Adegan film Hijack 1971 (Sumber foto: Imdb)

Sinopsis Film Korea Hijack 1971, Diangkat dari Kisah Nyata Insiden Pembajakan Pesawat

09 July 2024   |   13:09 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Hijack 1971 akan menjadi salah satu film Korea yang tayang di bioskop Indonesia. Film yang dibintangi Yoo Jin-goo dan Ha Jung-woo ini rilis perdana pada 21 Juni 2024 di negara asalnya, tapi di Indonesia dijadwalkan tayang di CGV pada Agustus 2024. 

Disutradarai oleh Kim Sung-han yang sebelumnya ikut menggarap film-film populer seperti Asura: The City of Madness (2016) dan 1987: When The Day Comes (2017)Hijack 1971 menjadi karya debutnya sebagai sutradara, setelah sebelumnya menempati kursi asisten. 

Deretan aktor dan aktris yang membintangi film ini adalah Ha Jung-woo, Yeo Jin-goo, Sung Dong-iI, Chae Soo-bin, hingga Lim Se-mi. 

Baca juga: 5 Drama dan Film Seru Tayang di VIU Juli 2024, Ada Good Partner dan Alpha Girls

Hijack 1971 diangkat dari kisah nyata insiden pembajakan penerbangan Korean Airlines Fokke F-27. Pada 23 Januari 1971, pesawat yang mengangkut 55 penumpang disusupi seorang pembajak, yang di dalam film bernama Yong Dae.

Tidak berselang lama setelah pesawat lepas landas, Yong Dae masuk ke ruang kokpit pesawat membawa bom rakitan. Dia meminta pesawat agar terbang ke Korea Utara untuk menemui sang kakak yang dituduh membelot. 

Mengikuti kisah aslinya, Hijack 1971 juga mengisahkan seorang pria Korea Selatan bernama Yong Dae (Yeo Jin-goo) yang memiliki masa lalu kelam. Dia naik pesawat menuju Seoul dan menjalankan misinya untuk melakukan pembajakan demi memulihkan kehormatan keluarganya, sebab kakaknya dituduh membelot ke Korea Utara.

Penerbangan dipimpin oleh Kapten Kyu-sik (Sung Dong-iI). Dia bersama pramugari Ok Soon (Chae Soo-bin) berusaha mengendalikan situasi. Mereka sangat berhati-hati sebab Young Dae membawa bom yang bisa mengancam keselamatan seluruh penumpang. Namun, kapten Kyu-sik dan Ok Soon tidak bisa menenangkan Yong Dae.

Pasalnya Yong Dae tidak seperti pembajak-pembajak lainnya yang menginginkan imbalan uang, tuntutannya terbilang sulit bahkan mustahil dipenuhi awak pesawat. Young Dae ingin pesawat lepas landas di Korea Utara.

Situasi dalam pesawat makin kacau setelah bom diledakkan. Saat itu, masuklah Tae-in (Ha Joon-wa), seorang mantan pilot yang ikut mengambil alih. Akankah mereka semuanya selamat? 
 

Nah Genhype, banyak yang penasaran dengan film Hijack 1971 lantaran untuk pertama kalinya, Yeo Jin-goo memerankan karakter antagonis. Aktor kelahiran 1997 tersebut melakoni peran sebagai pembajak yang tak terkendali dan mengancam keselamatan seluruh penumpang dan awak pesawat.

Mengutip Soompi, Jin-goo mengaku karakternya kali ini sangat menantang. “Sulit bagiku mengendalikan perasaan saat bertindak (di film ini) karena aku harus mengancam orang lain menggunakan senjata. Aku mencoba yang terbaik tidak mengagungkan penjahat, tapi mengekspresikan dengan cara terbaik,” ujarnya.

Film Hijack 1971 tayang perdana di negara asalnya pada 21 Juni 2024. Dilaporkan Variety, film ini sukses menempati posisi kedua box office pada pekan kedua penayangannya dengan pendapatan sekitar US$3,36 juta. Kabar bahagianya, Hijack 1971 tidak hanya tayang di Korea Selatan, melainkan di 10 negara sekaligus. Negara lain yang telah lebih dulu menayangkannya, yakni Taiwan di tanggal yang sama 21 Juni 2024.

Sementara jadwal rilis untuk penonton global melalui Sony Pictures, dimulai Amerika Serikat, Kanada, dan Vietnam pada Juli. Disusul Malaysia, Hongkong, dan Indonesia di bulan Agustus, serta Thailand di bulan Oktober.

Adapun di Indonesia, Hijack 1971 akan diputar di bioskop CGV. Kabar ini telah diumumkan oleh CGV melalui laman Instagram resmi mereka. Namun, belum ada tanggal pasti terkait perilisan film yang diadaptasi dari kisah nyata itu. 

Baca juga: 8 Film Indonesia Dapat Sorotan di Festival Film BIFAN Korea Selatan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

70+ Kunci Jawaban Teka-teki MPLS 2024

BERIKUTNYA

Anime Terbaik 2024 yang Harus Ditonton, Ada Frieren & Kaiju No. 8

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: