Ilustrasi latte. (Sumber foto: Pexels/Quang Nguyen Vinh)

Ini Perbedaan Jenis dan Cita Rasa Susu Pada Kopi Kekinian

12 July 2024   |   18:00 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Dalam beberapa tahun terakhir, kopi telah menjadi bagian penting dari gaya hidup banyak orang, khususnya di Indonesia. Salah satu elemen yang sangat berperan dalam menciptakan cita rasa kopi yang sempurna adalah susu. Namun Genhype sadar tidak kalau ternyata susu yang digunakan pada setiap jenis kopi itu berbeda-beda loh.

Prita Utami, Trade Marketing Food Service Manager PT Indolakto mengatakan bahwa susu memiliki peran krusial dalam pembuatan kopi, terutama dalam mengembangkan cita rasa dan tekstur minuman kopi. 

Baca juga: Kiat Memilih Susu yang Tepat untuk Racikan Kopi Nikmat

"Dengan susu, sebenarnya Indomilk merasa bahwa kita punya tipe susu yang bisa menyesuaikan berbagai karakteristik minuman kopi. Misalnya, untuk kopi tradisional biasanya digunakan kental manis untuk mengimbangi rasa pahit kopi, sementara untuk menu kopi modern lebih sering menggunakan fresh milk atau UHT," jelas Prita.

Penggunaan susu tidak hanya memberikan kelembutan dan rasa manis alami pada kopi, tetapi juga meningkatkan kualitas visual dan sensasi minum kopi itu sendiri. Prita menambahkan bahwa susu yang dipanaskan dapat mengeluarkan rasa creamy karena laktosanya, yang merupakan gula alami, memberikan sentuhan manis yang pas pada kopi.


Jenis-Jenis Susu yang Digunakan dalam Kopi

1. Fresh Milk (Susu Segar): Susu segar umumnya digunakan untuk minuman kopi panas. Ketika dipanaskan, fresh milk dapat mengeluarkan rasa creamy dan manis alami yang menambah kenikmatan kopi.

2. UHT (Ultra-High Temperature): Susu UHT sering digunakan untuk minuman kopi dingin. UHT memiliki tekstur yang lebih bold sehingga ketika dicampur dengan es batu, rasanya tetap seimbang dan tidak terlalu encer.

3. SKM (Susu Kental Manis): Kental manis sering digunakan untuk kopi tradisional atau kopi botolan. SKM memberikan rasa manis yang kuat dan dapat digunakan untuk menyeimbangkan rasa pahit dari kopi.

4. Evaporated Milk (Susu Evaporasi): Susu evaporasi sering digunakan untuk minuman yang membutuhkan tekstur lebih kaya, seperti teh tarik. Susu ini dapat mengangkat aroma teh dan kopi tanpa menutupi rasa aslinya.

5. Susu Bubuk: Selain itu, ada juga susu bubuk yang dapat digunakan dalam pembuatan kopi. Susu bubuk memberikan fleksibilitas dalam penyimpanan dan distribusi, terutama di daerah yang sulit dijangkau oleh fresh milk.


Perbedaan Antar Jenis Susu

Perbedaan utama antar jenis susu terletak pada tekstur, rasa, dan kegunaannya dalam berbagai jenis minuman kopi. Fresh milk dan UHT memiliki perbedaan dalam hal penyimpanan dan penggunaan. Fresh milk memerlukan penyimpanan yang lebih sering dan distribusi yang lebih teratur, sedangkan UHT bisa disimpan pada suhu ruangan dan memiliki umur simpan yang lebih lama.

Susu kental manis memberikan rasa manis yang lebih intens dibandingkan dengan fresh milk atau UHT. Susu evaporasi, di sisi lain, memberikan tekstur yang lebih kaya dan sering digunakan dalam minuman yang memerlukan konsistensi lebih berat.

Menurut Prita memahami perbedaan ini sangat penting bagi para barista dan pengusaha kopi. "Pemahaman tentang karakteristik berbagai jenis susu ini membantu mereka dalam menciptakan menu kopi yang kreatif dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan," tambahnya.


Program Indomilk Coffeepreneur

 

Demo Latte Art (sumber gambar : Indomilk)

Demo Latte Art (sumber gambar : Indomilk)

PT Indolakto, melalui program Indomilk Coffeepreneuer, bertujuan untuk meningkatkan kreativitas para barista dan pengusaha kopi di Indonesia. Program ini memberikan pelatihan dan wawasan mengenai penggunaan berbagai jenis susu dalam pembuatan kopi, serta bagaimana menciptakan menu kopi yang inovatif dan kompetitif.

"Kami ingin memberikan jawaban atas kebutuhan F&B yang semakin berkembang, dengan menyediakan berbagai jenis susu yang dapat disesuaikan dengan karakteristik minuman kopi. Melalui workshop ini, kami berharap para barista dapat meningkatkan konsumsi kopi di Indonesia dan mengembangkan bisnis mereka dengan lebih baik," tutur Prita.

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang penggunaan dan perbedaan berbagai jenis susu, diharapkan para pelaku bisnis kopi dapat menciptakan minuman kopi yang lebih beragam dan menarik, yang pada akhirnya akan meningkatkan pengalaman minum kopi bagi para konsumen.

Baca juga: Penikmat Kopi Wajib Tahu, Ini Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

AHM dan Praktisi Edukasi Siswa SMK Soal Hoaks, Dukung Peningkatan Kualitas SDM

BERIKUTNYA

Ellen DeGeneres akan Pensiun Usai Acara Stand Up Comedy Netflix Tayang Tahun Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: