Album vinyl. (Foto: https://www.freepik.com)

Cek Album Musik Vinyl Terbaru yang Layak Dikoleksi

30 June 2024   |   00:05 WIB
Image
Fajar Sidik Hypeabis.id

Di tengah ingar bingar industri musik digital, sebagian penggemar musik justru masih senang menikmati alunan lagu favoritnya dalam bentuk album rekaman fisik. Bukan hanya soal nostalgia, cara ini dianggap memiliki kepuasan tersendiri, terutama dari kulitas suaranya yang cukup berbeda dibandingkan dengan mendengarkan musik secara online.

Selain kaset, belakangan album rekaman fisik dalam bentuk vinyl alias piringan hitam mulai banyak digandrungi kembali para penikmat musik dari berbagai kalangan usia, hingga menciptakan pasar tersendiri bagi industri musik konvensional maupun pasar sekundernya menjadi lebih hidup.

Baca juga: Mengintip Pameran Arsip Benyamin Suaeb, Ada Koleksi Vinyl dan Pita Kaset Lagu-lagu Bang Ben

Koleksi album vinyl lama maupun album remaster eksklusif yang dirilis ulang oleh perusahaan rekaman saat ini juga menjadi barang rekaman fisik yang banyak dicari. Banyak juga perusahaan rekaman label indie yang merilis koleksi album vinyl kompilasi lagu terbaik berdasarkan kurun waktu tertentu, seperti 1970an hingga 1990a. 

Nah buat kalian yang tertarik untuk ikut mengoleksi album piringan hitam dan menikmati musik dengan cara yang berbeda, bisa mulai mencobanya dengan memilih beberapa album remaster maupun album baru yang relate dengan kalian generasi zaman now. Yuk simak daftar koleksi album vinyl terbaru berikut ini.


1. Album Bintang Lima, Dewa (Remastered 2023)

Aquarius Musikindo merilis kembali album Dewa berjudul Bintang Lima (remastered 2023) dalam bentuk album vinyl dan album digital. Aquarius menyebut versi remastered ini merupakan jawaban bagi para penggemar fanatik Dewa, yang banyak sekali me-request di media sosial, meminta versi Remastered dan Vinyl untuk album ini.

Album Bintang Lima ini merupakan koleksi yang paling dinantikan fans Baladewa karena semua mastering suara dilakukan di studio Sterling Sound AS oleh Senior Mastering Engineer Randy Merrill yang merupakan pemenang Grammy. 

Sebagai informasi, Bintang Lima merupakan album kelima grup band rock legendaris Indonesia yang digawangi Ahmad Dhany dan Andra Ramadan ini melahirkan banyak hit pada masanya, seperti lagu Roman Picisan, Dua Sejoli, Risalah Hati, Cemburu, Lagu Cinta, Sayap-Sayap Patah, Separuh Napas dan lagu lainnya.

Dalam album ini, Dewa mulai mengelaborasi gaya bermusik yang berbeda dengan kehadiran vokalis baru Elfonda Mekel (Once) yang memiliki lengkingan suara tinggi dan karakter suara yang berdeda dari Ari Lasso. Meski begitu, album tersebut tetap sukses dan masuk dalam daftar 150 Album Indonesia Terbaik versi majalah Rolling Stone Indonesia.


2. Album Ada Apa Dengan Cinta? (AADC), Melly Goeslaw & Anto Hoed

Album soundtrack dari film tentang romansa masa muda milenial ini akan mengajak kembali para penggemar AADC bernostalgia tentang kisah Rangga dan Cinta. Lagu AADC karya Melly Goeslaw dan Anto Hoed ini merupakan original soundtrack paling sukses pada masanya dan masih menjadi lagu favorit anak gaul 2000an hingga saat ini.

Selain lagu utama AADC, album ini juga melahirkan sejumlah hit legendaris seperti lagu Tentang Seseorang yang dinyanyikan dalam dua versi, yaitu oleh Anda, vokalis band Bunga, dan versi Dian Sastro yang memerankan karakter Cinta dalam film tersebut.

Kini, karya legendaris album Ada Apa Dengan Cinta? yang berumur 22 tahun ini resmi rilis dalam bentuk Remastered 2024 dan disertai dengan rilisan fisik berbentuk vinyl.

 

.

.

3. Album Ari Lasso

Album Ari Lasso merupakan sebuah album yang merangkum perjalanan karya terbaik dari sang legenda. Kini, album tersebut dirilis dalam format vinyl dan juga digital audio remastered 2024. Format album tersebut menjadi buah karya paling diimpikan oleh mantan vokalis Dewa 19 ini karena dianggap sangat melekat dengan sosok Ari sendiri.

Seluruh lagu dalam album ini menampilkan evolusi suara dan gaya bernyanyi Ari Lasso sepanjang kariernya. Dari karya terakhir hingga hits terlawas sukses menyuguhkan lagu-lagu yang penuh perasaan dan lirik yang menyentuh hati, serta alunan melodi yang merdu. 

Setiap lagu merupakan cerita dari setiap bab kehidupan Ari Lasso, seperti lagu-lagu hitnya yang berjudul Hampa, Penjaga Hati, Nelangsa, hingga Cinta Sejati merupakan mahakarya yang melekat dengan perjalanan hidupnya.

Baca juga: Hypereport: Pameran No Music, Noise! Hadirkan Sampul Vinyl Album Populer Dunia

Seluruh audio dari album Ari Lasso remastered 2024 ini memiliki kualitas sangat jernih dan jelas, setelah audionya diramu langsung oleh pemenang Grammy Awards Randy Merrill dari Sterling Sound, Edgewater, NJ – Amerika.
 

SEBELUMNYA

Sutradara Timo Tjahjanto Garap Sekuel Nobody yang Dibintangi Bob OdenKirk

BERIKUTNYA

Cek Riset Terbaru tentang Tren Pasar Luxury di Asean

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: