ArtMoments Jakarta 2023 akan diselenggarakan pada 18 - 20 Agustus 2023 (Sumber gambar: Hypeabis.id/ Yudi Supriyanto)

1.000 Karya dari 30 Galeri Akan Tampil di ArtMoments Jakarta 2023

03 August 2023   |   16:37 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Sebanyak 1.000 karya seni dari berbagai galeri akan ditampilkan di ajang ArtMoments Jakarta 2023 selama tiga hari dari 18 sampai 20 Agustus 2023. Sejumlah karya seniman ternama dari dalam dan luar negeri dapat disaksikan oleh para pencinta seni di bursa seni tersebut.

Sendy Widjaja, Co-Founder dan Fair Director ArtMoments Jakarta, mengatakan bahwa 1.000 karya seni yang akan ditampilkan di ajang Art Moments Jakarta 2023 itu merupakan karya campuran. “Jumlah karya sekitar 1.000 karya seni,” katanya di Jakarta pada Kamis, 3 Agustus 2023.

Dia menuturkan bahwa karya-karya yang akan ditampilkan di ajang ini berasal dari 30 galeri seni yang ada di dalam dan luar negeri, seperti Amerika Serikat, Jepang, Singapura, Hong Kong, Korea Selatan, dan Indonesia.

Galeri-galeri tersebut akan menampilkan sejumlah karya yang mereka miliki. Sebagai contoh dari luar negeri, Galeri Afternoon akan menampilkan karya seniman Adam Handler. Sementara itu, dari dalam negeri ada G3N Project dan Museum Toys yang akan menampilkan karya dari Arkiv Vilmansa.

Arkiv adalah seniman asal Indonesia yang berhasil menembus pasar international. Setelah pameran di ArtMoments Jakarta, dia akan berpameran di New York, Amerika Serikat dan Tokyo, Jepang.

Selain itu, seniman lainnya adalah Nana Tedja yang menembus pasar Asia Tenggara dengan karya street art yang menembus batas normatif. Kemudian, ada Adi Gunawan yang patung-patungnya menghiasi gedung di Indonesia dan luar negeri.

Para penikmat seni juga akan melihat galeri dari Korea Selatan yang menampilkan koleksi karya seniman Indonesia, seperti Eko Nugroho, Heri Dono, dan sebagainya. Dengan menampilkan karya yang mendunia dari dalam dan luar negeri, maka dia berharap terjadi silang ide dan inspirasi.

Untuk diketahui, penyelenggara ArtMoments Jakarta 2023 menargetkan nilai transaksi yang terjadi selama tiga hari, dari 18 sampai 20 Agustus 2023 dapat mencapai Rp80 miliar. Kondisi ekonomi dan pasar seni yang membaik di dalam negeri menjadi dasar optimismenya.

 

Art Moments Jakarta 2022 di Grand Ballroom, Sheraton Grand Jakarta Gandaria City, Jumat (4/11/2022). (Sumber gambar: Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti)

Art Moments Jakarta 2022 di Grand Ballroom, Sheraton Grand Jakarta Gandaria City, Jumat (4/11/2022). (Sumber gambar: Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti)


Sendy mengatakan bahwa target nilai transaksi yang dipasang oleh penyelenggara selama tiga hari tersebut cukup realistis mengingat ekonomi Indonesia pada saat ini masih terus berkembang. “Walaupun kita nomor 7 dunia secara GNP per kapita berdasarkan kemampuan daya beli,” katanya.

Dia menuturkan, pada saat ini, kebiasaan orang Indonesia untuk membeli karya masih bisa jauh ditingkatkan lagi mengingat jumlah kolektor seni masih sangat sedikit jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia, yakni 0,01 persen.

Menurutnya, semua pihak perlu membiasakan masyarakat Indonesia agar lebih banyak mengapresiasi karya seni dengan mengunjungi museum dan mengoleksi karya.

Ajang ArtMoments Jakarta yang akan kembali diadakan di Jakarta selama tiga hari dari 18 sampai 20 Agustus 2023 di Sheraton Grand Jakarta Convention Hotel mengangkat tema Embrace Moments: Continually Art.

Baca juga: Diadakan pada 18 - 20 Agustus 2023, ArtMoments Jakarta Bertema Embrace Moments: Continually Art

Tema tersebut menegaskan moment optimisme terhadap perkembangan seni rupa Indonesia yang terus bergerak maju dalam keberagaman bentuk-bentuk ekspreasi yang makin kuat. "Serta mengajak semua insan seni rupa untuk terus menyambut dan merayakan momentum kemajuan seni rupa," katanya.

Editor: M R Purboyo
 

SEBELUMNYA

Novel Serial Red Rising, Light Bringer Karya Pierce Brown Tembus Best Seller

BERIKUTNYA

Mengenal Teknologi Pemantau Tidur di Galaxy Watch6, Bisa Kasih Saran Sesuai Data

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: