Pengguna Vision Pro dari Apple (Sumber gambar: Apple)

Kelakuan Lucu Pengguna Vision Pro Apple, Sesuai Prediksi The Simpsons?

06 February 2024   |   22:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Apple baru saja meluncurkan perangkat terbarunya, yakni Vision Pro. Kemampuan yang dimiliki gawai ini mengundang banyak tingkah yang dianggap aneh oleh masyarakat, apalagi jika penggunanya menggunakan kaca mata jumbo ini di publik.

Dikutip dari laman Apple, perusahaan menyebutkan bahwa pengguna dapat melakukan banyak hal yang disukai dengan cara yang belum pernah dilakukan pada zaman dahulu. Perangkat ini merupakan hasil pengalaman puluhan tahun perusahaan dalam merancang device dengan performa tinggi.

Baca juga: Apple Vision Pro Resmi Dirilis 2 Februari 2024, Cek Harga Resminya

“Apple Vision Pro mengintegrasikan teknologi luar biasa canggih ke dalam bentuk yang elegan dan ringkas, sehingga menghasilkan pengalaman luar biasa setiap kali Anda memakainya,” demikian tertulis.

Vision pro juga menggunakan sistem operasi spasial pertama Apple, yakni VisionOS. Sistem tersebut dbangun berdasarkan macOS, iOS, dan iPadOS. Pengguna juga dapat mengontrol Apple Vision Pro dengan mata, tangan, dan suara.

Mereka cukup melihat sebuah elemen, ketukkan jari untuk memilih, dan gunakan keyboard virtual atau dikte untuk mengetik.

“Di visionOS, aplikasi dapat mengisi ruang di sekitar Anda, melampaui batas tampilan. Mereka dapat dipindahkan ke mana saja, diperbesar ke ukuran yang sempurna, bereaksi terhadap pencahayaan di ruangan Anda, dan bahkan menghasilkan bayangan,” demikian tertulis.

Meskipun begitu, pengguna tetap dapat berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya. EyeSight yang terpasang akan memperlihatkan mata seseorang dan memberi tahu kepada individu yang ada di sekitar ketika sedang menggunakan aplikasi atau sepenuhnya “tenggelam” dalam suatu pengalaman.

“Saat seseorang mendekat, Apple Vision Pro secara bersamaan memungkinkan Anda melihat orang tersebut dan memperlihatkan mata Anda kepada mereka,” tulis Apple.
 

Kemampuan Vision Pro dari Apple itu membuat banyak orang bergerak dan bertingkah sendiri, sehingga kerap dianggap lucu bagi sebagian orang. Dirangkum dari beberapa akun media sosial Twitter, salah seorang pengguna Vision Pro dari Apple menonton YouTube sambil melakukan aktivitas latihan di gym.

Dalam video tersebut, pengguna terlihat mengangkat beban sambil meletakkan aplikasi virtual YouTube melalui device ersebut. Tidak hanbya itu, dia juga berolahraga lari di gym sambil bermain gim.

Sementara itu, pengguna lainnya terlihat melakukan banyak hal di tempat umum dengan menggerak-gerakkan tangan sendiri saat menyeberang, duduk di taman, atau ketika berada di dalam kendaraan umum.

Kemudian, pengguna lainnya juga mengunggah tengah berjalan dengan memanfaatkan vision pro sambil melihat map untuk mengetahui jalan. Lalu, seorang pengguna Vision Pro juga memperlihatkan jika mereka bisa menggunakan aplikasi yang memungkinkan melakukan perubahan wajah orang yang berada di hadapannya secara langsung atau real time.

Pengguna Twitter lainnya juga memperlihatkan video yang menunjukkan seorang pengguna Vision Pro dari Apple sedang sibuk menggerak-gerakan tanggannya sendiri sementara mobil yang dikendarainya berjalan dengan otomatis.

Seiring dengan perilaku baru yang aneh ini, sepertinya The Simpson sekali lagi meramalkan tren teknologi baru dengan memperkirakan kemunculan headset Vision Pro VR Apple. Perangkat futuristik ini, mengingatkan pada salah satu episode serial Black Mirror, di mana sebuah gawai dioperasikan menggunakan gerakan mata dan tangan, memungkinkan pengguna untuk membenamkan diri dalam pengalaman VR yang hiperrealistis.

Meski baru dirilis, Vision Pro dipercaya netizen telah diprediksi oleh The Simpsons pada 2016, menambah reputasi acara tersebut yang dianggap dapat meramal masa depan.

Pada episode Friends and Family, Mr. Burns mempekerjakan Marge, Bart, Lisa, dan Maggie untuk bertindak sebagai keluarga virtual yang tinggal di dalam gawainya, menyerupai uji coba headset yang sangat mirip dengan Vision Pro.

Setelah gadget tersebut dirilis ke publik, kekacauan terjadi ketika berbagai karakter Simpsons memakai headset, seperti berjalan menabrak ke tiang lampu dan jatuh ke dalam lubang got.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Rekomendasi Penginapan Bertema Oriental Untuk Rayakan Imlek di Asia Tenggara

BERIKUTNYA

Perjalanan Karier Shin Tae-yong, dari Pemain Hingga Pelatih Tim Nasional Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: