Pertunjukan Inkana feat Imada (Sumber gambar: Hypeabis.id/ Yudi Supriyanto)

Suasana Hangat & Intim dalam Pertunjukan Inkana feat Imada Bertajuk Walking With Lily

07 July 2024   |   08:45 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Konser seniman Inka Soemitra atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Inkana berjalan dengan penuh kehangatan, keintiman sekaligus keseruan. Sang seniman kerap berinteraksi dan bercanda secara akrab dengan para penonton yang hadir di pertunjukannya. 

Bekerja sama dengan seniman Imada, Inka berhasil membius para penonton dalam pertunjukan intimate dengan tajuk Walking With Lily, yang diadakan di That’s Life Coffee, Jakarta. Suaranya yang merdu dan permainan gitar dari Imada membuat peserta kerap ikut bernyanyi. 

Mereka juga terlihat enjoy menggerakkan kepala mengikuti nada-nada dan lirik yang dinyanyikan oleh sang seniman. Suasana malam Jakarta yang sedang hujan pun membuat lantai 2 That’s Life Coffee terasa begitu hangat.

Suasana demikian bergitu terasa saat Inka menyanyikan lagu-lagu tentang cinta dan kenangan pada masa lalu. Misalnya lewat lagu "Hujan" yang diciptakannya sendiri atau "Maybe You’ll be There" yang dinyanyikan oleh Diana Krall. 

Baca juga: Begini Cerita Awal Mula Keluarga Cemara Dijadikan Pertunjukan Drama Musikal

Lagu "Hujan", yang dibuat pada 2023, bertutur kisah tentang kenangan akan situasi, pengalaman, atau perasaan yang pernah ada. Namun, seseorang ingin merasakan atau mengenang perasaan itu. “Berharap bisa tersampaikan kepada seseorang. Namun, tidak tahu caranya. Dia berharap bisa menyampaikannya lewat hujan,” ujarnya. 

Selain membawakan lagu sendiri yang sudah rilis dan lagu musisi lain, Inka juga membawakan karya yang tidak pernah direkam dan diluncurkannya. Dia mengungkapkan banyak menulis lagu dan kerap tidak direkam. Baginya, lagu adalah media untuk bercerita. Jadi, dia suka menulis lagu karena ingin menumpahkan isi hati dan pikiran. “Ingin bercerita apa yang ada di hati,” katanya.

Ya, dalam pertunjukan itu, Inka yang bernyanyi memang seperti sedang bercerita. Dia bercerita banyak hal lewat lagu yang dibawakan. Selain tentang rasa cinta kepada pasangan, dia juga “bercerita” tentang sang ayah yang dicintainya dan telah tiada.

Pertunjukan musisi jaz itu juga terasa hangat lantaran candaan dan interaksi yang terjadi antara Inka, Imada, dan juga para penonton. Gelak tawa dan celetukan begitu terdengar “renyah” dalam pertunjukan itu..

Penonton juga mendapatkan suguhan cerita-cerita pengalaman personal yang dimiliki oleh Imada, selain permainan gitarnya yang menawan. Tidak hanya itu, penonton yang hadir juga mendapatkan kesempatan mendengarkan lagu ciptaan dari sang seniman berjudul "Aku Kan Love You".

Lagu yang berisi lirik dengan bahasa campuran, antara Inggris dan Indonesia itu tidak dapat dilepaskan dari kondisi masyarakat yang kerap memadukan dua bahasa dalam percakapan sehari-hari. Dalam karya itu, Imada bercerita tentang perasaan cinta kepada seorang wanita. Karya yang disajikan itu membuat banyak orang tersenyum.

Tidak hanya itu, mereka juga ikut bernyanyi bersama dengan Imada. Pertunjukan Inkana feat Imada juga yang terasa begitu hangat juga tidak dapat dilepaskan dari set yang tersaji, dengan latar suasana malam Jakarta yang sedang hujan dan dapat terlihat dari kaca di belakang tempat pertunjukan.

Lampu-lampu yang tidak terlalu terang, suasana malam, dan lagu-lagu yang dibawakan membuat pertunjukan yang berlansung sekitar 2 jam itu terasa sangat cepat.

Inka mengungkapkan, pertunjukan intimate yang berlangsung di Jakarta itu memiliki tema Walking With Lily bukan tanpa alasan. Lewat tajuk itu, dia memiliki berbagai macam harapan terhadap kehidupan yang akan dijalani pada masa yang akan datang.

Menurutnya, Lily yang dimaksud dalam tema itu adalah bunga. Bunga ini menjadi pilihan lantaran merepresentasikan kesucian dan kebaruan. Jadi, Lily menggambarkan permulaan yang baru bagi diri sendiri. Dia ingin menjalani awal yang baru dengan lebih santai, pasrah, dan damai.

Untuk diketahui, Inkana merupakan musisi jazz yang telah menelurkan beberapa single sejak berkarya pada 2017. Beberapa lagu antara lain "Not Tonight", "Layang-Layang", dan "Hujan", yang belum lama ini dirilis di beberapa platform musik digital, termasuk YouTube, Spotify, dan Apple Music.

Baca juga: Komunitas Salihara & Goethe Institut Bawa Pertunjukan Bertajuk Hutan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Profil Patricia Piccinini, Suguhkan Karya-karya Unik di Pameran Museum MACAN

BERIKUTNYA

Rekap Hasil Pertandingan Perempat Final EURO 2024, Jerman Tumbang hingga Inggris Melaju

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: