Suasana festival literasi dan pasar buku Patjar Merah Kecil di Pos Bloc Jakarta. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Patjar Merah Ketjil 2024: Simak Rangkaian Acara hingga Cara Akses dengan Transportasi Umum

29 June 2024   |   21:31 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan liburan sekolah, salah satunya mengunjungi acara yang menyenangkan sekaligus edukatif. Jika kalian mencari kegiatan semacam itu, datanglah ke festival Patjar Merah Ketjil yang berlangsung pada 29 Juni hingga 7 Juli 2024 di Pos Bloc Jakarta.
 
Menjadi gelaran perdana, Patjar Merah Kecil atau disingkat Patjar Kecil, adalah festival kecil dan pasar buku yang dirancang untuk anak-anak, belia, dan keluarga. Di acara ini, pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan mulai dari membaca dan berbelanja buku, mendengarkan dan menulis dongeng, workshop penulisan, berdiskusi, hingga menonton pertunjukan. 

Baca juga: Patjar Merah Kecil Perdana Digelar, Jadi Ruang Literasi Seru untuk Anak
 
Sama seperti agenda festival kecil literasi dan pasar buku keliling Patjar Merah yang selama ini dikenal, Patjar Kecil juga menghadirkan bursa buku yang menarik untuk dikulik. Ada sekitar 6.000 judul buku yang dihadirkan, dengan beragam jenis mulai dari buku anak-anak, remaja, ilmu tentang pengasuhan, hingga umum. Dengan begitu, baik anak-anak, belia maupun orang dewasa bisa mencari buku sesuai kebutuhannya.
 
Penggagas Patjar Merah Windy Ariestanty mengatakan melalui acara Patjar Merah Kecil, pihaknya berusaha menjadi wadah perjumpaan bagi semua pihak yang ingin berkontribusi memgembangkan literasi anak. Hal itu pun terwujud dengan banyaknya relawan, pemerhati, komunitas hingga penerbit buku anak yang terlibat dalam acara ini, untuk saling terhubung dan bersenang-senang bersama melalui berbagai kegiatan.
 
Patjar Kecil hadir untuk mendukung upaya kolektif pengembangan literasi anak yang mencakup regenerasi pembaca, regenerasi pencipta (kreator), dan regenerasi narasi. Menurut Windy, pergantian peran dalam dunia literasi, salah satunya dalam bidang perbukuan, harus terus diupayakan jika ingin ekosistemnya hidup secara berkelanjutan.
 
"Kami sadar betul bukan hanya regenerasi penulis yang perlu diupayakan terus menerus dan beramai-ramai, tapi juga regenerasi pembaca. Dan itu semua dimulai sejak dini serta dari ruang keluarga. Untuk bisa membangun generasi yang lebih manusiawi, harus dimulai dari dini," katanya saat ditemui Hypeabis.id di Pos Bloc Jakarta, Sabtu (29/6/2024).
 
 

Rangkaian Acara Patjar Kecil 2024

Tak hanya menghadirkan ribuan judul buku dari sejumlah penerbit Indonesia, Patjar Kecil juga menyajikan beragam kegiatan yang diharapkan bisa menjadi pilihan alternatif kegiatan libur sekolah bagi kawan kecil, belia dan keluarga. 
 
Beberapa acara yang menarik diantaranya menelusuri kawasan bersejarah Pasar Baru yang akan berlangsung pada 30 Juni 2024, saling bertukar cerita tentang buku-buku kesukaan, diskusi bersama sejumlah penerbit sebagai wadah bagi calon penulis, kegiatan membaca lantang dengan komunitas Kayabaca, serta sejumlah acara mendongeng yang seru dan mampu melatih imajinasi.
 
Tak hanya itu, ada pula agenda lain seperti workshop membuat kolase dengan Zine Lab, kelas membuat makanan dan berbagai tokoh lewat seni kertas, diskusi cara menjadi kreator konten, jelajah kuliner di Pasar Baru, workshop dongeng, hingga kegiatan membuat mainan dari bahan-bahan daur bekas seperti kardus.
 
Bukan cuma untuk anak, sejumlah agenda juga disiapkan untuk para belia hingga orang tua, seperti terapi seni dengan melukis, diskusi seru seputar pengasuhan anak dan manajemen keluarga, serta sejumlah obrolan inspiratif yang menghadirkan berbagai tema seputar diri dan keluarga dengan menghadirkan sejumlah praktisi dan pakar.
 
Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa mengecek rangkaian acara Patjar Merah Kecil 2024 lewat link berikut ini.
 

Suasana festival literasi dan pasar buku Patjar Merah Kecil di Pos Bloc Jakarta. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)

Suasana festival literasi dan pasar buku Patjar Merah Kecil di Pos Bloc Jakarta. (Sumber gambar: Hypeabis.id/Arief Hermawan P)


Aturan di Patjar Merah Ketjil 2024

Patjar Merah Ketjil akan berlangsung pada 29 Juni hingga 7 Juli 2024, dan akan diselenggarakan pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB tiap harinya. Untuk menikmati seluruh acara di Patjar Ketjil Merah, pengunjung tidak perlu membeli tiket masuk alias gratis.
 
Meski begitu, ada sejumlah aturan yang perlu diketahui oleh pengunjung di Patjar Merah Ketjil, yakni pihak penyelenggara tidak menyediakan kantong plastik sehingga pengunjung diimbau untuk membawa tas belanja sendiri. Namun, jika pengunjung berbelanja minimal Rp300.000, akan mendapatkan tas belanja gratis selama persediaan masih ada.
 
Selain itu, pengunjung juga diminta untuk senantiasa menjaga kebersihan dan kenyamanan bersama selama dia area festival, dengan membuah sampah di tempatnya serta tidak merokok di sekitar lokasi Patjar Ketjil. 
 
Satu hal yang perlu diketahui lagi, jika pengunjung ingin mengikuti sesi acara di Patjar Ketjil, perlu melakukan registrasi terlebih dahulu melalui laman patjarmerah.com/patjarkecil. Hal ini diperlukan lantaran kapasitas tiap sesi acara terbatas.


Akses ke Patjar Kecil dengan Transportasi Umum

Patjar Kecil berlangsung di Pos Bloc, Pasar Baru, Jakarta Pusat yang memiliki lokasi strategis, serta mudah dijangkau oleh transportasi umum, seperti kereta rel listrik (KRL) dan TransJakarta.
 
KRL
Dari arah Bogor dan Depok bisa langsung naik KRL rute Stasiun Jakarta Kota. Nantinya, kalian bisa turun di Stasiun Juanda yang paling dekat dengan lokasi Pos Bloc. Sementara jika dari arah Bekasi dan Tangerang bisa naik dari Stasiun transit Manggarai, lalu pindah peron ke jalur KRL Jakarta Kota dan turun di Stasiun Juanda.
 
TransJakarta (TJ)
Jika menggunakan TransJakarta, kalian bisa menuju ke Halte Pasar Baru dengan rute TJ 7F, 10H, 2ST, dan 8. Nantinya, kalian tinggal turun di Halte Pasar Baru. Keluar dari Halte TransJakarta Pasar Baru, hanya perlu jalan sedikit ke Lobi Timur sampai menemukan lobi Pos Bloc.
 
Selain itu, kalian juga bisa menuju Halte Transjakarta Juanda dengan rute JIS3, 7F, 8A, M2, M8, 2, 2ST, 5C, T12, 10H, dan 8. Nantinya, kalian tinggal turun di Halte Transjakarta Juanda. Keluar dari Halte TransJakarta Juanda, hanya perlu jalan sekitar 350 meter yang ditempuh dengan waktu hanya 5 menit.
 
 
Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Cerita Felix K Nesi Garap Naskah Monolog Di Tepi Sejarah Tokoh Francisca Casparina

BERIKUTNYA

Pameran Surakusuma - Mangkunegaran Art Garden Dibuka, Kolaborasi Seni Kontemporer & Kebudayaan Jawa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: