Deretan fitur baru iOS 18 (Sumber gambar: Apple)

Fitur-fitur Terbaru iOS 18, Aplikasi Password sampai Image Playground

11 June 2024   |   13:37 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Selain merilis macOS Sequoia, Apple juga resmi meluncurkan iOS 18. Sistem operasi untuk iPhone ini menampilkan lebih banyak pilihan penyesuaian, perombakan terbesar terhadap desain aplikasi foto, cara baru bagi pengguna mengelola kotak masuk surat elektronik, pesan lewat satelit, dan masih banyak lagi. 

Dikutip dari laman Apple, Senior Vice President of Software Engineering Apple Craig Federighi mengatakan bahwa manajemen sangat antusias memperkenalkan sistem operasi seluler terbarunya, iOS 18. 

“Sistem operasi Ini adalah rilis besar dengan fitur-fitur luar biasa, termasuk tingkat penyesuaian dan kemampuan baru, aplikasi Foto dengan desain baru, dan cara-cara yang luar biasa untuk tetap terhubung melalui Pesan. Ada begitu banyak kegunaan bagi semua orang,” katanya. 

Baca juga: Apple Rilis Sistem Operasi macOS Sequoia dengan 6 Fitur Baru Lebih Canggih

Dia menambahkan, peluncuran ini juga menandai dimulainya era baru kecerdasan personal yang sangat menarik dengan Apple Intelligence yang memberikan pengalaman intuitif, andal, dan langsung terasa kegunaannya. Teknologi itu itu akan mengubah pengalaman individu ketika menggunakan iPhone. Namun, tetap mengutamakan privasi.

Dalam iOS 18, pengguna akan dapat mengatur aplikasi dan widget di ruang terbuka mana pun di layar Home, menyesuaikan tombol di bagian bawah layar Terkunci, dan mengakses lebih banyak kontrol dengan cepat di Pusat Kontrol.

Kemudian, perpustakaan foto secara otomatis diatur dalam satu tampilan, dan koleksi anyar membuat foto dan video favorit tetap mudah diakses. Sementara itu, Mail menyederhanakan kotak masuk dengan menyortir email ke dalam kategori menggunakan kecerdasan di perangkat. Selain itu, efek teks yang sepenuhnya baru hadir di iMessage. 
Pengguna juga dapat berkomunikasi melalui satelit di aplikasi Pesan ketika koneksi seluler atau Wi-Fi tidak tersedia, dengan dukungan teknologi terobosan yang sama dengan kemampuan satelit iPhone saat ini. 

Kemudian, perusahaan juga menghadirkan Apple Intelligence dalam iOS 18. Apple Intelligence adalah sistem kecerdasan personal untuk iPhone, iPad, dan Mac yang menggabungkan kekuatan model generatif dengan konteks personal untuk menghadirkan kecerdasan yang berguna dan relevan.

Dibangun dengan mengutamakan privasi, Apple Intelligence terintegrasi secara mendalam di iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia.

“Teknologi ini memanfaatkan kekuatan Apple silicon untuk memahami dan menciptakan bahasa dan gambar, melakukan tindakan di seluruh aplikasi, dan memanfaatkan konteks personal untuk memudahkan dan mempercepat tugas sehari-hari,” ujarnya.

Selain yang telah disebutkan di atas, berikut ini adalah fitur-fitur terbaru yang ada di iOS 18. Cek yuk! 
 

1. Aplikasi Password  

Fitur lain yang ada di iOS 18 adalah aplikasi Kata Sandi (Password) yang diklaim dapat memudahkan pengguna untuk mengakses kata sandi, kunci sandi, kata sandi Wi-Fi, dan kode verifikasi.

Aplikasi ini juga menyertakan peringatan bagi pengguna mengenai kelemahan umum, seperti kata sandi yang mudah ditebak atau digunakan berkali-kali dan kata sandi yang muncul dalam kebocoran data yang diketahui. 
 

2. Fitur Privasi Baru 

Fitur ini memungkinkan pengguna mengunci aplikasi. Kemudian, untuk privasi tambahan, kalian juga dapat menyembunyikan aplikasi, memindahkannya ke folder aplikasi yang terkunci dan tersembunyi. Ketika aplikasi dikunci atau disembunyikan, konten seperti email di dalam aplikasi itu akan disembunyikan dari pencarian, pemberitahuan, dan tempat lain di seluruh sistem.

Fitur ini merupakan bentuk upaya Apple memberi pengguna lebih banyak kontrol lewat berbagai alat untuk mengatur siapa saja yang bisa melihat aplikasi mereka, bagaimana kontak dibagikan, dan bagaimana iPhone mereka terhubung ke aksesori.

Aplikasi yang terkunci dan tersembunyi membuat pengguna bisa lega karena informasi yang ingin mereka rahasiakan, seperti pemberitahuan dan konten aplikasi, tidak akan terlihat oleh orang lain secara tidak sengaja. 
 

3. Image Playground

Fitur lainnya yang ada dalam iOS 18 adalah Image Playground. Pengguna dapat membuat gambar yang menarik dalam hitungan detik, dengan memilih dari tiga gaya: Animasi, Ilustrasi, atau Sketsa. Apple membuat Image Playground mudah digunakan, terintegrasi langsung ke dalam aplikasi seperti Pesan, dan juga tersedia dalam aplikasi khusus. 
 

4. Alat Pembersih Baru

Fitur lain yang tersemat dalam iOS 18 adalah alat Pembersih baru yang dapat mengidentifikasi dan menghapus objek yang mengganggu di latar belakang foto. Namun, fitu ini tidak akan mengubah subjek secara tidak sengaja. 
 

5. Update Siri

Lewat iOS 18, Apple mengungkapkan bahwa Siri mengalami kemajuan yang besar, sehingga menjadi lebih alami, relevan secara kontekstual, dan personal. Pengguna dapat mengetik ke Siri, dan beralih antara teks dan suara untuk berkomunikasi dengan Siri, melalui cara apa pun yang dirasa tepat untuk situasi tersebut. 
 

6. Video Langsung Darurat SOS

Fitur ini memungkinkan pengguna membagikan konteks melalui video streaming dan media yang direkam. Di tengah-tengah panggilan darurat, petugas operator yang merespons panggilan dapat mengirim permintaan untuk membagikan video langsung atau dari rol kamera pengguna melalui koneksi yang aman, sehingga bantuan bisa didapatkan dengan mudah dan cepat. 
 

7. Pembaruan Aksesibilitas

Fitur ini mencakup pelacakan gerakan mata, yakni opsi bawaan untuk menavigasi iPhone hanya dengan mata. Ada juga fitur Getaran Musik yang menjadi cara baru bagi penyandang tuna rungu atau gangguan pendengaran untuk merasakan pengalaman bermusik dengan menggunakan Taptic Engine di iPhone.

Selain itu, Apple juga menyediakan fitur Pintasan Vokal, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan tugas-tugas tertentu dengan membuat suara khusus.

Baca juga: 14 Aplikasi dan Gim Pemenang Apple Design Awards 2024

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Timnas dengan Valuasi Skuad Termahal di EURO 2024

BERIKUTNYA

Rekomendasi 5 Film Bioskop Cocok Ditonton saat Libur Panjang Iduladha

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: