Preview Apple Intellegence (Sumber foto: Apple)

Genhype Wajib Coba, iOS 18 Beta 1 Siap Dinikmati Pengguna iPhone

20 June 2024   |   08:30 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Setelah diumumkan pada acara Worldwide Developers Conference 2024, iOS 18 Beta 1 sudah bisa diunduh pada perangkat iPhone XS ke atas Juli 2024. Pembaruan ini memberi kesempatan bagi para penggemar Apple untuk mencoba fitur-fitur baru yang akan ditawarkan sebelum perilisan resminya.

Sebagai rangkuman, operational system terbaru di Apple ini memiliki segudang fitur, mulai dari yang kecil, hingga peningkatan pesat untuk aksesibilitas dan privasi. Salah satunya adalah aplikasi password khusus yang dapat menyimpn kata kunci akun, WI-FI, hingga kode verifikasi. 

Baca juga: Perbedaan Apple Intelligence & Samsung Galaxy AI, Mana Lebih Canggih?

Apple Intelligence menjadi fitur utama yang disorot sebagai fitur paling revolusioner. Kegunaannya diintegrasikan ke berbagai fitur lainnya, seperti Genmoji, yaitu kustomisasi emoji sesuai dengan keinginan pengguna. Ada juga peningkatan dalam Writing Tools yang bisa mengoreksi, merangkum dan melakukan parafrase pada pesan. 

Selain itu, iOS 18 menghadirkan tampilan baru untuk ikon aplikasi. Ikon aplikasi dan widget tampil lebih ramping dengan tampilan gelap yang baru. Kamu bisa mewarnai semuanya dengan warna apa pun, atau biarkan iOS menyarankan warna yang melengkapi wallpaper kamu. Kamu juga bisa membuat ikon aplikasi dan widget tampil lebih besar.

Namun sebelum antusias mencoba fitur-fitur baru ini, Genhype harus ketahui dua hal terlebih dulu. Pertama, apakah iPhone kamu sudah mendukung iOS 18 Developer Beta, dan apakah akun Apple ID yang diggunakan sudah terdaftar di Apple Developer Program. 

Sebagai langkah pertama, perbarui ponsel ke rilis terbaru, yakni iOS17.5.1, namun  Apple juga memberi opsi agar iOS 16.4 juga bisa mengunduh iOS 18 Beta 1 sebagai pembaruan over-the-air (OTA). Dengan begitu, jika sudah selesai mencoba fitur-fitur iOS 18 Beta 1,  Genhype bisa kembali ke iOS 17, meski harus melakukan backup data di iCloud terlebih dahulu agar aman. 

Perlu diingat bahwa iOS 18 Beta 1 tidak diperuntukan untuk diunduh pada perangkat utama, karena diperuntukan sebagai tester untuk umum. Pembaruan OTA  juga membutuhkan penyimpanan yang cukup, jadi pengguna yang sudah memasang iOS17.5.1 akan lebih diutungkan. 

Untuk mendaftarkan Apple ID ke Apple Developer Program, Genhype bisa membukan situs Apple Developer program, kemudian klik menu account. Dari situ, login dengan masukan email atau nomer telpon yang sudah terhubung dengan Apple ID. Baca dan setujui semua persetujuan, kemudian klik submit

Setelah kedua langkah penting tersebut sudah dilakukan, begini cara selanjutnya untuk mengunduh  iOS 18 Beta 1 pada iPhone:

1. Buka Settings > General > Software Update.
2. Masuk ke Beta Updates, dan pilih iOS 18 Developer Beta.
3. Kembali ke menu Software Update dan klik Download and Install setelah muncul menu iOS 18 Beta.
4. Masukkan kata sandi.
5. Setujui syarat dan ketentuan.
6. Tunggu pembaruan iOS 18 Developer Beta hingga selesai dan melakukan proses reboot (sekitar 10-15 menit tegantung stabilitas koneksi).

Baca juga: Apple Intelligence Akhirnya Rilis, Ada Fitur Apa Saja?

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

4 Rekomendasi Film Horor Disturbing yang Wajib Ditonton

BERIKUTNYA

Revisi UU Penyiaran Dinilai Mengancam Kreativitas Sineas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: