Sepeda motor listrik terbaru dari Honda, CUV e: (Sumber gambar: Hypeabis.id/ Yudi Supriyanto)

AHM Luncurkan 2 Sepeda Motor Listrik Baru, Honda ICON e: & CUV e:

09 October 2024   |   19:11 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan dua model sepeda motor listrik, Honda ICON e: dan CUV e:, pada acara world premiere di Bekasi, 9 Oktober 2024. Kedua kendaraan ini menambah pilihan bagi masyarakat yang mencari transportasi ramah lingkungan di tengah tren kendaraan listrik yang semakin berkembang.

AHM menyebutkan bahwa peluncuran ini sebagai langkah perusahaan untuk mendukung transisi menuju teknologi tanpa emisi, dengan fokus pada kenyamanan dan keamanan pengendara.

Susumu Mitsuishi, President Director AHM, menekankan bahwa peluncuran tersebut adalah bagian dari upaya perusahaan untuk menghadirkan solusi mobilitas modern yang sesuai dengan harapan konsumen di Indonesia.

"Kami merancangnya dengan inovasi yang mengedepankan kualitas dan standar keamanan tinggi sehingga konsumen akan merasa aman dan nyaman saat berkendara dengan motor listrik Honda, di mana pun mereka berada," ujar Mitsuishi.

Di tengah persaingan ketat kendaraan roda dua bertenaga listrik, dua model terbaru ini menawarkan sejumlah teknologi paling anyar yang terpasang. Berikut spesifikasi Honda ICON e: dan CUV e: 


Honda ICON e:

 

Honda ICON e: (Sumber foto: Honda AHM)

Honda ICON e: (Sumber foto: Honda AHM)


Honda menghadirkan Honda ICON e: untuk konsumen yang mencari fleksibilitas dalam mengendarai sepeda motor listrik. Kendaraan ini menawarkan bodi yang ringan dan kelincahan di jalan raya.

Dengan konsep Advance – Compact, Honda ICON e: cocok untuk penggunaan harian. Kendaraan roda dua ini juga memiliki desain yang advance, clean, dan smart. Kemudian, ban yang terpasang memiliki ukuran 12 inci di depan dan 10 inci di belakang.

Sementara itu, guna memberikan kenyamanan dan fleksibilitas, Honda menyediakan pijakan kaki yang flat. Genhype juga dapat memanfaatkan bagasi dengan ukuran 26 liter untuk menyimpan berbagai barang.

Dari sisi dapur pacu, kendaraan tanpa bahan bakar fosil ini menggunakan motor listrik dengan tenaga maksimal 1,8 kW, sehingga mampu membuat kendaraan melaju hingga 55 kilometer per jam.

Baterai yang tertanam di dek bawah motor juga membuat ICON e: memiliki daya jelajah hingga 53 kilometer dengan sekali pengisian. Kendaran ini juga memiliki pengisian baterai direct charge, yakni langsung ke sepeda motor atau ke baterainya, sehingga memberikan fleksibilitas tinggi dan pengisian daya lebih mudah di mana saja.

Genhype hanya membutuhkan waktu 7 jam 20 menit ketika hendak mengisi baterai dari kapasitas kosong mencapai 100 persen. Sementara itu, pengisian baterai dari kapasitas 25 persen ke 75 persen membutuhkan waktu 3 jam 30 menit.

Dari sisi fitur, kendaraan ini juga memiliki mengemudi mode Econ agar lebih irit baterai dan STD untuk pengalaman berkendara normal. Selain itu, tim juga menyematkan fitur lainnya, seperti USB charger di console box, panel meter full digital, dan lampu teknologi LED.

Honda membanderol kendaraan ini dengan harga Rp28 juta-Rp32 juta untuk on the road (OTR) DKI Jakarta – termasuk pengisi daya.


Honda CUV e:

 

Honda CUV e: (Sumber foto: Honda AHM)

Honda CUV e: (Sumber foto: Honda AHM)


Sementara itu, Honda CUV e: adalah sepeda motor listrik untuk pengendara dalam mendukung produktivitas. Kendaraan ini diklaim memiliki performa tinggi dan teknologi paling anyar. Honda CUV e: menawarkan konsep premium-futuristic.

Dengan begitu, desain yang tersemat dalam Honda CUV e: adalah bergaya premium futuristik dengan sudut tajam di beberapa bagian. Kendaraan tanpa bahan bakar fosil ini juga memiliki velg berukuran 12 inci.

Dari sisi fitur, Honda CUV e: memiliki Honda RoadSync Duo, yani sistem yang memungkinkan kendaraan listrik tersebut terhubung dengan gawai pintar Genhype

Saat berkendara, pengguna juga dapat memilih tiga mode, yakni ECON, STD, dan Sport. Selain itu, kendaraan ini juga memiliki fitur pendukung lain seperti USB type-C charger yang berada di console box untuk pengisian baterai ponsel.

Honda juga menyematkan layar panel TFT yang menampilkan informasi kendaraan, navigasi, pengontrol musik, hingga menerima dan melakukan panggilan. Fitur smart key system khas Honda juga terpasang untuk memaksimalkan fitur keamanan.

Dari sisi dapur pacu, Honda CUV e: memiliki motor listrik dengan tenaga maksimal 6 KW, sehingga membuatnya bisa melaju dengan kecepatan 83 kilometer per jam dan memiliki daya jelajah sampai 80,7 km.

Baterai yang tersemat dalam kendaraan ini adalah Honda Mobile Power Pack e: yang dapat di-swap (ditukar) atau di-charge sendiri dengan off-board charger. Adapun, jumlah baterai yang berada dalam Honda CUV e: sebanyak 2 unit.

Baterai yang terpasang dalam kendaraan dapat terisi dengan penuh dalam waktu enam jam dari kondisi kosong atau 0 persen. Sementara itu, pengisian dari 25 persen menuju 75 persen membutuhkan waktu 2,7 jam atau 160 menit.

Harga kendaraan ini akan berada di rentang Rp53 juta-Rp57 juta dengan perincian besaran unit sebesar Rp33 juta-Rp37 juta ditambah 2 unit baterai MPP e: seharga Rp10 juta setiap unitnya. Sementara itu, harga Honda CUV e: tipe RoadSync Duo berada di antara Rp 57 juta-Rp61 juta.

Harga kendaraan tersebut teridiri dari unit sekitar Rp37 juta-Rp41 juta dan 2 unit baterai MPP e: seharga Rp10 juta setiap unit. Harga kedua kendaraan CUV e: tersebut adalah harga on the road DKI Jakarta.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Dimensity 9400, Chipset Terbaru MediaTek untuk Ponsel Flagship yang Dukung AI Agentik

BERIKUTNYA

Kulit Bayi Rentan Iritasi? Ini Panduan Perawatan yang Aman dan Lembut

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: