Membuat tembikar (pottery) jadi salah satu aktivitas yang banyak digandrungi (Sumber foto: freepik)

Rekomendasi 4 Kelas Pottery di Jakarta, Cocok untuk Kegiatan Akhir Pekan

31 May 2024   |   08:40 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Ada banyak kegiatan menyenangkan yang bisa diisi saat akhir pekan tiba, misalnya menonton film di bioskop, pergi ke mal, hingga mengunjungi kafe untuk mencicipi menu baru. Akan tetapi, tak dapat dimungkiri juga jika terkadang rutinitas tersebut bisa menimbulkan rasa bosan. 

Namun, di tengah kebosanan itu, masih ada kegiatan-kegiatan seru yang bisa membuat akhir pekan menjadi lebih menyenangkan, salah satunya adalah mengikuti kelas membuat tembikar atau pottery

Membuat sebuah karya seni melalui tangan sendiri bukan hanya sekadar pilihan untuk mengisi waktu luang, tapi juga menjadi wadah untuk mengasah kreativitas dan memenuhi kepuasan diri. 

Di Jakarta, sudah banyak beragam kelas dan workshop pembuatan tembikar yang dibuka untuk semua kalangan. Kalau Genhype ingin menggali potensi kreativitas dan mengeksplorasi kegiatan yang menyenangkan, berikut adalah rekomendasi kelas pottery di Jakarta yang bisa kalian coba. 

Baca juga: Selain Mencegah Stres, Ini 5 Manfaat Seni Membuat Tembikar (Pottery) 
 

1. Ganara Art Space

Bagi Genhype yang suka mengisi waktu luang dengan membuat kerajinan tangan, kalian bisa datang ke Ganara Art Space. Studio ini sudah memiliki beberapa cabang yang tersebar di Jakarta seperti di Plaza Indonesia, Rumah Wijaya, Nipah Park, TMII, FX Sudirman dan Orange Groves PIK 2.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Enjoy PIK (@enjoy.pik)


Di sini kalian dapat membuat banyak karya tembikar seperti mangkuk, gelas, tempat perhiasan, dan berbagai jenis barang tembikar yang memiliki nilai estetika dan fungsional. Selain membuat berbagai jenis barang dari tembikar, kalian juga bisa melukis tembikar tersebut menggunakan cat warna yang sudah disediakan di Ganara Art Space. 

Ganara Art Space memiliki lokasi dan tempat yang nyaman serta ramah bagi semua pengunjung. Selain itu, semua kegiatan pembuatan tembikar sudah mencakup alat dan perlengkapan yang diperlukan, seperti kuas, cat, media lukis, alat pembuat tembikar, tanah liat, celemek untuk melukis, sampai tripod. Genhype juga tak perlu khawatir jika merasa kelaparan atau haus karena studio ini menyediakan kafe bagi para pengunjung. 

Namun, studio memiliki jadwal harian dengan jumlah slot yang sudah disediakan. Jadi, jika Genhype ingin berkunjung, kalian perlu melakukan reservasi terlebih dahulu melalui situs resmi Ganara Art. Biaya untuk mengikuti kelas tembikar di Ganara Art berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 200.000 per orang, tergantung pada jenis kelas dipilih.  
 

2. Kina Art Studio 

Jika Genhype sedang mencari tempat untuk belajar membuat tembikar dari dasar, Kina art Studio adalah pilihan yang direkomendasikan. Berlokasi di senayan Park dan Lippo Mall Puri, studio ini memang dibuat khusus untuk para pemula.

Di sini, Genhype bisa mengikuti berbagai kelas tembikar yang sangat menarik seperti membuat tembikar menggunakan roda pemutar, handbuild, serta melukis tembikar menggunakan akrilik. Kina Art juga membuka kelas untuk siapa pun mulai usia 9 tahun hingga dewasa, sangat cocok untuk lingkungan anak-anak.

Tak perlu khawatir jika kalian tak sama sekali tak tahu soal pottery, karena Genhype juga akan mendapatkan bantuan dari asisten dalam proses pembuatannya. Kelasnya pun dibuka hampir setiap minggu dan bisa kalian booking kapan saja. Harga untuk kelas yang diadakan mulai dari Rp250.000 ke atas. 
 
 

3. Tanakita Ceramics

Salah satu kelas pembuatan tembikar di Jakarta yang mengusung tempat estetik adalah Tanakita Ceramics, yang terletak di wilayah Jakarta Barat. Tempat ini menawarkan beragam jenis kelas yang mencakup berbagai tema, mulai dari kelas untuk anak-anak, melukis tembikar, wheel throwing, handbuilding, hingga kelas daring. 

Harga untuk mengikuti kelas ini mulai dari Rp200.000 untuk setiap sesi selama 2 jam. Untuk melakukan reservasi tempat, disarankan untuk melalui situs web resmi Tanakita Ceramics karena mereka menggunakan sistem slot untuk pengaturan tempat.
 
 

4. Gallery Kollekan 

Lalu yang terakhir ada Gallery Kollekan, salah satu kelas pottery yang berada di Cipete, Jakarta Selatan. Dibuka untuk umum, kelas ini juga sangat cocok bagi kalian para pemula untuk merasakan sensasi membuat karya sendiri. 

Semua perlengkapan yang dibutuhkan pun juga sudah disediakan di studio ini, mulai dari tanah liat, cat, hingga alat membuat tembikar. Kalian hanya perlu duduk manis dan membuat tembikar yang kalian inginkan. 

Tak usah khawatir ketika membuat tembikar karena di kelas ini Genhype akan dibimbing cara membuat keramik dari teknik paling dasar. Kelas berlangsung sekitar 2 jam dengan harga mulai dari Rp150.000 untuk kelas membuat tembikar. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Hotel Staycation dengan Ragam Aktivitas Seru Untuk Anak
 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Rekomendasi Game yang Bakal Rilis Juni 2024, Ada DLC Elden Ring

BERIKUTNYA

Masaknya Mudah, Ini Resep Daging Sapi Limau Sereh yang Menggugah Lidah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: