Film dengan biaya produksi termahal di dunia. (Sumber: disney.com.au)

5 Film dengan Biaya Produksi Termahal Sepanjang Masa

02 July 2024   |   23:00 WIB
Image
Alya Hafilah Salsabila Mahasiswa Universitas Padjadjaran

Ketika menilai kualitas film, mayoritas kalian pencinta sinema pasti akan berbicara plot cerita yang memukau hingga para pemerannya memiliki kemampuan akting menakjubkan. Namun, pernahkah kalian memikirkan berapa uang yang digelontorkan production house untuk membuat film tersebut?

Dalam produksi suatu film, production house pasti akan mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Bahkan, terdapat beberapa film dengan biaya produksi selangit dengan nominal yang akan membuat Genhype melongo.

Baca juga: Daftar Film Hollywood dengan Rating Tertinggi Versi Rotten Tomatoes Sepanjang Semester I/2024

Apa saja film-film tersebut? Yuk, simak daftar film dengan biaya produksi termahal yang dirangkum dari NME.


1. Star Wars: The Force Awakens (2015)

Film ini dinobatkan sebagai film dengan biaya produksi termahal oleh NME. Meskipun tanpa pengaruh inflasi sekalipun, film pertama dari trilogi sekuel Star Wars ini menelan biaya sebesar US$447 juta atau sekitar Rp7 triliun. 

Selain menampilkan visual yang memukau, alasan dibalik mahalnya biaya produksi film ini juga disebabkan oleh deretan artis ternama yang turut membintangi film ini, seperti Harrison Ford, Carrie Fisher, Mark Hamill, dan masih banyak lainnya. Film ini meraup keuntungan mencapai US$2 miliar, sehingga modal yang dibayarkan pada pada film ini sejalan dengan hasilnya.


2. Jurassic World: Fallen Kingdom (2018)

Dilansir dari NME, film ini menelan biaya yang tidak jauh dari Star Wars: The Force Awakens, yaitu senilai US$432 juta. Dikutip dari Cosmopolitan, meskipun film ini disebut gagal oleh para kritikus, nyatanya film tetap dapat meraup keuntungan lebih dari US$1 miliar. 


3. Star Wars: The Rise of Skywalker (2019)

Tidak hanya produksi pertamanya yang menelan biaya produksi terbanyak, seri terakhir dalam trilogi Star Wars ini turut menelan biaya yang tak kalah banyaknya. Dengan keuntungan mencapai lebih dari US$1 miliar, film ini memakan anggaran produksi yang mencapai US$416 juta.


4. Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides (2011)

Meskipun sudah lebih 10 tahun sejak penayangan pertamanya, film ini masih menjadi salah satu film dengan biaya produksi termahal sepanjang masa. Menelan biaya sebesar US$379 juta, film ini dapat meraup keuntungan sebesar US$241 juta.

Salah satu hal menarik yang mendorong tingginya biaya produksi film ini adalah kolaborasinya dengan duo pemain Gitar Meksiko, Rodrigo Y Gabriela, bersama dengan komposer terkenal, Hans Zimmer, yang menciptakan soundtrack di film ini.


5. Avengers: Endgame (2019)

Film terlaris ke-3 di dunia ini mengeluarkan anggaran hingga US$356 juta. Dengan total keuntungan mencapai lebih dari US$2,7 miliar, film ini bukan hanya menutup biaya produksi tetapi juga mencetak sejarah sebagai film terlaris sepanjang masa.

Film ini sukses memecahkan banyak rekor box office, seperti menarik 30 juta–35 juta penonton di Amerika Utara untuk minggu pertama penayangan, trailer film dengan pemutaran terbanyak dalam 24 jam, film tercepat yang mencapai US$100 juta di box office, film tercepat yang mencapai US$2 miliar, film dengan penjualan tiket pra-pemutaran terbanyak (US$120 juta–US$140 juta), dan masih banyak lagi. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

7 Makanan Khas Semarang Yang Memanjakan Lidah

BERIKUTNYA

Film Harta, Tahta, Boru Ni Raja Angkat Budaya Batak & Keindahan Danau Toba

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: