Ilustrasi perempuan sedang tidur siang (Sumber foto: freepik/benzoix)

6 Manfaat Tidur Siang Bikin Daya Ingat Oke dan Jantung Sehat

11 June 2024   |   12:09 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Genhype, saat kita kecil, tidur siang sering menjadi hal yang sulit dilakukan. Mungkin sebagian dari kita lebih memilih main bersama dengan teman dan meninggalkan tidur siang. Namun, saat dewasa, tidur siang terasa seperti surga dunia lantaran bisa beristirahat dan melepas lelah sejenak.

Faktanya, tidur siang bukan hanya untuk bayi atau anak-anak. Penelitian menunjukkan bahwa tidur siang bermanfaat juga bagi orang dewasa. Menurut Cleveland Clinic, tidur siang dapat membuat kita merasa lebih berenergi, waspada, dan rileks.

Baca juga: 4 Manfaat Posisi Tidur Telentang: Mencegah Pusing Hingga Koreksi Asimetri Wajah

Hal itu, dijelaskan oleh psikolog dan spesialis gangguan tidur perilaku, Dr. Michelle Drerup, PsyD. Selain itu, tidur siang ternyata memiliki banyak manfaat lainnya. Apa saja manfaat tersebut? Berikut penjelasannya.
 

Ilustrasi perempuan tidur siang (Sumber foto: freepik/drobotdean)

Ilustrasi perempuan tidur siang (Sumber foto: freepik/drobotdean)


1. Meningkatkan Daya Ingat

Menurut laman WebMD, penelitian menunjukkan bahwa tidur siang memiliki peran penting dalam menyimpan memori. Tidur siang dapat membantu kalian mengingat hal-hal yang dipelajari di awal hari. Selain itu, tidur siang dapat membantu mencegah kalian lupa akan hal-hal seperti keterampilan motorik, persepsi indra, dan ingatan verbal.

Penelitian lain juga menemukan bahwa orang yang tidur siang selama satu jam lebih baik dalam mengingat informasi baru dibandingkan mereka yang hanya beristirahat atau belajar sebelum ujian. Dari ketiga kelompok tersebut, peserta yang tidur siang adalah yang paling banyak mengingat informasi tersebut dalam seminggu kemudian.


2. Meningkatkan Mood

Jika kalian merasa sedih, cobalah tidur siang untuk meningkatkan semangat. Tidur siang, atau beristirahat selama satu jam bisa membuat suasana hati kalian lebih baik. Para ahli mengatakan bahwa relaksasi dari berbaring dan istirahat dapat meningkatkan suasana hati, baik kalian tertidur maupun tidak. 


3. Meredakan Stres

Jika kalian merasa sangat stres, tidur siang bisa membantu melepaskan tekanan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Menurut para ahli, tidur siang selama 30 menit bisa sangat bermanfaat. Dilansir melalui laman Cleveland Clinic, tidur siang dapat meredakan stres dan memperbaiki suasana hati yang buruk. Penelitian menunjukkan bahwa setelah tidur siang, orang cenderung menjadi kurang impulsif dan mampu mengatasi rasa frustrasi.


4. Meningkatkan kinerja

Pernah tertidur di meja kerja setelah begadang? Tidur siang yang singkat dapat membantu kalian menghilangkan rasa kantuk itu. Tidur siang dapat meningkatkan kewaspadaan, mempercepat waktu reaksi, dan meningkatkan kemampuan berpikir logis. Jadi, meskipun kalian sudah cukup tidur di malam hari, meluangkan waktu untuk tidur siang bisa memberikan dorongan tambahan bagi otak dan tubuh kalian.


5. Baik untuk jantung

Tidur siang bahkan bisa membantu menyehatkan jantung kalian. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang tidur siang selama 45 hingga 60 menit memiliki tekanan darah yang lebih rendah setelah mengalami tekanan mental. Jadi, tidur siang dapat membantu tubuh pulih dari situasi stres. 


6. Membantu tidur malam lebih nyenyak

Meskipun kalian berpikir hal ini tampak tak masuk akal, tetapi faktanya tidur siang dapat membantu orang lanjut usia meningkatkan kualitas tidur pada malam hari. Namun, disarankan untuk melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki dan peregangan di malam hari untuk membantu meningkatkan kualitas tidur malam.

Baca juga: Yuk Pelajari Cara Tidur Nyenyak Bebas Demensia

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Film You Are the Apple of My Eye Digarap Versi Korea, Ada Jung Jinyoung dan Dahyun TWICE

BERIKUTNYA

7 Makanan Tinggi Karbohidrat yang Sehat Selain Nasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: