Tankaman Natural Park (Sumber gambar: Instagram.com/tankaman.kaliurang)

Trekking Santai Berlatar Kemegahan Merapi di Tankaman Natural Park

26 June 2024   |   07:35 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Sleman, Yogyakarta masih menjadi destinasi andalan bagi penyuka gunung dan perbukitan. Sebab, kabupaten yang populer dengan salak pondoh ini terkenal dengan banyaknya pegunungan eksotis seperti Gunung Ngampon, Gunung Curu, Gunung Turgo, dan masih banyak lagi.

Salah satu gunung termegah yang bisa dinikmati dari Sleman adalah Gunung Merapi. Berbatasan juga dengan Klaten, Boyolali, dan Magelang, Merapi tak hanya bisa dinikmati dari kaki lerengnya saja. Gunung ini punya pesona cantik disaksikan dari sisi lain. 

Pemandangan indah itu bisa dilihat dari taman asri yakni Tankaman Natural Park. Seperti namanya, taman yang dikelola mandiri oleh warga setempat ini dibiarkan tumbuh dan hidup natural mengikuti habitatnya. Tankaman Natural Park memungkinkan pengunjungnya melihat bentangan indah lereng Merapi dari sebelah Selatan. 

Baca juga: Cek Atraksi Estetis dan Harga Tiket di Argowisata Bhumi Merapi
 

Tankaman Natural Park (Sumber gambar: Instagram.com/tankaman.kaliurang)

Tankaman Natural Park (Sumber gambar: Instagram.com/tankaman.kaliurang)

 Keindahan Merapi terpampang nyata dari depan Tankaman Natural Park. Menariknya, kemegahan Merapi ini dapat disaksikan di antara pohon sengon dan mahoni yang menambah cantik pemandangan di depan mata. Sekitar pembatasnya pun terdapat pagar cantik dari batang kayu cokelat yang estetis. Keaslian lanskap alam yang asri memberi daya tarik tersendiri bagi siapa pun yang mengunjungi lokasi ini.
 
Di area taman yang landai, pengunjung bisa menapak dan menjajaki rumput-rumput asli di balik megahnya pepohonan rindang. Pengunjung bisa duduk bersantai sembari menikmati udara sejuk.

Tak kalah menyenangkan, kegiatan lain yang bisa dijajal di taman ini adalah trekking. Pengunjung bisa menikmati alam asri Tankaman dengan menjelajah berbagai rute trekking yang disediakan. Melewati sungai, hutan, hingga tanah menanjak tentu cocok bagi para penggemar trekking yang menyukai aktivitas menantang.
 

Tankaman Natural Park (Sumber gambar: Instagram.com/tankaman.kaliurang)

Tankaman Natural Park (Sumber gambar: Instagram.com/tankaman.kaliurang)

Tak cukup dengan trekking yang seru, pengunjung pun bisa melakukan kegiatan camping. Sebab, taman ini juga menyediakan area perkemahan yang luas dan nyaman.

Bermalam di Tankaman Natural Park bakal menyenangkan dengan melihat bintang-bintang yang begitu jelas dari ketinggian.Saat pagi tiba, kabut indah tampak menyelimuti latar gunung yang eksotik, ditemani suasana alam hijau yang asri yang cocok untuk melepas penat dari hiruk pikuk kota.
 
Taman asri ini juga memiliki berbagai spot foto yang menarik dan instagramable untuk diunggah di media sosial. Saat melintasi Tankaman Natural Park, pengunjung akan menemui banyak wisata mulai dari suasana hutan, air hujan, latar gunung Merapi, hingga jembatan gantung di atas sungai yang memesona.
 
Pengunjung dapat memasuki wilayah Tankaman Natural Park secara gratis. Biaya retribusi seikhlasnya mungkin dibutuhkan saat memasuki wilayah ini. Namun, untuk ber-camping dan melakukan aktivitas lainnya, pengunjung perlu merogoh kocek tertentu. Untuk berkemah, siapkan dana Rp25.000 per orang, sementara untuk melakukan trekking dibanderol dengan harga Rp160.000 untuk 4 orang.
 
Destinasi wisata ini dapat diakses dengan jarak tempuh 30 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Diperlukan waktu sekitar 1 jam 30 menit dengan melewati rute Jalan Magelang, menuju Jalan Jogja-Turi. Teruskan jalan hingga menuju ke Kaliurang Timur untuk sampai di Tankaman Natural Park.

Baca juga: Menikmati Pesona Ufuk Pantai Tanjung Kesirat di Yogyakarta

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Solois Afrika Selatan Tyla Jadi Headliner Baru di LaLaLa Fest 2024

BERIKUTNYA

Tak Cuma Kompetisi & Apresiasi, Festival Film Jadi Wadah Membuka Peluang Kolaborasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: