Ilustrasi rumah yang homey. (Sumber gambar: Spacejoy/Unsplash)

5 Tip Menata Interior untuk Bikin Rumah Makin Homey

27 May 2024   |   15:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Suasana yang homey memiliki peranan penting dalam hunian, karena dapat meningkatkan kenyamanan dan membuat penghuninya lebih betah di rumah. Tak sekadar tempat tinggal, rumah juga merupakan tempat untuk bersantai dan rehat dari hiruk pikuk di luar rumah, serta mengembalikan lagi energi seperti semula.
 
Oleh karena itu, menjaga atmosfer yang mendukung kenyamanan jadi elemen penting yang perlu diperhatikan dalam menata interior rumah. Ivana Tantoyo selaku Director of The Grand Kenjeran mengatakan selain memperhatikan keselarasan desain setiap ruangan dengan konsep secara keseluruhan, diperlukan juga menciptakan suasana yang homey agar hunian nyaman untuk ditempati. 

Baca juga: 7 Tren Utama Desain Interior Kamar Mandi Tahun 2024, Fitur Spa Bakal Diminati
 
"Terdapat banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam menata interior sebuah hunian, seperti fungsi, desain, serta keselarasan seluruh komponen terhadap konsep yang ingin diraih," katanya.
 
Definisi homey atau kenyamanan seseorang di rumah mungkin akan berbeda-beda. Meski demikian, ada sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk menciptakan suasana rumah yang homey dengan menata interior rumah secara tepat, yang mungkin bisa menjadi referensi. Apa sajakah itu? Simak informasi lengkapnya berikut ini. 
 

1. Gunakan ubin kayu

Musim panas yang terik di Indonesia tak jarang membuat seseorang merasa cepat gerah dan tidak nyaman, baik saat beraktivitas di luar ruangan maupun di dalam rumah. Terlebih, dengan cuaca di berbagai wilayah Indonesia yang belakangan ini semakin panas. 
 
Suhu ruangan yang panas dan pengap tentunya dapat mengganggu kualitas tidur, aktivitas, dan bahkan kesehatan di dalam rumah. Oleh karena itu, penting untuk mencari cara agar hunian tetap terasa sejuk dan nyaman, salah satunya dengan menggunakan ubin kayu.
 
Kevin Sieto selaku Direktur PT Ubinkayu Indonesia mengatakan lantai kayu memiliki sifat tetap sejuk di cuaca yang panas, lantaran kayu merupakan isolator panas yang baik. Selain itu, kayu dapat menyimpan kesejukan malam pada siang hari yang panas.
 
"Pastikan Anda menggunakan lantai yang terbuat dari 100 persen kayu asli agar lebih tahan lama. Selain itu, penggunaan ubin kayu juga dapat meningkatkan estetika dan memberi kesan hunian yang lebih natural,” katanya. 
 

Ilustrasi rumah yang homey. (Sumber gambar: Curology/Unsplash)

Ilustrasi rumah yang homey. (Sumber gambar: Curology/Unsplash)

2. Atur pencahayaan yang tepat

Fransiska Darmawan selaku General Manager Marketing in-Lite mengatakan mengatur pencahayaan di rumah dapat menjadi kunci untuk menciptakan suasana yang lebih homey. Pemilihan lampu yang tepat tidak hanya memberikan fungsi penerangan yang optimal, tetapi juga dapat menciptakan nuansa yang berbeda di setiap ruangan.
 
Salah satu jenis pencahayaan yang bisa membuat ruangan nyaman adalah lampu berwarna kuning. Menurut Fransiska, lampu berwarna kuning identik dengan suasana ruangan yang hangat dan nyaman, serta memiliki sifat yang tidak menyilaukan pandangan, sehingga bisa menciptakan sensasi rileks bagi penghuni. 
 
"Anda dapat menerapkan berbagai teknik dalam menata penerangan di rumah, seperti layered lighting dengan mengkombinasikan beberapa jenis penerangan seperti general lighting, indirect lighting, spot light, dan decorative light,” jelasnya.


3. Pilih warna cat yang tepat

Memilih warna cat yang tepat juga menjadi salah satu elemen penting dalam menciptakan suasana rumah yang homey. Menukil situs Dune Gift & Home, warna cat dapat mempengaruhi tak hanya nuansa rumah secara keseluruhan melainkan juga suasana hati penghuninya. 
 
Bagi sebagian orang, warna-warna hangat seperti krem atau terakota mungkin dapat menambah kehidupan pada sebuah ruangan, sementara yang lain mendambakan kesejukan yang menenangkan dari warna abu-abu dan biru tua.
 

Penting untuk menciptakan dapur yang nyaman. (Sumber gambar: R Architecture/Unsplash)

Penting untuk menciptakan dapur yang nyaman. (Sumber gambar: R Architecture/Unsplash)

4. Ciptakan dapur yang nyaman 

Dapur merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam hunian. Selain digunakan untuk keperluan memasak dan menyimpan bahan-bahan makanan, dapur kerap menjadi tempat berkumpulnya anggota keluarga. Saking penting keberadaannya, dapur bahkan disebut sebagai jantung dari rumah.
 
Oleh sebab itu, dapur tak boleh luput dari perhatian saat merancang desain interior yang mengusung kenyamanan. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan memilih countertop yang dapat mendukung efisiensi dan efektivitas saat mempersiapkan hidangan.
 
Airine Pratama, General Manager Cosentino Indonesia, menyampaikan memilih countertop yang higienis dan mudah dibersihkan adalah salah satu aspek kunci dalam membangun dapur yang nyaman untuk memastikan kebersihan hidangan yang disajikan. 
 
Selain itu, perlu juga memastikan untuk menggunakan material yang tahan goresan dan mudah dibersihkan. "Pilih motif dan warna yang dapat disesuaikan dengan gaya dan desain keseluruhan dapur. Dengan demikian, aktivitas sehari-hari di dapur akan terasa nyaman, tenang, dan menyenangkan," ujarnya.
 

5. Buat hunian elegan dengan karpet

Direktur PT Mitra Niaga Jaya Manggala (Artisan Rug) Bobby Sitanajah menuturkan karpet memiliki kemampuan untuk memberi kesan yang lebih elegan sekaligus homey pada hunian. Tak hanya memberikan kenyamanan fisik, karpet juga dapat membawa sentuhan artistik dan menjadi salah salah satu elemen interior yang menarik perhatian.
 
Selain itu, karpet juga dapat membantu menyelaraskan pola, tekstur, dan warna dari berbagai elemen dekoratif, sehingga menciptakan kenyamanan dan keseimbangan desain interior. Termasuk, bisa mengatur penempatan furnitur di atas karpet untuk membuat ruangan terasa lebih luas dan elegan dengan tidak menyentuh dinding.
 
"Dengan begitu, karpet bukan hanya sekadar pelengkap, tapi juga langkah strategis untuk menambah karakter dan kenyamanan hunian," ucapnya.

Baca juga: 8 Tren Desain Interior Dapur 2024, Aplikasi Warna Alam hingga Pola Herringbone

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Sambil Ngobrol, Coba 5 Gim Seru dari Aplikasi Discord

BERIKUTNYA

Simak Sinopsis 7 Episode Serial Nightmares and Daydreams, Tayang 14 Juni 2024 di Netflix

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: