Apple Intellgence (Sumber foto: Apple)

Apple Intelligence Akhirnya Rilis, Ada Fitur Apa Saja?

12 June 2024   |   08:03 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Seiring berjalannya waktu, artificial intelligence (AI) makin sering diimplementasikan di berbagai perangkat terbaru. Termasuk raksasa teknologi, Apple, yang kini memperkenalkan AI mereka bernama Apple Intellgence, di acara Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024 dengan tagline “AI for the rest of us.”

Melansir dari Apple, AI baru ini akan kompatibel dengan semua perangkat Apple yang sudah menginstal iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia. Fitur-fitur yang ditawarkan juga bukan main-main, diklaim mampu memahami konteks pribadi untuk menyederhanakan dan mempercepat tugas sehari-hari, dengan memanfaatkan kekuatan Apple Silicon. 

“Pendekatan unik kami menggabungkan AI generatif dengan konteks pribadi pengguna untuk memberikan kecerdasan yang benar-benar bermanfaat. [Apple Intelligence] juga bisa mengakses informasi itu dengan cara yang sepenuhnya pribadi dan aman untuk membantu pengguna melakukan hal-hal yang paling penting bagi mereka,” ujar Tim Cook, CEO Apple. 

Baca juga: Apple Rilis Sistem Operasi macOS Sequoia dengan 6 Fitur Baru Lebih Canggih

Tentu dengan ini perilisan ini, Apple benar-benar ingin mengedepankan keamanan saat penggunanya menggunakan fitur AI terbaru ini. Karena privasi menjadi topik hangat  yang sering dibahas dalam perkembangan AI sejauh ini. Mengingat bahwa banyak orang yang masih takut jika AI mampu mengambil dan mengolah data pribadi mereka. 

Lantas, bagaimana perusahaan teknologi terbesar di dunia ini mampu mengatasi ketidakpercayaan itu? Simak penjelasan dari semua fitur terbaru yang ditawarkan oleh Apple Intelligence. 
 

1. Private Cloud Compute

Fitur Private Cloud Compute memastikan semua request dari pengguna dilakukan pada perangkat itu saja, yang disebut sebagai on-device processing. Hal ini memungkinkan sebuah perangkat Apple untuk menjalankan request yang lebih kompleks dan membutuhkan banyak daya pemrosesan.

Tak hanya itu, fitur ini secara kriptografis memastikan bahwa iPhone, iPad, dan Mac tidak berbicara dengan server lain, kecuali software miliknya sudah dicatat secara publik untuk mudah diperiksa. 
 

2. Genmoji

Dengan Genmoji, pengguna bisa menciptakan emoji custom sesuai prompt yang diberikan beserta beberapa opsi lainnya. Namun hal yang paling mengejutkan dari fitur ini adalah opsi untuk membuat khusus Genmoji teman dan keluarga berdasarkan foto mereka.

Sama seperti emoji, Genmoji buatan Genhype bisa digunakan untuk mengirim pesan, dibagikan sebagai stiker, atau reaction dalam fitur Tapback. 
 

3. Image Playground

Jika fitur Genmoji menciptakan emoji custom, fitur Image Playground bisa menciptakan foto AI berdasarkan prompt yang diberikan. Di sini, pengguna bisa memilih 3 gaya, yakni Animation, Illustration, atau Sketch. Sama seperti Genmoji, fitur ini bisa mengubah foto teman atau keluarga sebagai foto AI Generated. 

Untuk pengguna iPad, ada juga fitur bernama Image Wand, yang bisa merubah mendeteksi sketsa dan kata pada aplikasi Notes untuk menciptakan gambar baru. Fitur ini akan aktif dengan membuat membuat lingkaran menggunakan Apple Pencil.

Berkat integrasi dengan pesan dan memiliki aplikasi khusus sendiri, para pengguna Apple tidak perlu lagi menggunakan program AI eksternal seperti Midjourney lagi untuk menciptakan gambar. 
 

4. Siri & Integrasi ChatGPT  

Siri akan jauh lebih canggih berkat integrasinya bersama program ChatGPT, yang memungkinkannya untuk memahami bahasa pengguna dengan natural dan penuh konteks. Jadi para pengguna tidak perlu lagi mengunduh aplikasi ChatGPT pada iPhone mereka. 

Sebagai gambaran untuk peningkatan yang signifikan ini, Siri sekarang bisa mendapatkan informasi dari aplikasi lain, foto, dan dokumen. Bahkan bisa memahami konteks jika pengguna berbicara dengan kurang jelas atau menyebutkan informasi yang salah. 

Berkat integrasi dengan ChatGPT, sekarang semua pesan bisa dikoreksi (struktur kata dan tipo), diparafrase, dan dirangkum sebelum dikirimkan. Ini juga bisa mengeliminasi kebutuhan untuk tools parafrase lainnya. 

Jika ingin menggunakan Siri tanpa berbicara, sekarang pengguna bisa mengetik request mereka dengan keyboard. Selain peningkatan fitur, akan ada cahaya yang membungkus tepi layar saat Siri aktif digunakkan.
 

5. Priority Notifications

Natural Language Recognition milik Apple Intelligence juga bisa digunakan untuk menciptakan notifikasi yang lebih ringkas dan mudah dimengerti. Misalnya email yang luar biasa panjang sekarang bisa dirangkum menjadi 1-2 kalimat saja. Fitur ini juga berlaku untuk merangkum pesan dari satu individu atau grup chat yang sedang aktif. 
 

6. Memory Movie

Jika sebelumnya Apple menciptakan movie dari galeri secara otomatis, kini pengguna bisa membuatnya dengan prompt tertentu. Selanjutnya, Apple Intelligence akan memilih foto dan video terbaik berdasarkan deskripsi, menyortirnya, kemudian menyusunnya menjadi sebuah video dengan alur ceritanya sendiri.

Tak hanya itu saja, pengguna juga akan diberikan pilihan musik yang cocok dengan movie tersebut dari Apple Music. 

Baca juga: Cek Daftar iPhone yang Dapat Pembaruan iOS 18

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Link & Cara Cek Pengumuman Hasil UTBK SNBT 2024

BERIKUTNYA

Cara Menggunakan Template Winamp yang Viral di Instagram Stories

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: