemukan timnas Spanyol vs Inggris (Sumber gambar: Unsplash/Janosch Diggelmann)

Final EURO 2024: Jadwal & Link Streaming Gratis Spanyol vs Inggris

14 July 2024   |   09:01 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Pertandingan antara tim nasional (timnas) Spanyol dan Inggris dalam laga final UEFA EURO 2024 akan berlangsung pada Senin, 15 Juli 2024 pukul 02.00 WIB dini hari. La Furia Roja –julukan timnas Spanyol– akan mencetak sejarah jika berhasil menumbangkan The Three Lions– julukan timnas Inggris.

Statistik pertandingan selama EURO 2024 menunjukkan tim nasional Spanyol memiliki penampilan yang cemerlang dari babak kualifikasi grup sampai semifinal. Dengan perpaduan pemain muda dan berpengalaman, La Furia Roja mampu mengalahkan lawan dengan meyakinkan.

Di babak kualifikasi grup, mereka menjadi pemimpin klasemen Grup B dengan poin sempurna setelah menumbangkan Italia, Kroasia, dan Albania, sehingga mencatatkan poin 9 dalam 3 pertandingan. Tim nasional Spanyol berhasil mengalahkan Georgia di babak 16 besar, Jerman di perempat besar, dan Prancis di semifinal. 

Baca juga: Jesus Navas Cetak Rekor Jadi Pemain Tertua Tampil di Semifinal EURO

Di sisi lain, The Three Lions mengalami banyak kesulitan mencapai final. Perjalanan mereka dari babak kualifikasi grup sampai semifinal membuat para penggemarnya merasakan jantung berdebar khawatir.

Tim nasional Inggris memang menjadi juara Grup C dan tidak terkalahkan. Namun, mereka hanya berhasil memenangkan 1 dari 3 pertandingan yang dilakoni dalam babak penyisihan grup sehingga hanya memiliki 5 poin.

Mereka tidak mampu memanfaatkan hasil maksimal di grup yang terdiri dari Denmark, Slovenia, dan Serbia. Harry Kane dan kawan-kawan berhasil menumbangkan Slowakia di babak 16 besar, Swiss di perempat final, dan Belanda di semifinal.

Setelah melewati perjalanan yang panjang pada ajang UEFA EURO 2024, kedua tim akan bertemu di babak final. Penampilan mereka yang berbeda satu sama lain membuat banyak orang menjagokan Spanyol. Namun, tidak sedikit juga yang yakin Inggris akan memenangkan pertandingan dengan statistik yang ada.

Dalam survei di laman UEFA yang dilihat Hypeabis.id, ada 58 persen pengunjung laman UEFA yang menjagokan Spanyol menang. Namun, 48 persen lainnya memperkirakan Inggris yang akan menjadi juara EURO 2024. 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by UEFA EURO 2024 (@euro2024)


Meskipun begitu, kedua tim nasional akan berusaha menampilkan yang terbaik untuk dapat menjadi pemenang dan membawa piala UEFA EURO 2024. Bagi Spanyol, kemenangan kompetisi yang diadakan di Jerman ini akan membuat mereka menjadi negara pertama yang berhasil menjuarai UEFA EURO 2024 sebanyak 4 kali. 

La Furia Roja merupakan salah satu negara yang telah memenangkan kompetisi UEFA EURO 2024 sebanyak 3 kali. Mereka berhasil membawa pulang piala tersebut pada 1964 setelah mengalahkan Uni Soviet dengan skor 2-1.

Kemudian, tim nasional Spanyol kembali menjadi pemenang UEFA EURO pada 2008 setelah mengalahkan Jerman dengan skor 1-0. Mereka kembali menjadi pemenang ajang 4 tahunan itu pada 2012 usai mengalahkan Italia dengan skor 4-0.

Dengan begitu, tim nasional Spanyol akan mengungguli Jerman yang juga telah menjuarai EURO sebanyak 3 kali jika berhasil mengalahkan tim nasional Inggris.

Dalam laman UEFA, tim nasional Spanyol kemungkinan akan memasukkan pemain Unai Simon di bawah mistar gawang sebagai starter. Kemudian, manajer Luis De la Fuente diperkirakan akan memasang Carvajal, Le Normand, Laporte, dan Cucurella.

Adapun, Ruiz, Rodri, dan Olmo akan mengisi posisi tengah. Kemudian, Yamal, Morata, dan Williams akan menjadi andalan untuk “menggedor” pertahanan tim nasional Inggris.

Sementara itu, susunan pemain tim nasional Inggris yang mungkin menjadi starter adalah Jordan Pickford sebagai penjaga gawang. Walker, Stones, dan Guehi akan mengisi barisan pertahanan. Di posisi tengah, Gareth Southgate akan menempatkan Saka, Mainoo, Rice, dan Shaw.

Bellingham dan Foden kemungkinan akan mengisi penyerang tengah yang akan "menggedor" pertahanan Spanyol atau menyalurkan bola ke Harry Kane yang akan ada di posisi depan sebagai target man.

Para pencinta sepak bola di Tanah Air dapat menyaksikan pertandingan antara tim nasional Spanyol dan Inggris melalui saluran televisi RCTI atau RCTI+ Sport secara gratis. Pencinta sepak bola juga dapat menyaksikan pertandingan ini melalui platform Vision+

Baca juga: Perbandingan Performa Ronaldo-Messi di EURO & Copa America 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Genshin Concert Tour Kembali Digelar, Catat Tanggal Konsernya di Indonesia

BERIKUTNYA

Prediksi Skor & Susunan Pemain Argentina vs Kolombia di Final Copa America 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: