Harga CRF250L untuk OTR DKI Jakarta mencapai Rp79,9 juta (Sumber gambar: PT AHM)

CRF250L Meluncur di IIMS 2023, Tunggangan Untuk Para Pencinta Offroad

16 February 2023   |   20:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ada kabar gembira bagi para pencinta offroad di dalam negeri. PT Astra Honda Motor mulai memasarkan sepeda motor CRF250L di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Kendaraan ini didesain sebagai tunggangan untuk menempuh berbagai medan, dan mengeksplorasi berbagai destinasi baru.

President Director AHM, Keiichi Yasuda, mengatakan bahwa kehadiran CRF250L cocok untuk melintasi berbagai destinasi wisata alam di Indonesia dengan desain dan beragam fitur yang disesuaikan untuk berjalan di jalur offroad.
 
“CRF250L kami hadirkan melengkapi jajaran motor CRF di Indonesia untuk memberikan pengalaman offroad sejati bagi mereka yang hobi trabasan di berbagai kondisi jalan,” katanya.

Dia menuturkan bahwa perusahaan meyakini kendaraan roda dua ini dapat memenuhi ekspektasi para konsumen yang suka berpetualang dengan mesin dan keseluruhan desain CRF250L yang ditujukan untuk offroad.

Baca juga: Seven Event Siapkan Sederet Expo Otomotif Sepanjang 2023, Ini Agendanya

Sementara itu, Executive Vice President Director AHM, Johannes Loman, mengeklaim bahwa para pencinta offroad di dalam negeri menerima kendaraan dua dalam kategori jajaran motor CRF perusahaan.

“Kami melihat konsumen kami di segmen hobi khususnya offroad terus tumbuh, seiring dengan penerimaan jajaran model CRF yang sangat baik. Oleh karena itu, kami melengkapi pilihan konsumen dengan menghadirkan CRF250L di Indonesia,” katanya.

GM Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin menuturkan bahwa harga on the road (OTR) DKI Jakarta CRF250L mencapai Rp79,9 juta. Perusahaan menargetkan kendaraan produksi Thailand tersebut sebanyak sekitar 200 unit selama satu tahun.

Dia menuturkan, perusahaan menghadirkan CRF250L setelah melakukan riset terhadap konsumen CRF dengan kubikasi mesin yang lebih kecil. Hasil riset menunjukka bahwa mereka menginginkan kendaraan roda dua CRF dengan kubikasi mesin yang lebih besar.

Menurutnya, pasar CRF250L adalah pasar yang khusus para pencinta offroad atau pasar hobi. Berikut sepesifikasi kendaraan ini:


Dapur Pacu

Dia menuturkan bahwa perusahaan menyematkan mesin 249 cc, DOHC, single-cylinder, 6 kecepatan, dan berpendingin cairan yang dilengkapi dengan sistem injeksi PGM-FI. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan performa mumpuni yang disesuaikan untuk melintasi berbagai jalanan Indonesia.

Dengan mesin yang tersemat, kendaraan roda dua untuk para pencinta offroad ini memiliki tenaga maksimum 18,9 kW pada 8.500 rpm dengan torsi maksimal sebesar 23,1 Nm pada 6.500 rpm.


Fitur

Selain itu, kendaraan ini juga mendapatkan fitur berupa assist/sliper clutch menjadi bagian dari CRF250L. Fitur ini memiliki fungsi mengurangi risiko engine brake saat penurunan gigi secara ekstrim. Dengan begitu, maka dapat mencegah ban belakang selip dan menambah kenyamanan saat berkendara.

Tidak hanya itu, fitur ini juga membuat pengemudi kendaraan ini merasa pengoperasian kopling yang jauh lebih ringan. Dari sisi keamanan dan keselmatan, CRF250L memiliki double wavy disc brake di sistem pengereman.

Sistem tersebut membuat motor tampil lebih gagah sekaligus membantu mengeluarkan panas karena pengereman lebih baik. Knalpot pada model ini dilengkapi dengan pelindung dan diposisikan tinggi dengan tujuan memberikan pengalaman berkendara offroad lebih baik.
 
CRF250L juga memiliki panel meter full digital dan dapat menyajikan informasi lengkap terkait sepeda motor. Lampu depan dan sen menggunakan LED dengan desain minimalis. Kemudian, terdapat hand guard di handle motor untuk melindungi tangan pengendara saat trabasan di jalur offroad.

Baca juga: Jakarta Auto Week 2023 Gabungkan Konsep Otomotif & Gaya Hidup


Desain Bodi

Kendaraan roda dua ini mendapatkan desain khusus untuk melewati berbagai medan offroad. Jadi, selain mesin dan beragam fitur yang tersedia, kendaraan ini juga memiliki bodi yang diklaim ringan dan ramping.

Meskipun begitu, perusahaan mengeklaim bahwa CRF250L cukup kokoh untuk melintasi berbagai trek offroad. Pada model ini, perusahaan menyematkan inverted front fork showa sepanjang 43mm sebagai suspensi depan dan dipadukan dengan suspensi belakang showa pro-link.


Bahan Bakar

Kapasitas tangki bensin CRF250L mampu menampung bahan bakar sebanyak 7,8L untuk mendukung daya jelajah jauh saat berpetualang. Ground clearance setinggi 277 mm bertujuan untuk membuat kendaraan ini dapat melintasi berbagai medan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Ini Ajang Balap Lari yang Tak Kalah Seru Selain The Six World Marathon Majors

BERIKUTNYA

Wuling Alvez Resmi Diluncurkan di Indonesia, Harga Cocok Buat Anak Muda

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: