Ilustrasi siswa sekolah. (Sumber gambar: Ed Us/Unsplash)

Cek Cara Pilih Sekolah Favorit PPDB Jakarta Tahun 2024 yang Baru Resmi Dibuka

10 June 2024   |   17:45 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2024 bagi jenjang PAUD, SLB, SD, SMP, SMA/SMK Kota Jakarta resmi dibuka pada Senin (10/6/2024). Para siswa yang ingin melanjutkan ke jenjang berikutnya di sekolah negeri harus bersiap mengikuti proses PPDB agar bisa lolos seleksi.

PPDB merupakan rangkaian kegiatan sistematik yang dirancang untuk mengatur penyelenggaraan penerimaan murid baru, mulai dari persiapan (prapendaftaran), pengumuman pendaftaran, pendaftaran dan penyerahan dokumen persyaratan, seleksi hingga batas kuota daya tampung, pengumuman hasil seleksi secara terbuka, hingga daftar ulang.

Baca juga: Tips dan Strategi Lolos Seleksi Sekolah Negeri Pilihan di PPDB 2024

Proses PPDB 2024 untuk jenjang PAUD, SLB, SD, SMP, SMA/SMK Kota Jakarta yang dibuka pada hari ini dimulai dengan proses pendaftaran dan pemilihan sekolah. Untuk melakukan proses itu, calon peserta didik baru (CPBD) harus memiliki akun yang terverifikasi dan teraktivasi agar dapat memilih sekolah tujuan.

Sebelumnya, CPBD juga harus telah melakukan prapendaftaran PPDB DKI Jakarta yang berlangsung pada 20 Mei-5 Juni 2024. Prosesnya meliputi pengajuan akun dan verifikasi Kartu Keluarga (KK), serta mengunggah sejumlah persyaratan berkas yang dibutuhkan seperti rapor, ijazah, dan akte kelahiran. Nantinya, CPBD akan mendapatkan akun yang telah diaktivasi untuk melanjutkan ke proses pemilihan sekolah tujuan.
 


Cara Pilih Sekolah PPDB Jakarta 2024
PPDB Kota Jakarta 2024 bagi jenjang SD, SMP, SMA/SMK, bisa ditempuh dengan sejumlah jalur seperti zonasi, prestasi akademik, prestasi non-akademik, penyandang disabilitas, anak panti dan anak nakes yang meninggal dunia dalam penanganan Covid-19, hingga jalur perpindahan tugas orang tua/wali (PTO) dan/atau jalur anak guru/tenaga kependidikan (GTK).

CPBD yang telah mengikuti tahap prapendaftaran dapat memilih sekolah tujuan sesuai dengan jalur yang dipilih. Berikut adalah cara memilih sekolah di PPDB Jakarta 2024.
  • Buka situs ppdb.jakarta.go.id
  • Login atau masuk dengan cara input nomor peserta dan kata sandi.
  • Pilih jalur seleksi dan sekolah tujuan.
  • Jika sudah selesai memilih sekolah tujuan, akhiri pendaftaran dengan mencetak tanda bukti pemilihan sekolah tujuan.

Selanjutnya, CPBD dapat memantau hasil seleksi secara daring melalui situs ppdb.jakarta.go.id. Berikut adalah caranya.
  • Buka situs ppdb.jakarta.go.id
  • Pilih jenjang dan jalur yang sesuai
  • Klik menu seleksi dilanjutkan melihat sekolah pilihan

Adapun, CPBD maupun orang tua dapat mengakses hasil akhir PPDB online DKI Jakarta mulai 12-26 Juni 2024, tergantung masing-masing jalur. Setelah pengumuman, CPBD diharuskan untuk lapor diri secara daring yang jadwalnya disesuaikan dengan masing-masing pilihan jalur masuk. Berikut adalah langkah-langkah lapor diri secara daring PPDB Jakarta 2024.
  • Akses situs PPDB DKI Jakarta di ppdb.jakarta.go.id
  • Login dengan cara input nomor peserta dan kata sandi
  • Klik menu "Lapor Diri"
  • Terakhir, cetak tanda bukti lapor diri.
 


Jadwal Pendataran & Pemilihan Sekolah PPDB Jakarta 2024
PPDB Tahun 2024 bagi jenjang PAUD, SLB, SD, SMP, SMA/SMK Kota Jakarta dibuka secara rentak, Senin (10/6/2024). Adapun, proses pendaftaran dan pemilihan sekolah tiap jalur masuk memiliki jadwal yang berbeda-beda yang tentunya harus diketahui oleh CPBD. 

Baca juga: Lakukan 5 Tip Ini Agar Sukses saat Ujian Akhir Sekolah

Berikut adalah jadwal pendaftaran dan pemilihan sekolah PPDB Jakarta 2024 untuk jenjang SD, SMP, SMA/SMK, dan PPDB Bersama.
  • Jalur Zonasi: 10 Juni-12 Juni 2024
  • Jalur Afirmasi (Anak Penyandang Disabilitas): 10 Juni-12 Juni 2024
  • Jalur PTO dan GTK: 10 Juni-25 Juni 2024
  • PPDB Bersama Tahap Pertama: 10 Juni-12 Juni 2024.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Tahapan Penting Skincare Cowok Biar Kulit Glowing

BERIKUTNYA

Saga Godzilla x Kong Berlanjut dengan Nahkoda Baru Sutradara Grant Sputore

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: