Olahraga yoga di rumah. (Sumber foto: Pexels/Karolina Grabowska)

Tak Perlu ke Luar, Berikut 5 Rekomendasi Olahraga Indoor Untuk Mengisi Akhir Pekan

08 June 2024   |   10:00 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Like
Menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh sangat penting agar tidak mudah sakit. Selain mengonsumsi makanan sehat, rutin berolahraga juga merupakan cara yang efektif untuk mencapai tujuan tersebut. Bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu di hari kerja, biasanya akhir pekan menjadi waktu untuk olahraga.

Namun, terkadang terkadang ada saja halangan yang terjadi, misalnya kendala cuaca seperti hujan atau kendaraan yang tiba-tiba mati. Akan tetapi hal tersebut jangan dijadikan alasan untuk menghentikan aktivitas fisik. Sebab kalian masih tetap bisa melakukan olahraga di dalam ruangan atau indoor. Aktivitas fisik ini tidak memerlukan banyak peralatan dan bisa dilakukan di ruang yang relatif sempit.

Baca juga: Auto Sixpack, 4 Jenis Olahraga Ini Efektif Menghilangkan Lemak di Perut

Dengan begitu, tidak ada alasan untuk melewatkan latihan meski ada kendala yang menghadang yang penting adalah tetap bergerak dan menjadikan olahraga sebagai bagian dari rutinitas harian untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa olahraga indoor yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang kalian.
 

1. Yoga

 

Yoga (Sumber foto:  freepik)

Yoga (Sumber foto: freepik)

Yoga adalah salah satu olahraga dalam ruangan yang paling populer karena dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan mental secara menyeluruh. Dalam yoga, Genhype akan melakukan pose-pose tubuh, fokus pada konsentrasi, dan bernapas dalam-dalam untuk menenangkan pikiran, tubuh, dan jiwa. Siapa pun bisa melakukan yoga, tidak peduli berapa usia atau seberapa berpengalaman kalian dalam olahraga. Genhype hanya perlu memiliki matras yoga dengan kualitas bagus dan pakaian yang nyaman untuk berlatih.
 

2. Tenis meja

 

Tenis meja (Sumber foto: rawpixel.com)

Tenis meja (Sumber foto: rawpixel.com)

Tenis meja adalah olahraga yang biasanya dimainkan di dalam ruangan. Kalian juga tidak perlu khawatir jika tidak memiliki meja tenis, karena kalian masih bisa menggunakan meja apa pun dan memasang roll net di sudut meja untuk bermain. Jika kalian tidak punya teman untuk bermain bersama, kalian juga bisa bermain sendiri dengan memantulkan bola tenis meja ke dinding. 

Bermain tenis meja juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan keterampilan salah satunya adalah meningkatkan koordinasi mata dan tangan untuk mengikuti bola yang bergerak cepat. Selain itu, bermain tenis meja juga dapat meningkatkan refleks karena kalian harus bereaksi cepat terhadap setiap gerakan bola.
 

3. Basket

 

Basket indoor (Sumber foto: freepik)

Basket indoor (Sumber foto: freepik)

Jika kalian mencari aktivitas fisik dalam ruangan, cobalah bermain basket dalam ruangan. Genhype bisa memasang ring basket di halaman belakang rumah dan bermain di sana. Bermain basket dalam ruangan membantu meningkatkan kebugaran tubuh serta keseimbangan dan koordinasi. Menurut sumber dari Healthy Voyager, bermain basket dapat membakar antara 630 hingga 750 kalori dalam satu sesi sehingga sangat efektif untuk membantu menurunkan berat badan.
 

4. Bulutangkis

 

Bulutangkis (Sumber foto: Pexels/SHVETS production)

Bulutangkis (Sumber foto: Pexels/SHVETS production)

Bermian bulutangkis merupakan cara yang bagus untuk membuat jantung berdetak kencang dan menggerakkan otot-otot tubuh. Saat kalian berlari, melompat, dan melakukan gerakan lunging secara bersamaan, kalian bisa membakar hingga 450 kalori dalam satu jam. Bermain bulutangkis secara teratur juga dapat membantu meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot, serta meningkatkan kemampuan konsentrasi dan refleks. 


5. Treadmill

 

Treadmill (Sumber foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Treadmill (Sumber foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Lalu yang terakhir adalah berolahraga menggunakan treadmill. Aktivitas ini adalah kegiatan yang menyenangkan dan praktis karena kalian bisa menyesuaikan kecepatan berlari sesuai dengan keinginan. Kalian juga bisa memilih untuk berjalan pelan, berlari cepat, atau menaikkan kemiringan dan elevasi treadmill untuk meningkatkan intensitas latihan. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Mengenal Brain Dump, Cara Menuangkan Beban Mental yang Efektif

BERIKUTNYA

Twitch Perkenalkan Progam Bagi Hasil Royalti DJ dan Label Musik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: