Google Drive (Sumber gambar: Freepik/ijeab)

Cara Mengatasi Penyimpanan Google Drive Penuh 

26 June 2024   |   17:02 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Pada era serba digital seperti sekarang, penyimpanan awan (cloud) telah menjadi alat yang sangat diperlukan guna menampung berkas/fail (file) digital, sehingga bisa diakses di mana saja dan kapan saja. Salah satu layanan cloud yang paling populer kiwari adalah Google Drive. 

Layanan awan milik Google ini menawarkan para penggunanya cara yang mudah untuk menyimpan, mengakses, sampai berbagi fail dari mana saja dengan koneksi internet. Perusahaan bahkan memberikan ruang penyimpanan gratis dalam jumlah terbatas -sebesar 15GB- untuk tiap akun Google yang dibuat. 

Baca juga: 6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Perangkat Penyimpanan Tambahan 

Jumlah ini tidak bisa dibilang besar untuk ukuran storage cloud, mengingat masyarakat modern saat ini sudah sangat terkoneksi dengan internet dan melakukan berbagai hal secara digital. Untuk itulah, perusahaan menawarkan layanan berbayar yang memberi kapasitas ruang lebih besar. 

Namun, bagi kalian yang ingin menghemat bujet, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyimpanan Google Drive yang penuh. Cobain terapin yuk! 

Baca juga: Memori Penyimpanan Penuh? Coba Dulu Langganan Google One 2 TB Gratis, Begini Caranya
 

1. Identifikasi ruang penyimpanan 

Melakukan identifikasi atau pengecekan ruang penyimpanan merupakan hal penting pertama yang harus dilakukan. Tujuannya adalah untuk memahami data dan berkas apa saja yang ada di Google Drive kalian. 

Caranya, masuk ke bagian “Penyimpanan” di pengaturan, dan akan terlihat klasifikasi penyimpanan apa saja yang menghabiskan banyak ruang. Dari sini, kalian bisa mengecek lebih lanjut apakah ada fail yang sudah tidak diperlukan. 
 

2. Periksa fail berukuran besar 

Setelah melakukan pengecekan ruang penyimpanan, untuk memudahkan proses mengosongkan Google Drive, cek data-data yang berukuran besar terlebih dahulu. Fail besar yang sudah tidak diperlukan bisa dihapus atau dipindah ke memori internal gawai. 

Untuk mengetahui hal ini, Genhype bisa memanfaatkan fitur pencarian di Google Drive dan melakukan penyortiran berdasarkan ukuran file. Setelah melakukan filter ini, kalian juga bisa menghapus dokumen lain berdasarkan ukuran guna meminimalkan pemakaian ruang penyimpanan. 
 

3. Kosongkan folder spam 

Sering kali, pengguna lupa bahwa ada folder bernama Spam (sampah) di akun Gmail, yang terkoneksi langsung ke penyimpanan. Berbagai dokumen yang ada di folder ini nyatanya juga memakan ruang penyimpanan di Google Drive, dan kerap kali jumlahnya tak sedikit karena jarang dihapus. 

Untuk mengosongkannya, kalian tinggal masuk ke akun Gmail, klik folder Spam di menu utama di sebelah kiri layar. Jika tidak ada, klik menu Lainnya dan menu Spam akan muncul. Selanjutnya, tinggal pilih Hapus Semua Pesan Spam Sekarang untuk mengosongkan ruang penyimpanan. 
 

4. Bersihkan Google Photos 

Google juga menyertakan Photos dalam penyimpanan gratis Google Drive kalian. Padahal, seperti diketahui, foto dan video memakan lebih banyak ruang ketimbang dokumen berbasis teks. Apalagi, jika kalian mengambil gambar dengan resolusi yang tinggi. Oleh karena itu, penting juga untuk mengecek aplikasi yang satu ini. 
 

5. Unduh dokumen ke komputer 

Jika Genhype sudah melakukan semua hal ini, tapi ternyata data digital yang dimiliki memang terlalu banyak sehingga Google Drive menjadi penuh, kalian bisa mengunduh seluruh item dan menyimpannya di komputer. 

Biasanya, komputer modern memiliki memori penyimpanan internal yang cukup besar, plus kalian bisa menambah penyimpanan eksternal dengan ukuran yang sesuai kebutuhan, dan dengan format yang diinginkan (baik itu HDD maupun SSD). 

Setelah mengunduh dokumen foto, video, teks, dan yang lainnya, hapus item tersebut dari akun Google Drive kalian dan kosongkan tempat sampah untuk memastikan ketersediaan ruang penyimpanan. 

Baca juga: Cara Menghapus Cache Chrome yang Bikin Penuh Penyimpanan Ponsel & PC

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Spoiler One Piece 1119, Aksi Joy Boy dan Robot Kuno

BERIKUTNYA

Film Pantaskah Aku Berhijab Jadi Proyek Eksplorasi Drama Religi Sutradara Hadrah Daeng Ratu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: