Jenjang karir yang tepat akan meningkatkan kepuasan kerja. (Sumber: Paxels)

5 Pilihan Karier Penggemar Kebudayaan dan Bahasa Asing

18 June 2024   |   19:00 WIB
Image
Alya Hafilah Salsabila Mahasiswi Universitas Padjadjaran

Kepuasan kerja dan karir yang sukses erat kaitannya dengan tingkat kebahagiaan dalam bekerja. Memiliki pekerjaan di bidang yang kalian suka pastinya akan membantumu dalam mencapai kepuasan dalam bekerja. Termasuk buat kalian penggemar budaya dan bahasa asing. 

Nah, bagi Genhype yang menyukai pekerjaan di bidang budaya dan bahasa asing, berikut 5 rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk kalian. 

Baca juga: Jasa Penulisan Artikel, Pekerjaan Sampingan yang Menguntungkan


1. Tour Guide

Pekerjaan yang membutuhkan kemampuan berbahasa asing ini memiliki prospek yang luas di Indonesia. Hal ini didukung oleh pernyataan DPR RI mengenai nilai produk domestik bruto (PDB) untuk pariwisata di Indonesia yang mengalami peningkatan sejak pandemi beberapa tahun silam dimana pada 2022, nilai PDB pariwisata di Indonesia mencapai Rp842,3 T. Gaji untuk pekerjaan ini berkisar Rp400.000,00 hingga Rp 1.000.000,00 per klien. 


2. Pramugari

Bagi kalian yang menyukai travel, maka pekerjaan ini cocok untuk kalian. Menjadi pramugari artinya kalian akan melakukan banyak perjalanan ke luar negeri. Kalian akan melihat kebudayaan asing di negaranya secara langsung.

Namun, tingginya jam kerja mungkin akan membuatmu tidak sempat melakukan liburan pada negara-negara yang kalian kunjungi. Meskipun begitu, dengan menjadi seorang pramugari maka kalian akan mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi negara-negara yang masuk dalam wishlist-mu dan merasakan kebudayaan pada negara yang kalian kunjungi. 


3. Interpreter

Interpreter atau penerjemah adalah pekerjaan yang cocok untuk kalian yang menyukai dan fasih berbahasa asing. Tidak hanya menggunakan kemampuan berbahasa, pekerjaan ini juga memungkinkanmu untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Gaji rata-rata seorang penerjemah di Indonesia berkisar dari angka Rp7 hingga 10 juta.


4. Jurnalis Travel

Jika kalian menjadi jurnalis travel, maka kalian harus siap untuk liputan di tempat-tempat wisata atau tempat yang berpotensi menjadi destinasi populer. Bahkan, beberapa jurnalis travel diwajibkan untuk memiliki paspor. Bagi kalian yang menyukai kebudayaan asing, pekerjaan ini dapat menjadi rekomendasi yang cocok karena kalian dapat belajar kebudayaan asing melalui liputan. Tidak hanya liputan dalam negeri, pekerjaan ini juga memungkinkan kalian untuk melakukan liputan di destinasi internasional, lho!


5. Konsultan Travel

Pekerjaan ini cocok untuk kalian yang menyukai kebudayaan asing namun juga menyukai bekerja di ruang tertutup. Pekerjaan ini mengharuskan kalian untuk memahami kebudayaan asing di berbagai negara karena pekerjaan ini akan dituntut memberikan rekomendasi destinasi wisata dalam suatu negara, penginapan, tempat makan, hingga memberikan informasi mengenai layanan transportasi yang dapat diakses pada negara tersebut.

Menyukai kebudayaan dan bahasa asing sebenarnya adalah sebuah bekal dalam bekerja, lho! Dengan menyukai kebudayaan dan bahasa asing, maka kalian akan memiliki rasa pengetahuan yang tinggi terhadap budaya dan bahasa negara terkait. Artinya, dengan pengetahuan dan kemampuan tersebut, maka akan banyak peluang pekerjaan yang terbuka untuk Genhype.

Baca juga: 6 Pekerjaan yang Cocok untuk Seorang Introvert

Editor: Dika  Irawan

SEBELUMNYA

5 Cara Mengatasi Leher Tegang & Kaku Setelah Kebanyakan Makan Daging Kurban

BERIKUTNYA

7 Destinasi Honeymoon Favorit di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: