Film The Notebook (Sumber foto: IMDb)

4 Rekomendasi Film Ryan Gosling dengan Cerita Sedih, Salah Satunya La La Land

05 June 2024   |   16:00 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Sering disebut sebagai salah satu aktor serba bisa, hingga kini Ryan Gosling sudah membintangi hampir 27 film. Menghidupkan berbagai karakter dengan latar belakang dan watak yang bervariasi. Meski dikenal sebagai pribadi yang hangat dan murah senyum, aktor kelahiran Kanada ini sangat lihai dalam memainkan karakter-karakter tragis.

Perjalanan kariernya sebagai seorang aktor juga telah diganjar berbagai penghargaan. Hal tersebut membuktikan dirinya sebagai orang yang mampu memerankan karakter dengan sangat nyata. Bahkan, banyak pengguna media sosial yang mengutarakan kalimat “literally me,” menyiratkan bahwa mereka relate dengan karakter yang dimainkan oleh Ryan Gosling.

Selain film action yang sering diperankan, berikut adalah 4 rekomendasi film Ryan Gosling dengan cerita yang sedih, cocok bagi para pencinta film drama.  

Baca juga: Wow, Ini Diet Ketat & Olahraga Ryan Gosling untuk Membentuk Perut Sixpack Ken
 

1. The Notebook (2004)


Dalam film The Notebook, Ryan Gosling memerankan Noah Calhoun, lelaki dari keluarga biasa saja yang jatuh cinta dengan seorang gadis yang berasal dari keluarga kaya, Allie Hamilton (Rachel McAdams). Keduanya bertemu pada karnaval musim panas 1940, di Pulau Seabrook, Carolina Selatan. 

Perlahan-lahan mereka mulai menjalin hubungan yang sangat mesra dan mengarah ke jalur yang positif. Noah mengundang Allie untuk bertemu dengan ayahnya, dan menyetujui hubungannya. Namun hubungan mereka mulai goyah setelah keluarga Allie tidak merestui keduannya, dan Noah terpaksa untuk bertugas dalam Perang Dunia II. 

Setelah bertahun-tahun terpisah dan memiliki kehidupan masing-masing, ternyata keduanya masih memendam rasa dan ingin kembali jatuh cinta. Meski harus menghadapi berbagai masalah dari urusan pribadi. 

Disutradarai oleh Nick Cassavetes dan diproduksi oleh Gran Via, film The Notebook berhasil meraup US$117 Juta dari penjualan tiket di seluruh dunia menurut data dari Box Office Mojo. Ryan Gosling berhasil mendapat 6 penghargaan dari acara Teen Choice Awards 2005, dan kerap disebut-sebut sebagai salah satu film terbaik dari aktor tersebut. 


2. La La Land (2016)


Sering dinobatkan sebagai “film horor tanpa hantu” oleh pengguna TikTok berkat cerita yang mengharukan,  La La Land adalah film musikal drama tentang kisah cinta dari dua seniman kecil dengan tujuan karier yang berbeda. 

Pertama adalah Mia Dolan (Emma Stone), seorang aktris yang bercita-cita tinggi dan sedang mencari cara untuk mendapatkan peran besar. Sementara Ryan Gosling berperan sebagai Sebastian, seorang pianis jaz yang sedang berjuang, dan bermimpi untuk memiliki klub jazz sendiri.

Meski berkenalan sebagai musuh bebuyutan, keduanya perlahan jatuh cinta saat mereka saling memahami kesulitan dalam menapaki karier di Los Angeles. Namun, seiring berjalannya cerita, perbedaan tujuan yang dimiliki pasangan ini menjadi semakin jelas dan sulit dihindari. 

Disutradarai oleh Damien Chazelle dan diproduksi oleh Summit Entertainment, film La La Land  berhasil mengantongi US$471 Juta dari penjualan tiket di seluruh dunia menurut data dari Box Office Mojo. Tak hanya itu, puluhan penghargaan juga diberikan kepada film ini, dari sisi produksi hingga musiknya. 
 

3. Blue Valentine (2010)


Blue Valentine adalah film romantic drama yang menceritakan rungkadnya pernikahan antara Dean (Ryan Gosling) dan Cindy (Michelle Williams), pasangan kelas menengah dengan berbagai perbedaan. Alur dari film ini maju mundur, menjembatani periode saat keduanya masih bersama, dan hancurnya pernikahan mereka beberapa tahun kemudian.

Dean pertama kali bertemu dengan Cindy di panti jompo neneknya, di mana mereka perlahan menjalin hubungan romantis. Setelah menikah, keduanya dikaruniai putri bernama Frankie. Namun seiring berjalannya waktu, hubungan mereka menjadi bermasalah. 

Disutradarai oleh Derek Cianfrance dan diproduksi oleh Hunting Lane Films, film Blue Valentine berhasil meraup pendapatan sebesar US$15 juta menurut catatan Box Office Mojo. Berkat film ini, Ryan Gosling memenangkan penghargaan Best Actor dari Chlotrudis Award 2011. 
 

4. Half Nelson (2006) 


Jika film-film sebelumnya mengisahkan kesulitan dalam hubungan romantis, film Half Nelson mengambil tema cerita yang berbeda. Dalam film ini, Ryan Gosling berperan sebagai Dan Dunne, seorang guru sejarah muda dan cerdas di sekolah Brooklyn.

Terlepas dari dedikasi dan komitmen terhadap murid-muridnya, karakter ini diam-diam berjuang melawan kecanduan narkoba yang ditimbulkan karena masalah pribadi.

Hidupnya berubah ketika Drey, salah satu siswi yang dia ajar tidak sengaja mengetahui rahasia tersebut. Namun, keduanya segera membentuk ikatan yang tidak terduga karena Drey juga sedang berjuang melawan berbagai masalah hidup. 

Disutradarai oleh Ryan Fleck dan diproduksi oleh Journeyman Pictures, film Half Nelson berhasil mengantongi US$4 Juta dari penjualan tiket di seluruh dunia menurut data dari Box Office Mojo.

Meski tidak terlalu populer, banyak sinefil yang beranggapan bahwa Half Nelson adalah salah satu film Ryan Gosling paling underrated, sehingga bisa jadi pilihan menarik untuk disaksikan. 

Baca juga: Rekomendasi Film Terbaik Brad Pitt Berdasarkan Rating Tertinggi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Resep Olahan Sayur dari Berbagai Daerah yang Simpel & Enak

BERIKUTNYA

Ramai Film Adaptasi Utas Media Sosial, Ini Kata Pengamat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: