Mac Virtual Display mendapat pembaruan dengan hadirnya VisonOS 2 (Sumber gambar: Apple)

Fitur Terbaru VisionOS 2, Foto Spatial sampai Mac Virtual Display

12 June 2024   |   09:31 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu perusahaan raksasa teknologi dunia, yakni Apple meluncurkan VisionOS 2, yang merupakan sistem operasi paling anyar untuk Apple Vision Pro. Update ini memungkinkan pengembang memanfaatkan komputasi spasial lebih jauh dengan beragam alat-alat baru.

Dikutip dari laman Apple, Mike Rockwell, Vice President Vision Products Group Apple, mengatakan bahwa Apple Vision Pro memberikan pengalaman revolusioner bagi pengguna dan pengembang. Untuk itu, perusahaan sangat antusias untuk memajukan komputasi spasial lebih jauh lagi dengan visionOS 2, hanya beberapa bulan sejak peluncuran perdananya.

"Dari menavigasi visionOS 2 dengan lebih lancar hingga mendorong batasan cara pengguna terhubung dengan memori, serta penyempurnaan pada aplikasi utama Vision Pro, kami tidak sabar menunggu pengguna dapat merasakan berbagai kemampuan baru visionOS 2,” ujarnya. 

Baca juga: Apple Intelligence Akhirnya Rilis, Ada Fitur Apa Saja?

Dia menambahkan, visionOS 2 membuat Vision Pro semakin canggih dengan seperangkat tools tangguh yang memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi spasial menjadi lebih kaya. 

Dengan sistem operasi terbaru tersebut, para pengguna Vision Pro juga akan mendapati cara canggih untuk membuat foto spasial dengan gambar yang sudah ada di perpustakaan, sampai gerakan tangan yang intuitif untuk mengakses informasi penting dengan mudah dalam sekejap. 

Tidak hanya itu, sistem operasi itu juga membuat para pengguna dapat menikmati fitur baru untuk Mac Virtual Display, Mode Perjalanan, dan Pengguna Tamu. 
 

Sistem operasi VisionOS2 (Sumber gambar: Apple)

Sistem operasi VisionOS2 (Sumber gambar: Apple)

Rockwell menuturkan, pengguna Vision Pro juga dapat dengan cepat dan mudah menemukan foto spasial favorit di aplikasi Foto yang telah didesain ulang, mengelola informasi di semua akun mereka dengan aplikasi Kata Sandi yang baru, mengakses alat privasi baru di Safari, dan merasakan kemampuan baru di aplikasi populer – termasuk Apple TV dan Mindfulness. 

Dengan lebih dari 2.000 aplikasi spasial yang didesain untuk Apple Vision Pro, dan lebih dari 1,5 juta aplikasi iOS dan iPadOS yang kompatibel, visionOS 2 memungkinkan pengembang untuk memanfaatkan komputasi spasial lebih jauh melalui sejumlah tools baru.Selain itu, sistem operasi ini juga mempermudah pembuatan pengalaman aplikasi baru yang lebih volumetrik dan dapat dibagikan.

Berikut sejumlah fitur dalam VisionOS 2: 
 

Foto spasial

Dengan visionOS 2, pengguna dapat mengunjungi kembali kenangan masa lalu dengan membuat foto spasial langsung dari perpustakaan di aplikasi Foto. VisionOS menggunakan machine learning canggih untuk mengubah gambar 2D menjadi foto spasial yang tampak nyata di Vision Pro. 

Tidak hanya itu, kalian juga dapat berbagi foto spasial dengan orang-orang terkasih untuk dilihat di Vision Pro, atau menggunakan SharePlay di aplikasi Foto dengan Persona spasial dan menikmati panorama, video spasial, serta banyak lagi sambil merasa seolah-olah semua orang berada di ruang fisik yang sama. 
 

Navigasi gerakan tangan baru

VisionOS 2 membuat navigasi Apple Vision Pro lebih cepat dan mudah bagi pengguna untuk mengakses fungsi utama dengan gerakan tangan baru. Gerakan anyar ini ditujukan untuk mengakses fitur yang sering digunakan seperti Tampilan Beranda dan Pusat Kontrol.

Gerakan baru memungkinkan pengguna melihat informasi penting secara sekilas, seperti waktu saat ini dan tingkat baterai, serta menyesuaikan volume. 
 

Tools dengan kemampuan anyar 

VisionOS 2 juga membuat tools produktivitas Apple Vision Pro memperoleh kemampuan baru. Pada akhir tahun ini, Mac Virtual Display akan memiliki resolusi lebih tinggi dan ukuran yang juga lebih besar, menciptakan layar ultra-lebar, setara dengan dua monitor 4K yang berdampingan. 

Untuk menciptakan ruang kerja yang sempurna, visionOS 2 juga menambahkan dukungan mouse untuk opsi alur kerja tambahan, dan Vision Pro kini akan menampilkan Magic Keyboard fisik pengguna, bahkan saat sedang asyik di dalam Environment atau aplikasi. 
 

Personalisasi tampilan beranda

Pengguna Vision Pro Apple juga bisa melakukan personalisasi tampilan beranda dengan VisionOS 2. Mereka dapat mengatur ulang aplikasi dan menempatkannya di mana saja sesuai dengan yang diinginkan, termasuk aplikasi iPhone dan iPad yang kompatibel. 
 

Mode Perjalanan kereta api

Fitur paling anyar lainnya dari VisionOS 2 adalah keberadaan mode perjalanan untuk kereta api. Fitur ini membuat para wisatawan bisa menikmati aplikasi favorit saat bepergian, dan melakukan panggilan di Environment seperti Bora Bora untuk mengubah lingkungan fisik mereka.

Saat pengguna ingin berbagi Vision Pro untuk momen-momen tersebut, anggota keluarga atau kolega dapat ditambahkan sebagai Pengguna Tamu dan data mata serta tangan mereka disimpan selama 30 hari. 
 

Mode kereta di VisionOS 2 (Sumber gambar: Apple)

Mode kereta di VisionOS 2 (Sumber gambar: Apple)

API & framework baru

VisionOS 2 menyertakan Antarmuka Pemrograman Aplikasi (Application Programming Interface/API) dan framework baru yang membantu developer mengembangkan aplikasi lebih advance. Para pengembang akan kian mudah membuat aplikasi dan gim yang lebih volumetrik dan memperkenalkan pengalaman baru yang dapat dibagikan. 
 

Safari

Saat di Safari, pengguna dapat menonton video di Environment, termasuk di situs populer seperti YouTube, Netflix, dan Amazon. Saat menelusuri halaman web, pengguna juga dapat mengetuk foto panorama dan menikmati gambar yang mengelilinginya. Siri juga dapat membaca dan mengucapkan konten halaman web saat pengguna melakukan banyak tugas. 
 

Aplikasi Apple TV

Aplikasi Apple TV menghadirkan dukungan multitayangan pada Apple Vision Pro untuk pengalaman menonton olahraga yang menarik. Akhir tahun ini, penggemar akan dapat menonton hingga 5 siaran langsung secara bersamaan, sehingga mereka dapat memantau semua olahraga dan tim favorit. 
 

Aplikasi mindfulness

Aplikasi Mindfulness menyertakan kemampuan baru bernama Follow Your Breathing yang menyajikan animasi visual dan suara dinamis, yang merespons pola pernapasan penggunanya. Aplikas ini memiliki tujuan membantu pengguna mencapai ketenangan dan fokus. 
 

Systemwide teks langsung

Sistem ini membantu semua orang - termasuk pengguna tunarungu atau yang memiliki gangguan pendengaran - mengikuti dialog lisan dalam percakapan langsung dan audio dari aplikasi.

Baca juga: Apple Rilis Sistem Operasi macOS Sequoia dengan 6 Fitur Baru Lebih Canggih

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Perbedaan Apple Intelligence & Samsung Galaxy AI, Mana Lebih Canggih?

BERIKUTNYA

Serial Upin & Ipin Diadaptasi Jadi Game, Bakal Rilis di PS4 dan Nintendo Switch

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: