ilustrasi skincarae. (Sumber foto: Nati Melnychuk/Unsplash)

Ingin Kembangkan Brand Skincare Sendiri? Segini Modal yang Perlu Disiapkan

07 February 2023   |   06:30 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Peluang bisnis bisa datang dari mana saja. Beberapa waktu belakangan, kita melihat bagaimana produk perawatan wajah dan kecantikan lokal terus bertambah. Bagi Genhype yang ingin memulai bisnis serupa, kini tidak perlu repot harus memiliki pabrik atau teknologi sendiri untuk meracik produk yang pastinya membutuhkan dana besar.

Sebab kalian bisa memanfaatkan jasa maklon yang dapat meracik dan memproduksi produk kecantikan untuk dikembangkan. Apalagi, bisnis kecantikan dan perawatan wajah ini memang telah menjadi salah satu peluang bisnis yang menggiurkan.

Salah satu perusahaan maklon yang telah dipercaya oleh lebih dari 1000 brand untuk memproduksi berbagai jenis produk kecantikan adalah PT Nose Herbalindo yang telah berdiri sejak 2016 lalu.

Baca juga: Kisah Servasius Bambang Pranoto yang Sukses Kembangkan Bisnis Minyak Kutus Kutus

General Marketing & Product Development PT Nose Herbalindo Sri Rahayu Widya Ningrum mengatakan meski ada ratusan hingga ribuan brand kecantikan yang menggunakan jasa mereka tetapi formulasi antara brand yang satu dan lainnya berbeda.

“Masing-masing brand memiliki formulasi yang kelebihan dan keunikan yang membuatnya spesial dan  membedakannya dengan brand lainnya,” ujar wanita yang akrab disapa Ayu ini di sela acara seminar eksklusif PT Nose Herbalindo.

Lantas berapa investasi yang harus disediakan oleh brand yang ingin membuat produknya di Nose Herbalindo?

Ayu mengatakan untuk membantu para pelaku usaha pemula mengembangkan bisnis skincare, pihaknya meluncurkan paket bisnis untuk 5 produk seharga Rp100 juta sudah termasuk produk dan packaging. Mulai dari day cream, night cream, toner, facial wash, hingga serum dengan jumlah per produk minimal 1.000 buah.

Jika tidak memiliki modal sebesar itu, calon klien cukup mengeluarkan modal sekitar Rp20 juta hingga Rp30 juta untuk membuat satu jenis produk dengan jumlah pemesanan minimal 1.000 buah sudah termasuk produk dan kemasan.

“Sebetulnya minimal pemesanan per produk adalah 3.000 buah, tetapi pada saat cosmobeaute 2022 kemarin kami meluncurkan paket promo untuk 1.000 buah tetapi mereka hanya bisa menggunakan formulasi yang sudah ready, tidak bisa request,” jelasnya.

Biasanya untuk membuat satu produk dibutuhkan waktu sekitar 5 hingga 7 bulan mulai dari riset, menemukan formulasi yang tepat, melalui proses uji klinis, pengemasan, mendapatkan sertifikat dari BPOM, hingga siap jual dan diantarkan ke warehouse customer.

Saat ini, Nose sudah memiliki pabrik di Sunter dengan luasan 1 hektare. Seiring makin pesatnya pertumbuhan bisnis brand-brand kecantikan yang menggunakan Nose sebagai maklon mulai dari Somethinc, Evershine, Teratu, Everwhite, n’Pure dan lain sebagainya, pihaknya siap menambah pabrik baru yang berlokasi di Bogor dengan luas mencapai 5 hektare.

“Saat ini kapasitas produksi kami untuk pabrik di Sunter sekitar 500.000 sampai 1 juta buah per bulan. Dengan adanya pabrik baru harapannya kapasitas produksi bisa meningkat berkali lipat. Kami juga terus memperbaharui teknologi dan inovasi produk serta bahan aktif yang digunakan,” ucapnya.

Selain memproduksi dan membantu membuat packaging, pada 2023 ini pihaknya juga siap membantu klien yang ber maklon di Nose untuk dapat berbisnis dengan hasil maksimal dengan membantu mempromosikan setiap produk yang launching di akun media sosial Nose.

Termasuk mengadakan seminar yang dapat membantu para mitra meningkatkan keterampilan pemasaran online, dan mempromosikan produknya secara efektif melalui  TikTok.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

5 Alasan Kalian Perlu Upgrade ke Smartphone Baru

BERIKUTNYA

Intip 5 Profil Seniman Muda yang Karyanya Hadir di Art Jakarta Gardens 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: