Ilustrasi pasangan sedang pindah rumah (Sumber foto: freepik)

7 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Pindah Rumah Agar Lebih Aman

04 June 2024   |   10:00 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Bagi Genhype yang sering mendapat tugas ke luar kota, pindah rumah telah menjadi bagian yang lumrah dari rutinitas. Apakah itu untuk pindah ke rumah sendiri, rumah dinas, atau kontrakan, proses pindahan tetaplah menjadi tantangan yang harus dihadapi secara berkala. 

Saat melakukan pindahan, tentu saja ada banyak hal lain yang patut dipikirkan dan diperhatikan, yaitu persiapan ketika hari pindahan. Persiapan ini perlu dilakukan secara matang agar proses pindahan bisa berjalan lancar dan tidak ada yang terlewat.

Untuk itu, ada banyak tip tentang bagaimana membuat proses perpindahan menjadi lebih efisien, minim stres, dan aman. Apa saja? Yuk simak ulasan berikut ini. 

Baca juga: 5 Tip Menata Interior untuk Bikin Rumah Makin Homey
 

1. Buat daftar lengkap harta benda 

Pastikan untuk membuat daftar lengkap dari semua harta benda yang kalian miliki sebelum memulai proses pindahan. Ini akan membantu untuk melacak barang-barang dengan lebih mudah, dan memberikan dokumentasi penting jika ada kehilangan atau klaim yang perlu diajukan. 
 

2. Lapisi barang yang mudah pecah

Agar barang-barang yang mudah pecah seperti piring, gelas, dan guci aman selama proses pindahan, lebih baik lapisi dengan bahan yang lembut atau menggunakan kotak khusus. Prioritaskan pengiriman barang-barang ini ke rumah baru terlebih dahulu untuk mencegah kerusakan dan agar tidak tercampur dengan furnitur lainnya.


3. Buatlah rute seaman mungkin

Rute keluar atau masuk menjadi salah satu hal yang sering diabaikan ketika sedang melakukan pindah rumah. Pastikan seluruh lorong, jalan setapak, tangga, dan area luar bebas dari segala hambatan. Ini adalah cara mudah untuk melindungi diri dari kemungkinan bahaya yang dapat membahayakan keselamatan kalian pada hari pindahan. 

Sebelum akan mengangkut barang, pastikan tidak ada penghalang atau celah yang bisa membuat kalian tersandung, tidak ada ruang yang terlalu sempit untuk memuat semuanya, dan tidak ada kotak lain yang menghalangi. 
 

Ilustrasi pindahan rumah (Sumber gambar: Unsplash/Michal Balog)

Ilustrasi pindahan rumah (Sumber gambar: Unsplash/Michal Balog)

4. Batasi jumlah orang yang masuk & keluar rumah 

Jika kalian menggunakan jasa profesional untuk pindahan, pertimbangkan untuk berbicara dengan mereka terlebih dahulu tentang membatasi jumlah orang yang akan kalian temui. Pastikan juga mereka melakukan tindakan pencegahan keselamatan seperti mengukur suhu petugas setiap hari dan mengenakan masker guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. 


5. Gunakan jasa angkut barang rapuh atau berharga 

Jika kalian memiliki karya seni rupa, patung, atau barang berharga dan rapuh lainnya, sangat dianjurkan untuk menggunakan jasa transportasi yang khusus memindahkan barang-barang tersebut agar memastikan barang berharga kalian tetap aman. 


6. Kenakan pakaian yang sesuai

Saat hendak bergerak dan mengeluarkan tenaga yang besar, pakaian yang kalian kenakan bisa menjadi bagian yang penting juga. Berpakaianlah dengan pantas saat hari pindahan. Kenakan pakaian nyaman yang terbuat dari bahan fleksibel dan menyerap keringat.

Hindari pakaian longgar yang mudah tersangkut pada sesuatu. Gunakan juga sarung tangan untuk melindungi tangan kalian dari serpihan, paku, kotoran, atau benda buruk lainnya yang mungkin akan kalian temukan selama proses pindahan. 


7. Makan sehat, tetap terhidrasi, tidur nyenyak

Jangan meremehkan pentingnya makan dengan benar, minum cukup, dan tidur cukup selama masa persiapan sebelum beraktivitas. Untuk mencegahnya, sering-sering beristirahat, tetap terhidrasi, dan berikan nutrisi pada tubuh kalian secara teratur sebelum pindah rumah. Karena tubuh akan menggunakan banyak energi ketika mengangkut barang, maka jaga tubuh sebelumnya. 

Baca juga: Catat! Begini 7 Cara Efektif Bikin Rumah Anti Banjir

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Hiroyuki Sanada Sedang dalam Pembicaraan untuk Proyek Adaptasi Film Ghost of Tsushima

BERIKUTNYA

Sinopsis Film Harta Tahta Raisa, Memaknai Musikalisasi Sang Diva

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: