Timnas Indonesia (Sumber gambar: PSSI)

Sejarah Pertemuan & Line Up Indonesia vs Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026

11 June 2024   |   16:19 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Tim nasional (timnas) Indonesia akan menghadapi timnas Filipina pada matchday keenam Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Duel kedua tim tersebut akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Selasa malam (11/6/2024). 

Dalam pertandingan ini, skuad Garuda membawa misi wajib menang. Sebab, Indonesia membutuhkan tambahan tiga poin untuk memastikan diri lolos ke ronde ketiga sekaligus mendapatkan tiket otomatis ke Piala Asia 2027.

Namun, jika gagal mengalahkan Filipina, Indonesia harus menggantungkan nasibnya kepada pertandingan lain. Kuncinya adalah di laga Irak vs Vietnam yang digelar di Stadion Internasional Basra, pada Rabu 12 Juni pukul 01.00 WIB.

Jika laga tersebut dimenangkan oleh Irak atau berakhir imbang, peluang Indonesia lolos masih terbuka. Namun, skenario ini berisiko, karena Irak sejatinya tak membutuhkan apa-apa lagi lantaran sudah memastikan diri ke babak berikutnya. 

Baca juga: Cara Menonton Gratis Pertandingan Indonesia vs Filipina

Saat ini, timnas Indonesia menempati posisi runner up dengan raihan 7 poin. Posisi Indonesia masih bisa terganti oleh Vietnam yang menempel ketat di peringkat ketiga dengan raihan enam poin. Untuk itu, meraih kemenangan adalah kunci untuk bisa lolos secara otomatis. 

Secara statistik, Indonesia punya banyak catatan positif untuk bisa meraih kemenangan dengan mudah. Dari 25 pertandingan melawan Filipina, Indonesia mampu mengamankan 20 kemenangan. Hanya empat di antaranya yang berakhir imbang dan satu kekalahan.

Raihan tersebut tentu jadi modal yang penting. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, banyak negara di ASEAN mengalami perkembangan yang begitu pesat. Terlebih, Filipina juga termasuk negara yang aktif dalam mengandalkan naturalisasi pemain.

Hasilnya, sudah cukup terlihat. Ketika statistik dikerucutkan hanya menjadi lima pertandingan saja, Indonesia dan Filipina sebenarnya punya kekuatan yang mirip. Sebab, Indonesia dan Filipina sama-sama meraih satu kemenangan, sedangkan tiga lainnya berakhir imbang. 

Bahkan, pada pertemuan terakhir Indonesia vs Filipina yang terjadi dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia 2026, kedua tim ini juga harus puas berbagi angka 1-1. 

Sekarang ini timnas Indonesia mesti fokus pada strategi agar kemenangan bisa didapat pada laga ini. Indonesia dipastikan tanpa Jordi Amat yang absen karena kartu merah melawan Irak. Sebagai penggantinya, kemungkinan Jay Idzes akan menjadi pilihan utama menemani Rizky Ridho dan Hubner di jantung pertahanan tim.

Beberapa perubahan mungkin juga akan dilakukan Indonesia. Hal ini untuk meningkatkan penyegaran dan kreativitas di lapangan. Satu hal lain adalah fans timnas barangkali akan menantikan debut Calvin Verdonk.

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong pun berjanji akan totalitas pada laga super penting ini. Baginya, tidak ada hasil lain yang diharapkan selain kemenangan. “Seperti yang kita tahu, tidak ada tempat lagi untuk kita mundur, tidak boleh juga kita mundur dari sini,” ujar Shin Tae-yong dikutip Hypeabis.id dari laman PSSI


Prediksi Line Up Pertandingan

Indonesia (3-4-3): Ernando Ari; Jay Idzes, Rizky Ridho, Justin Hubner; Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Thom Haye; Marselino Ferdinan, Ragnar Oratmangoen; Rafael Struick. Pelatih: Shin Tae-yong

Filipina (4-2-3-1): Neil Etheridge; Jesper Nyholm, Santiago Rublico, Adrian Ugelvik, Paul Tabinas; Michael Baldisimo, Kevin Ingreso; Alex Monis, Dylan Demuynck, Zico Bailey; Patrick Reichelt. Pelatih: Tom Saintfiet 


Head to Head Indonesia vs Filipina

  • (21-11-2023) Filipina vs Indonesia 1-1
  • (02-01-2023) Filipina vs Indonesia 1-2
  • (25-11-2018) Indonesia vs Filipina 0-0
  • (22-11-2016) Indonesia vs Filipina 2-2
  • (25-11-2014) Filipina vs Indonesia 4-0
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Populer Lagi, Cek 4 Faction di Game Fallout 4

BERIKUTNYA

Cek Daftar iPhone yang Dapat Pembaruan iOS 18

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: