Bulu Tangkis (Sumber Foto: Freepik)

PBSI & CBA Rilis Penyebab Meninggalnya Atlet Bulu Tangkis Muda Zhang Zhi Jie

01 July 2024   |   16:24 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Kabar duka datang dari dunia olahraga internasional. Zhang Zhi Jie pebulu tangkis putra asal China, meninggal dunia saat berlaga dalam BNI Badminton Asia Junior Championship (BAJC) 2024, Minggu (30/6.2024) pukul 23.20 WIB. Atlet muda tersebut berpulang di usia 17 tahun.

Zhang Zhi Jie sendiri merupakan wakil China di ajang BNI Badminton Asia Junior Championship (BACJ) 2024. Acara tersebut sudah berjalan sejak Jumat, 28 Juni 2024 di GOR Amongrogo, Yogyakarta. Turnamen ini rencananya akan berakhir pada Selasa, 2 Juli 2024.

Baca juga: Penyakit Jantung Mulai Didominasi Kalangan Muda, Ini Pentingnya Deteksi Dini

Pebulutangkis muda tersebut bermain pada sektor tunggal putra nomor beregu. Dalam BAJC 2024 nomor beregu, Zhang Zhi Jie mewakili China bergabung di Grup D babak penyisihan bersama Jepang, Singapura, dan Hong Kong. Pada laga terakhirnya, Zhang Zhi Jie melawan Kazuma Kawano asal Jepang. 

Asosiasi Bulu Tangkis China (CBA) dan Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) merilis pernyataan mengenai penyebab meninggalnya Zhang Zhi Jie. Saat ini pihak rumah sakit setempat belum mengetahui penyebab penyakit tersebut. Mereka terus menjalin kontak dengan Federasi Bulu Tangkis Asia, Panitia Penyelenggara Kejuaraan Bulu Tangkis Remaja Asia, dan pihak-pihak di Indonesia secara tepat waktu.

Berdasarkan kronologi kejadiannya, Zhang Zhi Jie dan Kazuma berpartisipasi dalam pertandingan terakhir babak penyisihan grup kompetisi tim. Keduanya telah menyelesaikan separuh laga di gim pertama. Hanya saja, saat paruh kedua gim pertama dalam kedudukan 11-11, pertandingan dihentikan karena Zhang Zhi Jie tiba-tiba pingsan di lapangan.
 

Pemimpin tim China, pelatih, dokter tim, penerjemah, dan staf medis dari panitia penyelenggara segera memberikan pertolongan pertama dan melarikannya ke rumah sakit tepat waktu. Namun, Zhang Zhi Jie tak tertolong lagi. 

"Dia dibawa dengan ambulans siaga dalam waktu kurang dari dua menit untuk dilarikan ke rumah sakit," tulis pernyataan CBA dan PBSI.

Zhang Zhi Jie dinyatakan meninggal dunia pada pukul 23.20 WIB, Minggu (30/6/2024). Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti penyebab meninggalnya pebulu tangkis muda dari China itu.

Kejadian ini menjadi pukulan telak untuk dunia bulu tangkis. Terlebih, Zhang Zhi Jie merupakan salah satu atlet bintang China karena prestasinya yang membanggakan. Sepanjang kariernya dia tekah menjuarai berbagai turnamen kelompok usia baik nasional dan tingkat dunia.

Badminton Asia dan PBSI sendiri telah menyampaikan bela sungkawa mendalam atas meninggalnya Zhang Zhi Jie. Mereka menyebut dunia bulutangkis telah kehilangan sosok bertalenta. Sementara itu, Kazuma Kawano dinyatakan menang WO di laga sektor tunggal putra China vs Jepang. Namun, pada akhir pertandingan China dapat mengalahkan Jepang dengan skor tipis 3-2.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

4 Perbedaan Mencolok Game MOBA Honor of Kings dan Mobile Legends

BERIKUTNYA

Spesifikasi Realme Note 60 Muncul di Geekbench, Bakal Diperkuat Chipset Entry Level

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: