Pelatihan literasi digital dengan tema “Memilah dan Memilih Informasi Hoax di Era Digital” yang diadakan AHM dan Astra Motor Sulawesi Selatan di SMK Makassar, Jumat (12/7/2024). (Sumber foto: AHM)

AHM dan Praktisi Edukasi Siswa SMK Soal Hoaks, Dukung Peningkatan Kualitas SDM

12 July 2024   |   13:30 WIB
Image
M. Taufikul Basari Jurnalis dan Editor Hypeabis.id

PT Astra Honda Motor (AHM) bersama jaringannya, termasuk Astra Motor Sulawesi Selatan, menggelar program ESG Mission, Engaging for The Future, yang bertujuan untuk meningkatkan literasi digital generasi muda melalui kolaborasi dengan pemerintah, akademisi, komunitas, dan masyarakat.

Ajang ini merupakan komitmen korporasi dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Tanah Air sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Melalui program ini, AHM memperkenalkan produk dan layanan sepeda motor listrik Honda serta berbagai inisiatif keberlanjutan di seluruh Indonesia. Salah satu misi penting dari program ini adalah Educate for You.

Baca juga: Waspada Bahaya Ruang Digital, Gen Z Diimbau Tangkal Pakai Konten Positif

Dalam salah satu kegiatan yang digelar Jumat (12/7/2024), AHM bersama Astra Motor Sulawesi Selatan menggandeng praktisi komunikasi berpengalaman untuk memberikan edukasi kepada siswa SMK Nasional Makassar. Fokus utama edukasi ini adalah literasi digital, dengan tema Memilah dan Memilih Informasi Hoax di Era Digital.

Pada sesi edukasi tersebut, para siswa diajarkan cara mengenali dan menyaring informasi yang benar serta langkah-langkah untuk mencegah penyebaran informasi hoax. Fajar, seorang siswa SMK Nasional Makassar, mengungkapkan, “Saya sangat senang dapat memperluas wawasan saya terkait literasi digital di dunia media sosial saat ini, termasuk bagaimana bisa mendeteksi sebuah informasi hoax dan mencegahnya agar tidak menyebar luas.”

Tema ini dipilih karena hoax atau berita bohong telah menjadi ancaman serius di era digital saat ini. Dengan semakin mudahnya informasi menyebar melalui media sosial dan platform digital lainnya, hoax dapat dengan cepat mempengaruhi masyarakat secara luas.

SMK Nasional Makassar merupakan salah satu SMK yang telah menerapkan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda sejak tahun 2015. Program pengembangan pendidikan vokasi telah dilakukan AHM di seluruh Indonesia sejak tahun 2010 dengan mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum TBSM Astra Honda.

SMK yang bekerja sama dengan Honda mendapatkan kurikulum teknik sepeda motor Honda yang link and match dengan kebutuhan dunia Industri. Para tenaga pengajar dan juga siswa juga dapat mengikuti berbagai kegiatan untuk meningkatkan keahlian mereka, seperti uji kompetensi guru dan seminar teknologi, serta para siswa bisa melaksanakan praktek kerja industri di seluruh jaringan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) atau bengkel resmi Honda.

Hingga Juni 2024, AHM mempunyai 710 SMK Mitra Binaan AHM yang tersebar di 295 kota atau kabupaten di 36 Provinsi di seluruh Indonesia. Di antara sekolah binaan tersebut, terdapat 108 Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang dapat dimanfaatkan oleh siswa/siswi SMK mitra binaan AHM yang ingin melakukan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Astra Honda.
 

Pelatihan Safety Riding Sepeda Motor Listrik

Selain itu, AHM dan Astra Motor Sulsel juga menggelar pelatihan khusus keselamatan berkendara untuk pengguna sepeda motor listrik Honda EM1 e:. Pelatihan ini menyoroti perbedaan karakteristik sepeda motor listrik dibandingkan sepeda motor berbahan bakar konvensional.

Pengguna diajak memahami fitur-fitur teknologi, mengatasi potensi bahaya di jalan, dan menyesuaikan teknik berkendara sesuai dengan kondisi jalan. AHM menghadirkan instruktur safety riding Honda yang berpengalaman dan tersertifikasi untuk memberikan edukasi langsung kepada konsumen.

"Sepeda motor listrik memiliki karakteristik khusus seperti minim suara dan getaran, yang memerlukan pemahaman khusus dari pengguna," kata Kepala Wilayah Astra Motor Sulawesi Selatan, Thamsir Sutrisno.

Sementara itu, instruktur safety riding Honda bersertifikat, Wanny, menyampaikan bahwa bahwa sepeda motor listrik memiliki karakteristik yang berbeda dari sepeda motor konvensional berbahan bakar bensin. Perbedaan dalam akselerasi, pengendalian, dan pengoperasian sistem kelistrikan memerlukan pemahaman khusus agar pengendara dapat mengendarai dengan aman dan efisien.

Pelatihan safety riding membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan berkendara. Dengan mengetahui potensi bahaya dan cara mengatasinya, pengendara dapat mengurangi risiko kecelakaan dan cedera.

Selain itu, sepeda motor listrik memiliki sistem pengelolaan energi yang berbeda. Pelatihan membantu pengendara memahami cara memaksimalkan efisiensi baterai dan memperpanjang usia pakai kendaraan dengan mengadopsi teknik berkendara yang tepat.

Baca juga: Sejarah Hoaks dari Masa ke Masa, Salah Satunya Klaim Peneliti Menemukan Manusia Bersayap di Bulan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

1 Benda Bersejarah yang Dikembalikan Amerika Diduga Cerita Panji Masa Kadiri-Majapahit

BERIKUTNYA

Ini Perbedaan Jenis dan Cita Rasa Susu Pada Kopi Kekinian

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: