ilustrasi (sumber gambar : Halodoc)

6 Program Kesehatan yang Bikin Karyawan Auto Betah

17 April 2024   |   22:00 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Seusai libur panjang Lebaran, para karyawan kini kembali ke rutinitas di dunia kerja. Namun, berbagai aktivitas selama Lebaran serta perjalanan mudik dapat memengaruhi stamina karyawan saat kembali bekerja. Dalam kondisi ini, dukungan yang memadai terhadap kesehatan karyawan menjadi kian penting untuk diperhatikan oleh perusahaan.

Salah satu studi menunjukkan bahwa program kesehatan yang diberikan perusahaan dapat meningkatkan produktivitas karyawan hingga 60 persen, dan mengurangi tingkat ketidakhadiran hingga 19 persen. 

Baca juga: Ribuan Calon Dokter Spesialis Mengalami Gejala Depresi, Begini Kata Pakar Kesehatan

Lantas, apa saja ya program kesehatan yang menarik bagi para karyawan? Berikut beberapa jenis program kesehatan yang menarik bagi karyawan seperti dikutip dari keterangan Haloinfo dari Halodoc.


1. Medical check-up

Medical check-up merupakan contoh program kesehatan preventif yang dapat dilakukan perusahaan untuk menjaga kesehatan karyawan. Melalui medical check-up secara rutin, perusahaan dapat mengelola kondisi kesehatan karyawan dengan optimal, termasuk mendeteksi dini penyakit atau potensi penyakit dari karyawan sehingga dapat diantisipasi dengan cepat.

Meski demikian, temuan Grand View Research (2022) menunjukkan bahwa baru 26,65?ri total medical check-up yang dilakukan di Asia berasal dari segmen perusahaan.


2. Vaksinasi

Selain medical check-up, vaksinasi juga kini menjadi benefit yang penting dipertimbangkan perusahaan untuk membantu karyawan mengurangi risiko keparahan berbagai penyakit. Ke depan, seiring dengan peningkatan produktivitas perusahaan, diharapkan semakin banyak perusahaan yang memfasilitasi karyawan dalam benefit kesehatan seperti medical check-up hingga vaksinasi.

Chief Operating Officer Halodoc, Veronica Utami menjelaskan, benefit kesehatan yang bersifat preventif semakin penting bagi karyawan masa kini, sehingga layanan Home Lab & Vaksinasi di Halodoc dapat menjadi bagian dari solusi strategis perusahaan dalam menjaga kesehatan dan produktivitas SDM-nya.


3. Fasilitas kelas olahraga atau gym

Hasil penelitian dalam jurnal PLOS One menunjukkan bahwa aktivitas fisik dikaitkan dengan fungsi kognitif yang lebih baik. Oleh karena itu, penyediaan fasilitas kelas olahraga atau gym dapat membantu perusahaan mempromosikan fungsi kognitif yang lebih baik di antara karyawan.

Peningkatan fungsi kognitif ini akan meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan serta kemampuan mereka untuk menuangkan ide-ide baru bagi perusahaan.


4. Layanan konseling untuk kesehatan mental

Karyawan yang memiliki kesejahteraan mental yang baik biasanya lebih terfokus, kreatif, dan produktif. Dengan kehadiran layanan konseling kesehatan mental, karyawan dapat berkonsultasi dengan konselor yang dapat membantu mereka mengatasi rintangan yang mengganggu kinerja dan produktivitas mereka.


5. Pemberian booster vitamin secara rutin

Berbagai jenis vitamin memberikan manfaat yang positif bagi kesehatan individu dengan mengurangi risiko penyakit, terutama karena kemampuannya dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Salah satu vitamin yang sangat penting untuk dikonsumsi secara teratur adalah vitamin C. Vitamin ini berperan sebagai agen anti inflamasi yang efektif dalam melawan kerusakan oksidatif, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.


6. Penyediaan peralatan kantor yang mendukung active lifestyle

Studi dari American Cancer Society menunjukkan keterkaitan antara durasi duduk dengan peningkatan risiko kematian dini.Oleh karena itu, penyediaan peralatan kantor seperti standing desk bagi karyawan dapat menjadi langkah preventif yang efektif.

Selain itu, perusahaan juga dapat menyediakan fasilitas seperti kursi pijat dan hand exerciser grip untuk mengurangi kelelahan dan menjaga kesehatan karyawan, sehingga produktivitas mereka tetap optimal.

Dengan memastikan karyawan sehat secara fisik maupun mental, maka produktivitas karyawan dapat ditingkatkan. Hal tersebut pada akhirnya dapat membantu perusahaan untuk berkembang di tengah kondisi yang semakin dinamis.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Tren Wisatawan Lebih Memilih Hotel Berkualitas Meski Harga Mahal

BERIKUTNYA

Soora Music Festival Bandung Jadi 2 Hari, Agnez Mo hingga Mahalini Siap Beraksi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: