Mloko Sewu (Sumber gambar: Instagram.com/mlokosewu)

Mengintip Eksotisme Bukit Mloko Sewu di Ponorogo

13 July 2024   |   07:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Tak ada habisnya keindahan wisata di Ponorogo. Wilayah yang terletak di bagian Barat Provinsi Jawa Timur ini menyimpan banyak destinasi khas budaya dan sejarah yang begitu melekat. Dengan daya tarik tersebut, warga lokal berlomba-lomba membuat Ponorogo lebih menarik dan indah melalui kehadiran wisata. Salah satu ikon destinasi yang populer di Ponorogo adalah Mloko Sewu.
 
Mloko Sewu merupakan wisata yang terletak di Desa Pupus, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur ini telah menjadi destinasi terkenal di Bumi Reog tersebut sejak 2018. 

Baca juga: Rekomendasi Destinasi Wisata Favorit untuk Libur Sekolah

Andalan dari Mloko Sewu adalah lanskap pemandangan yang khas dari jajaran bukit yang mengelilingi telaga. Wisata ini memperlihatkan keindahan danau alami ikonik di Ponorogo yakni Telaga Ngebel yang begitu megah dan indah dari ketinggian 800 meter dari atas permukaan laut.
 
Dengan pemandangan yang asri, Mloko Sewu selalu digandrungi wisatawan lokal dan mancanegara. Perbukitannya dibentangi pohon-pohon cemara hijau yang menjulang tinggi. Bukit-bukit ini berjajar mengelilingi Telaga Ngebel yang penuh dengan legenda. Diketahui, Telaga Ngebel terbentuk secara alami akibat letusan gunung. 

Dengan panorama yang indah tersebut, Mloko Sewu menjadi spot ikonik untuk menyaksikan keindahan alam sekaligus pemandangan lampu-lampu dari Kota Ponorogo dari atas ketinggian.
 

Mloko Sewu (Sumber gambar: Instagram.com/mlokosewu)

Mloko Sewu (Sumber gambar: Instagram.com/mlokosewu)


Saat sore menjelang, lampu-lampu di sekitar Telaga Ngebel hidup dan menciptakan suasana hangat di antara barisan bukit. Dari sisi belakang bukit, tampak pemandangan kota dengan lampu-lampu kecil dari rumah warga berpijar. Latar belakang langit yang luas juga menambah suasana sejuk nan asri di sekitar Mloko Sewu.
 
Tidak hanya dari view di atas ketinggian, Mloko Sewu menawarkan panorama yang indah bagi wisatawan yang menyusuri lokasi ini. Dengan berjalan kaki, wisatawan akan menemukan jalan tapak yang telah dibangun rapi dengan pemandangan pohon hingga kebun bunga di bagian kanan dan kiri. 

Menariknya, wisatawan bisa bermalam di sekitar Mloko Sewu. Sebab, wisata ini menyediakan fasilitas camping ground yang luas dan asri. Di sini, banyak penggiat camping yang bermalam bersama teman dan kerabat.
 
Seperti wisata pada umumnya, Mloko Sewu juga menyediakan berbagai spot foto menarik. Terdapat spot berbentuk sarang, hingga ayunan dengan latar belakang barisan bukit yang mengelilingi Telaga Ngebel. Dengan lanskap yang indah, wisata ini juga kerap menjadi incaran bagi pasangan yang ingin melakukan foto pre-wedding.
 
Untuk menikmati aneka wisata Mloko Sewu, pengunjung hanya perlu merogoh kocek Rp10.000 per orang. Dibuka jam 09.00 hingga 18.00 WIB, wisata ini bisa dinikmati kapan saja baik untuk melihat matahari terbit hingga matahari terbenam. 

Baca juga: Rekomendasi Wisata Gratis di PIK: Ada Pantai Pasir Putih dan Greenbelt

Mloko Sewu dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dari pusat Ponorogo. Jarak tempuhnya sekitar 27  kilometer melewati Jalan Raya Ngebel menuju Jalan Raya Jenangan, kemudian melewati Jalan Batoro Katong untuk sampai di Mloko Sewu.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

ArtMoments Jakarta 2024 Siap Digelar, Hadirkan Bursa Seni yang Ramah Lingkungan

BERIKUTNYA

Dunia Perfilman Indonesia Berduka, Sinematografer Hasan Basri Jafar Tutup Usia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: