Taman Dragon Ball (Sumber Foto: Shueisha & Qiddiya Investment Company)

Pertama di Dunia, Taman Bermain Dragon Ball Seluas 50 Hektare Siap Dibangun di Arab Saudi

23 March 2024   |   13:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Hanya beberapa minggu pascakematian penciptanya Akira Toriyama, taman hiburan pertama di dunia yang didedikasikan untuk dunia komik dan film Dragon Ball akan dibangun di Arab Saudi. Taman bermainini rencananya akan dibangun di Qiddiya, Riyadh, atas inisiasi Qiddiya Investment Company.

Mengutip Comicbook, mereka sepakat membangun taman hiburan Dragon Ball di dunia sebagai bagian dari proyek giga Qiddiya. Tak main-main taman bermain itu akan berdiri di atas lahan seluas 500.000 meter persegi atau sekitar 50 hektare. Luasnya diklaim lebih besar dua kali lipat dari taman bermain Disney World di Florida, Amerika Serikat.

Baca juga: Pencipta Dragon Ball, Mangaka Akira Toriyama Meninggal Dunia Usia 68 Tahun

Total akan ada tujuh area bermain yang terinspirasi dari semesta Dragon Ball, sehingga akan mencakup area seperti Beerus' Planet, Kame House, Capsule Corporation, dan banyak lagi.

"Di taman bermain, pengunjung akan bergabung dalam petualangan seru bersama Goku dan kawan-kawan sambil menikmati dunia Dragon Ball, dari awal sampai seri Dragon Ball Super," tulis keterangan di laman Comicbook, dikutip Sabtu (23/3/2024).

Taman hiburan ini akan memiliki lima wahana canggih dan lebih dari 30 atraksi. Ditambah lagi, ikon berupa roller coaster setinggi 70 meter yang dinamakan Shenron. Diketahui Shenron adalah nama naga mistis di Dragon Ball yang memiliki tujuh bola ajaib. Dalam lokasi yang sama nantinya juga akan didirikan hotel dan restoran bertemakan Dragon Ball. 
 

Kehadiran taman bermain Dragon Ball tersebut dipercaya bisa menarik minat penggemarnya secara global. Adapun Dragon Ball adalah sebuah manga dan anime karya mendiang Akira Toriyama yang terbit sejak 1984 sampai 1995. Versi komiknya pertama kali dirilis pada 1984 di majalah komik mingguan Shonen Jump, kemudian diadaptasi ke film, video games, sampai acara televisi di 80 negara.

Dragon Ball mengisahkan tentang seorang anak bernama Goku yang hidup di tengah gunung sendirian. Goku lalu bertemu dengan Bulma, seorang gadis pintar yang berambisi mengumpulkan tujuh bola kristal ajaib bernama Dragon Ball yang dipercaya bisa mengabulkan semua keinginan. 

Dragon Ball tersebar di seluruh dunia, bola tersebut berwarna jingga yang memiliki pola bintang di dalamnya. Apabila seseorang berhasil mengumpulkan tujuh Dragon Ball, munculah dewa naga yang mampu mengabulkan permintaan apa saja, bahkan termasuk menghidupkan orang mati.

Dalam perjalanannya menjari tujuh Dragon Ball bersama Bulma, Goku harus berhadapan dengan banyak rintangan, salah satunya dari Tentara Pita Merah yang juga menginginkan bola naga tersebut untuk tujuan tidak baik. 

Manga Dragon Ball terdiri dari beberapa bagian, pertama Dragon Ball yang mengisahkan Goku kecil sampai dia mengalahkan Picolo, lalu Dragon Ball Z yang terbagi menjadi beberapa babak seperti Saiyan Saga Frieza Saga Android Saga, dan Buu Saga, lalu terakhir Dragon Ball Super.

Berdasarkan informasi Manga Plus, jumlah penggemar Dragon Ball merupakan yang terbesar di dunia, saat ini hampir mencapai 1 miliar penggemar dari berbagai negara. Jumlahnya mengalahkan para penggemar manga lain yang juga populer seperti One Piece, Naruto, Pokemon, hingga Attack of Titan.

Sayangnya, kehadiran taman bermain Dragon Ball di Arab Saudi tidak akan disaksikan langsung oleh penciptanya, yakni Akira Toriyama. Diketahui, sang kreator meninggal dunia pada 1 Maret 2024 lalu di usianya yang ke-68 tahun.

Kepergiannya yang tiba-tiba membuat para penggemar berduka. Selain sebagai bentuk penghormatan terakhir, Taman Bermain Dragon Ball diharapkan bisa mewujudkan semangat Toriyama yang selama ini kita lihat melalui karya-karyanya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda


 

SEBELUMNYA

Daftar Tarif Tol Trans Jawa saat Periode Mudik Lebaran 2024, Ada Diskon Dari Jasa Marga?

BERIKUTNYA

Playlist Lagu Populer Maher Zain untuk Bulan Ramadan 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: