Film Sinister (Sumber foto: IMDb)

4 Rekomendasi Film Horor Disturbing yang Wajib Ditonton

20 June 2024   |   07:00 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Horor adalah genre film yang lagi dan lagi memiliki kemampuan untuk menggocek ekspektasi dari para penonton sekaligus kritikus.  Pada dasarnya, ketakutan itu sendiri adalah sesuatu yang berbeda-beda bagi setiap individu.

Ada yang takut pada elemen horor konvensional seperti hantu dan monster, namun juga ada yang suka aspek disturbing, alias menganggu pikiran. 

Baca juga: Sinopsis Film Horor Dosen Ghaib yang Diangkat dari Cerita Viral di Facebook

Berkat daya tarik tersebut, banyak penulis dan sutradara film yang terus memompa keluar segala ide-ide gila mereka demi menciptakan sesuatu yang baru. Meskipun tidak semuanya berhasil, ada beberapa film yang mampu membuat konsep horor tersebut terjebak di kepala para penontonnya.

Entah itu kekerasan psikologis, subjek yang kontroversial, atau gambar yang mengganggu dan mengejutkan, simak empat rekomendasi film horor dengan konsep yang disturbing.
 

1. Tusk (2014)


 
Disutradarai oleh Kevin Smith, Tusk adalah film horor indie dengan fokus thriller psikologi, meski dibalut dengan komedi. Ceritanya sendiri mengikuti Wallace Bryton (Justin Long), seorang podcaster egois dan sombong yang ingin menjelajahi alam liar Kanada untuk mewawancarai seorang pelaut pensiun yang eksentrik bernama Howard Howe (Michael Parks). 

Tanpa sepengetahuan Wallace, Howard ternyata memiliki sebuah ketertarikan aneh terhadap hewan Walrus (anjing laut). Meski mencoba untuk kabur, dirinya tiba-tiba terjebak di rumah Howe dan mengalami serangkaian kejadian aneh yang membuat jiwanya trauma. Sehingga Wallace harus mencari cara kabur, atau menerima nasib buruknya. 

Diproduksi oleh Demarest Films, XYZ Films, SModcast Pictures, serta didistribusikan oleh A24 Films, Tusk meraup keuntungan sebesar US$1,8 Juta dari penjualan tiket di seluruh dunia menurut data dari Box Office Mojo. Michael Parks sendiri berhasil mendapat penghargaan Best Supporting Actor dari Fright Meter Awards 2014 berkat performanya yang aneh dan menakutkan. 
 

2. Hush (2016)


Dikenal memiliki alur cerita tegang, film Hush bercerita tentang kisah Maddie (Kate Seigel), seorang penulis bisu dan tuli yang tinggal di sebuah kabin terpencil. Saat malam hari tiba, seorang pembunuh bertopeng putih (John Gallagher Jr.) berhasil menyelinap masuk tanpa sepengetahuan Maddie. 

Namun dirinya mulai merasakan getaran di seluruh rumahnya, dan sekilas melihat sang pembunuh melalui jendelanya. Menggunakan kecerdasan dan pengetahuan tentang lingkungannya, sang penulis tersebut membela diri dengan berbagai cara. Meskipun tidak dapat mendengar di mana pembunuh akan menyerang, dan tidak dapat berteriak ketika menangkapnya. 

Disutradarai oleh Mike Flinagan dan diproduksi oleh Intrepid Pictures serta Blumhouse Productions, film Hush berhasil mengantongi 2 penghargaan meskipun dirilis secara terbatas. Best Independent Film oleh Rondo Hatton Classic Horror Awards 2016, dan Best Direct Release Horror oleh iHorror Awards 2017. 
 

3. Goodnight Mommy (2014)


Goodnight Mommy adalah film horor psikologis dari Austria yang mengikuti hubungan yang kompleks antara saudara kembar bernama Lukas dan Elias, dan ibunya (Sussane Wuest) yang baru saja kembali dari operasi kosmetik. Meski awalnya terlihat normal, keduanya mulai curiga bahwa ada orang lain dibalik perban tersebut dan bukan ibu kandung mereka.

Seiring berjalannya cerita, keraguan ini semakin meningkat dan ketigannya mulai putus asa untuk mendapatkan kepercayaan dari satu sama lain. Oleh karena itu, Genhype harus memiliki mata yang jeli saat menonton film ini.

Disutradarai oleh duo Severin Fiala dan Veronika Franz, serta diproduksi oleh Ulrich Seidl Film Produktion GmbH, film Goodnight Mommy berhasil mengantongi US$2,2 Juta dari penjualan tiket di seluruh dunia menurut data dari Box Office Mojo. Adapun, film menginspirasi film remake di tahun 2022 dengan jajaran cast dari Amerika Serikat. 
 

4. Sinister (2012)


Film Sinister mengikuti penulis cerita kejahatan kontroversial bernama Ellison Oswalt (Ethan Hawke), bersama  keluarganya yang sedang pindah ke rumah baru. Meski awalnya semua terasa normal, Ellison menemukan sekotak kaset film Super-8 di loteng rumah itu. Dimana kaset tersebut berisikan rekaman pembunuhan keluarga lain oleh sosok bertopeng yang tidak dikenal.

Semakin dia menggali lebih dalam ke dalam misteri tersebut, EllisonEllison juga semakin tidak percaya diri dan terisolasi dari keluarganya. Saking terobsesinya, dia harus menghadapi sang pembunuh yang mulai mengancam keselamatan keluargannya. 

Disutradarai oleh Scott Derrickson, serta diproduksi oleh Blumhouse Productions, film Sinister suskes meraup keuntunan sebesar US$82 Juta dari penjualan tiket di seluruh dunia menurut data dari Box Office Mojo. Serta memenangkan 3 penghargaan dari 14 nominasi bergengsi.

Baca juga: 4 Rekomendasi Podcast Horor Indonesia di Spotify, Berani Dengar Malam Hari?

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Lawang Sewu Night Tour, Petualangan Malam Penuh Sejarah di Semarang

BERIKUTNYA

Genhype Wajib Coba, iOS 18 Beta 1 Siap Dinikmati Pengguna iPhone

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: