Still Photo FIlm Jurnal Risa by Risa Sarasvati (Sumber gambar: Instagram/jurnalrisa_md)

Menguak Teror Gaib, Simak Fakta Menarik di Balik Film Jurnal Risa by Risa Saraswati

13 July 2024   |   14:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Rumah produksi MD Pictures merilis satu lagi film horor terbarunya berjudul Jurnal Risa by Risa Saraswati. Seperti judulnya, film ini mengangkat satu kisah yang sempat viral dari kejadian yang dialami oleh Risa di YouTube Jurnal Risa.

Sejak pertama tayang pada Kamis (11/7/2024), film ini telah mendapat antusiasme yang besar dari penonton. Film yang disutradarai Rizal Mantovani ini mampu meraih 171.561 penonton pada hari pertama tayang. Penasaran dengan kisah apa yang disajikan di film ini?

Baca juga: Selain Serial Jurnal Risa, Yuk Tonton 5 Film Horor dari Danur Universe

Berikut adalah fakta-fakta menarik dari film Jurnal Risa by Risa Saraswati:


1. Angkah Kisah Mistis Teror Gaib yang Menegangkan

Film Jurnal Risa By Risa Saraswati bercerita tentang tim bernama Jurnal Risa yang mengunjungi tempat-tempat angker. Dalam pengembaraannya ke tempat misterius, tim Jurnal Risa biasanya mempersilakan tamu khusus bagi yang ingin ikut ekspedisi horor mereka.

Cerita bermula saat Prinsa Mandagie, salah satu tamu di konten Jurnal Risa ikut investigasi di lokasi angker. Namun, dia dengan berani memanggil nama Samex. Akibatnya, Samex mengikuti Prinsa hingga pulang dan berbagai kisah horor pun terjadi. Risa pun berusaha untuk mengusir Samex dengan berbagai cara sekaligus melawan ketakutan mereka sendiri.


2. Usung Genre Mockumentary


Film Jurnal Risa mengusung genre mockumentary, yakni menggunakan sudut pandang orang pertama sebagai pencerita melalui kamera genggam. Melalui konsep ini, penonton dapat merasakan ketegangan yang dirasakan oleh si pencerita.

Film ini juga dikemas dengan konsep seperti dokumenter, sehingga seolah-olah apa yang disajikan merupakan realita. Konsep film seperti ini pernah populer dan melahirkan beberapa film besar, seperti The Blair Witch Project (1999) dan  Paranormal Activity.


3. Punya sosok Hantu Samex yang Kuat

Samex atau juga dikenal sebagai Uwa Satirah merupakan makhluk yang dikenal sangat menakutkan, terutama bagi tim Jurnal Risa dan penggemar konten mereka. Sebab, makhluk ini diyakini memiliki kekuatan besar yang bisa menyebabkan gangguan secara nyata.

Keberadaan Samex kerap dikaitkan dengan efek supranatural dan praktik ilmu hitam yang berbahaya. Oleh karena itu, tidak mudah mengusir Samex, bahkan kerap kali meminta korban dan tumbal.


4. Dibintangi oleh Risa dan Sepupunya

Seperti judulnya, film ini akan menjadikan Risa Saraswati sebagai tokoh utamanya. Tak sendiri, adiknya, Riana Rizki, juga akan membintangi film mockumentary ini. Selain itu, anggota keluarga lain dari kanal YouTube Jurnal Risa juga akan bergabung.

Mereka adalah Abimanyu Bhakti Pratama (Kakang atau Abi), serta sepupu-sepupu Risa seperti Indy Ratna Pratiwi, Nicko Irham, Ranggana Purwana, dan Rai Sekar. Kemudian, film ini juga akan dibintangi jebolan Indonesian Idol musim kesepuluh, Prinsa Mandagie dan aktor sekaligus model, Sandy Pradana.


5. Beda Universe dengan Danur

Risa Saraswati memiliki banyak IP cerita. Dia sebelumnya dikenal berkat waralaba Danur Universe, yakni Danur: I Can See Ghosts (2017),  Danur 2: Maddah (2018), dan Danur: Sunyaruri (2019), Rasuk (2018), Asih (2018), Silam (2018), Rasuk 2 (2020), Asih 2 (2021, dan Ivanna (2022).

Namun, Jurnal Risa by Risa Saraswati bisa dibilang akan berdiri sendiri. Sebab, film ini tak akan berkaitan dengan Danur Universe.


6. Disutradarai oleh Rizal Mantovani

Film Jurnal Risa by Risa Saraswati akan kembali menjadi sajian horor terbaru garapan Rizal Mantovani. Sutradara asal Minangkabau ini memang dikenal kerap menyutradarai film horor sejak awal 2000-an. Beberapa film horor populer yang digarap Rizal adalah Kuntilanak 3 (2022), Asih 2 (2020), Bayi Gaib: Bayi Tumbal Bayi Mati (2018), Jailangkung (2017), Kesurupan (2008), dan Jelangkung (2001).


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Seniman Amerika-Pantai Gading Aboudia Gelar Pameran Tunggal di ArtMoments Jakarta 2024

BERIKUTNYA

15 Ide Caption untuk MPLS yang Menarik dan Mengesankan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: