7 makanan khas Semarang yang memanjakan lidah. (Sumber foto: Instagram/@wingkobabatmenikosemarang)

7 Makanan Khas Semarang Yang Memanjakan Lidah

02 July 2024   |   16:27 WIB
Image
Wildan Adil Hilba Mahasiswa Universitas Budi Luhur Jakarta

Semarang, ibu kota Provinsi Jawa Tengah, selalu menjadi destinasi favorit para wisatawan saat liburan panjang tiba. Namun, ketika membicarakan tentang Semarang, makanan apa yang langsung terlintas di benak Genhype? Mungkin saja lumpia.

Selain lumpia, ternyata Semarang memiliki sederet makanan lezat lainnya yang siap menggugah selera dan memanjakan lidah. Bagi kamu yang ingin merasakan kelezatan kuliner khas Semarang, ada banyak pilihan menarik yang patut dicoba.

Baca juga: 7 Rekomendasi Glamping di Semarang dengan Pemandangan Estetis

Dari makanan tradisional yang legendaris hingga hidangan modern dengan sentuhan lokal, Semarang menawarkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Yuk kita telusuri beberapa rekomendasi makanan khas Semarang yang pasti akan membuat perjalanan kuliner kalian semakin berkesan.


1. Roti Ganjel Rel 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Toko Oen (@tokooen.id)


Roti ganjel rel, atau yang juga dikenal sebagai roti gambang, adalah salah satu kue legendaris dari Semarang. Keunikan roti ini sudah dikenal sejak zaman Hindia Belanda, di mana roti ganjel rel sering menjadi menu sarapan favorit orang-orang Belanda yang tinggal di Semarang. Dinamakan roti ganjel rel karena bentuknya yang menyerupai bantalan rel kereta, roti ini memiliki tekstur yang padat dan khas.

Aroma kayu manis yang kuat menjadi ciri utama dari roti ini, menjadikannya begitu lezat dan memikat. Jika kamu ingin mencicipi makanan khas Semarang ini, kunjungi saja toko roti atau pusat oleh-oleh di Semarang, di mana roti ganjel rel mudah ditemukan.


2. Wingko Babat 

Wingko babat adalah salah satu makanan khas yang sangat terkenal dari Semarang. Kue tradisional ini terbuat dari campuran beras ketan, kelapa muda, dan gula, yang kemudian dipanggang hingga matang. Rasanya manis dengan sentuhan gurih dari kelapa muda, membuatnya menjadi camilan yang sempurna untuk dinikmati bersama teh atau kopi.


3. Nasi Ayam Semarang 

 

Salah satu makanan khas yang tak boleh dilewatkan saat berada di Semarang adalah nasi ayam Semarang. Seperti namanya, hidangan ini terdiri dari nasi yang disajikan bersama lauk ayam. Adapun, yang membuat nasi ayam Semarang berbeda dengan versi dari daerah lain adalah kuah opor kuning yang khas, yang digunakan untuk menyiram nasi dan lauknya.


4. Soto Semarang 

Bagi pencinta makanan berkuah, soto Semarang adalah pilihan kuliner yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi kota ini. Makanan khas Semarang ini terdiri dari bihun, tomat, tauge, bawang goreng, dan perkedel. Soto Semarang dituangi dengan kuah bening kecoklatan yang khas. Rasanya yang lezat dan segar membuat soto Semarang menjadi favorit banyak orang.


5. Tahu Gimbal

 

Tahu gimbal adalah salah satu makanan khas yang terkenal dari Semarang. Dinamai 'gimbal' karena tahu ini digoreng dengan adonan tepung yang kriuk-kriuk dan dihidangkan dengan udang goreng. Biasanya, tahu gimbal disajikan bersama kol mentah, telur rebus, tauge, lontong, dan disiram dengan saus kacang serta bumbu petis.


6. Bandeng Presto

Bandeng presto merupakan salah satu pilihan makanan yang tidak boleh dilewatkan saat berada di Semarang. Makanan ini terbuat dari ikan bandeng yang dimasak menggunakan panci presto, sehingga membuat tulangnya menjadi lunak dan bisa dimakan dengan mudah. Bandeng presto sangat nikmat dinikmati bersama nasi hangat dan sambal.


7. Babat Gongso

Salah satu pilihan makanan khas Semarang yang patut dicoba adalah babat gongso. Makanan ini dibuat dari babat yang direbus dan dipotong kecil-kecil, kemudian ditumis dengan bumbu gongso yang khas. Proses selanjutnya melibatkan tambahan kecap, kaldu jamur, gula merah, dan cabai, yang semuanya menciptakan cita rasa yang kaya dan menggugah selera.

Nah itu dia rekomendasi makanan khas Semarang yang bisa Genhype coba. Kalian sudah coba makanan khas Semarang yang mana saja nih?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Fakta Menarik film Janji Darah, Kisah Nyata Teror Gaib Pasangan Muda yang Mencekam

BERIKUTNYA

5 Film dengan Biaya Produksi Termahal Sepanjang Masa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: