Pengunjung sedang melihat lukisan di ArtMoments Jakarta 2023. (Sumber gambar: ArtMoments)

ArtMoments Jakarta 2024 Siap Digelar, Hadirkan Bursa Seni yang Ramah Lingkungan

12 July 2024   |   20:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

ArtMoments Jakarta akan kembali dihelat. Tahun ini, bursa seni itu bakal berlangsung pada 9-11 Agustus 2024 di Grand Ballroom Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel. Sejumlah karya seni bakal dihadirkan dan siap memikat para pencinta dan kolektor seni di Indonesia.
 
ArtMoments Jakarta 2024 akan menampilkan deretan karya seni dari galeri-galeri terkemuka nasional dan internasional yang beragam mulai dari karya seni modern, kontemporer, hingga new media art.
 
Dilengkapi dengan tur seni yang telah dikurasi serta berbagai acara pendukung, ArtMoments Jakarta juga akan menghadirkan serangkaian diskusi menarik dari para ahli yang membahas topik-topik seperti "The Challenge of Media Art Ownership," "Art Repartition & Preservation," "The Joy and Risk of Art Collection," dan "RENEWAL: Seni Hari Ini dan Masa Depan", guna menciptakan banyak peluang dan jejaring (networking).

Baca juga: Karya-karya yang Mencuri Perhatian di ArtMoments Jakarta 2023
 
Selain itu, akan ada pula lelang amal yang bekerja sama dengan S. Sudjojono Center. Acara akan dibuka dengan tarian oleh Heri Dono, seniman Indonesia pertama yang menembus kancah seni global pada awal 1990-an. Sang seniman akan menampilkan interpretasi visual puisi kritik tajam terhadap pemerintahan Orde Baru.
 
“Kami sangat senang membawa kembali ArtMoments Jakarta di jantung kota, menghadirkan platform dinamis dan mendalam bagi para galeri seni dan seniman untuk mengeksplorasi tema Renewal yang multidimensional,” kata Sendy Widjaja selaku Co-Founder dan Fair Director. 
 
 

Tema ArtMoments Jakarta 2024

Tahun ini, ArtMoments Jakarta mengusung tema Renewal, sebuah konsep yang sangat terkait dengan kehidupan manusia, mencakup pertumbuhan pribadi, transformasi sosial, pembaruan budaya, kemajuan teknologi, dan keberlanjutan lingkungan.
 
Artistic Director ArtMoments Jakarta Sujud Dartanto menjelaskan tema Renewal dibuat untuk mendorong seniman dan galeri untuk mengeksplorasi lima aspek pembaruan, yakni pembaruan pribadi yang mengeksplorasi kisah transformasi individu, pembaruan sosial yang merangsang perubahan kolektif dan peremajaan budaya, pembaruan lingkungan yang menekankan pada keberlanjutan dan pelestarian, pembaruan artistik yang mendalami inovasi dalam seni, serta pembaruan teknologi yang memperkenalkan pengalaman baru dalam membentuk persepsi dan estetika seni. 
 

Tema komprehensif ini, paparnya, mengundang eksplorasi tentang bagaimana pembaharuan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan dan seni. Sejalan dengan tema Renewal dan prinsip keberlanjutan lingkungan, ArtMoments secara bertahap mengembangkan dirinya menjadi pameran seni yang ramah lingkungan.
 
Dia pun menjelaskan proses ini melibatkan strategi jangka pendek seperti penggunaan bahan beremisi rendah dan rencana jangka panjang untuk desain stan yang sustain. Termasuk, mendorong partisipasi seluruh komunitas seni dalam menggunakan bahan berkarbon rendah, serta menunjukkan perubahan lingkungan yang signifikan dengan mendorong setiap individu untuk melaporkan emisi, menetapkan tujuan, membentuk tim hijau, dan mematuhi komitmen untuk mencapai kemajuan lingkungan yang substansial.
 
“Acara ini dirancang untuk menginspirasi, menantang, dan merayakan segala bentuk pembaruan, menumbuhkan pemahaman yang lebih mendalam tentang transformasi dan pertumbuhan di ranah pribadi, sosial, dan lingkungan,” katanya.
 
Sendy menambahkan sebagai wujud komitmen ArtMoments Jakarta dalam menggalakkan bursa seni yang ramah lingkungan, pihaknya juga akan menggunakan panel daur ulang untuk mengurangi penggunaan kayu sehingga berdampak pada deforestasi.
 
"Selain itu, kami juga memanfaatkan lampu LED yang mampu menghemat ribuan watt. Hanya dari dua komponen ini saja, kami bisa mengurangi emisi karbon secara signifikan,” katanya. .
 
Adapun, ArtMoments Jakarta 2024 diselenggarakan atas kerjasama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia (Kemenparekraf) dan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta (Disparekraf DKI Jakarta). 

Baca juga: Cek 6 Pameran Seni Terbaru Juli 2024 di Jakarta hingga Bandung

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Resep Pempek Dos Spesial Tanpa Ikan ala Chef Devina

BERIKUTNYA

Mengintip Eksotisme Bukit Mloko Sewu di Ponorogo

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: