Asus ROG Ally X. (Sumber gambar : Asus)

ASUS ROG Ally X Siap Meluncur ke Pasar Indonesia, Cek Spesifikasi & Harganya

09 July 2024   |   18:28 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

ROG Ally X, suksesor dari generasi pertama konsol ASUS, bakal meluncur ke pasar gawai Indonesia. Konsol handheld gaming buatan ASUS Republic of Gamers (ROG) ini sebelumnya mejeng di ajang Computex 2024 di Taipei, awal Juni lalu.

Didesain sebagai handheld gaming PC berbasis Windows 11, ROG Ally X membawa sejumlah upgrade. Mulai dari memori, penyimpanan, baterai, desain, hingga sistem pendinginnya. Meski telah diumumkan secara global, masih belum ada waktu pasti kapan produk gaming ini meluncur di pasar Tanah Air. 

Namun, bagi gamer yang ingin memiliki perangkat anyar ini, bisa menyalakan notifikasi melalui situs ASUS, untuk mendapat informasi ketersediaan di Indonesia. Di sana, Genhype akan diarahkan ke laman log in akun Asus. Masukkan ID dan kata sandi, dan daftarkan diri. 

Baca juga: Cek Spesifikasi & Harga Asus ROG Ally yang Sudah Resmi Meluncur di Indonesia


Spesifikasi ROG Ally X

Dari sisi penyimpanan, ROG Ally X dibekali dengan M.2 2280 PCle Gen4 SSD berkapasitas 1TB, dua kali lipat dari ukuran di ROG Ally sebelumnya. Sementara memorinya memiliki kapasitas 24GB. 

Kapasitas memori yang lebih besar sekaligus lebih kencang, memungkinkan performa gaming yang lebih baik. Pasalnya, performa memori berpengaruh langsung pada performa iGPU Radeon di Ryzen Z1 Extreme. 

Memori 24GB ini juga memungkinan ROG Ally X untuk tampil dengan VRAM sebesar 8GB dan masih menyisakan ruang memori sebesar 16GB untuk gameplay. Adapun, kapasitas baterainya mencapai 80Wh, dia kali lipat dari versi sebelumnya. 

Kapasitas baterai yang besar membuat sesi bermain gim yang lebih panjang. Meski kapasitas baterai, memori, dan penyimpanannya meningkat drastis, ROG Ally X diklaim tetap ringan dengan bobot hanya 678 gram atau 70 gram lebih berat dari versi sebelumnya. 
 

Dari sisi desain, ROG Ally X tampil dengan warna hitam. Konsol ini juga memiliki tombol dan joystick yang didesain ulang sehingga lebih ergonomis dan nyaman untuk digunakan. 

Bagian hand grip-nya dibuat dengan sudut lebih tajam sehingga lebih nyaman saat digenggam. Salah satu perubahan paling mencolok adalah tombol M1 dan M2 yang kini ukurannya lebih kecil dengan posisi yang diperbaiki agar tidak mudah tertekan.

Portanya lebih banyak dan tidak lagi hadir dengan dukungan ROG XG Mobile. Sebagai gantinya, ROG Ally X dibekali dua port USB Type-C yang salah satunya mendukung penggunaan perangkat berbasis Thunderbolt.

Bicara sistem pendingin, ROG Ally X dilengkapi dua kipas khusus dengan ukuran 23 persen lebih kecil dari seri sebelumnya. Meski ukuran kipasnya lebih kecil, performa pendinginan didongkrak berkat kemampuan mengalirkan udara 24 persen lebih baik. Fitur pendinginan tersebut membuat ROG Ally X dapat tampil dengan suhu operasional hingga 6 derajat lebih rendah.

Dengan spesifikasi yang dijabarkan, ROG Ally X dibanderol dengan harga Rp13,9 juta. Genhype berminat beli konsol ini?

Baca juga: Perbandingan MSI Claw 8 AI Plus & ROG Ally X, Konsol yang Mejeng di Computex 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Sinopsis Ular Tangga Dara(h), Serial Thriller Misteri yang Bakal Tayang di Vidio

BERIKUTNYA

Resep Ayam Penyet Cabai Hijau Ala Chef Devina Hermawan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: